Jajaran Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel® Core™ H-Series Gen ke-12 Hadir di Indonesia Jajaran Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel® Core™ H-Series Gen ke-12 Hadir di Indonesia ~ Teknogav.com

Jajaran Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel® Core™ H-Series Gen ke-12 Hadir di Indonesia

Teknogav.com – Jajaran laptop gaming inovatif ASUS ROG Terkini dengan prosesor 12th Gen Intel Core telah diumumkan di CES 2022. Kini jajaran laptop gaming tersebut pun akan segera hadir di Indonesia. Laptop gaming tersebut mencakup ROG Strix SCAR 15/17, ROG Zephyrus M16 dan tablet gaming ROG Flow Z13. Selain jajaran laptop gaming ROG, ASUS pun akan menghadirkan TUF Gaming F15. Istimewanya, perangkat-perangkat tersebut sudah mengusung prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 dan kartu grafis diskret grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series.

"Kami pastikan jajaran laptop ASUS ROG terbaru yang ditenagai prosesor 12th Gen Intel® Core™ H series segera hadir di Indonesia. Jajaran laptop gaming ROG terbaru akan hadir dengan performa tangguh dan memberikan pengalaman penggunaan yang terbaik bagi gamer dan pembuat konten. Laptop gaming ini juga untuk semua orang yang ingin tampil sebagai bagian dari gaming culture,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 

Baca juga: Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG Terkini dipamerkan di CES 2022

Prosesor Intel Core H Series Gen ke-12 dan Kartu Grafis NVIDIA

Jajaran perangkat ASUS terkini akan ditenagai prosesor Intel Core H Series generasi ke-12 yang sudah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Konfigurasi prosesor ini mencakup Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Tugas memproses tugas-tugas berat akan dikerjakan oleh P-core yang berkinerja tinggi. Sedangkan tugas-tugas ringan dikerjakan oleh E-core yang efisien dan lebih hemat daya

Perpaduan P-Core dan E-core menghasilkan prosesor hibrida berkemampuan pemrosesan sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan pembuatan konten. Selain itu prosesor pun akan tampil sangat efisien dan hemat daya. Prosesor Intel Core i9-12900HK yang merupakan varian tertinggi dari keluarga prosesor tersebut bahkan menyandang gelar sebagai prosesor mobile tercepat. Ini berkat konfigurasi 14 inti yang terdiri dari 6 P-core dan 8 E-core, serta 20 thread. Kecepatan prosesor tersebut bahkan dapat dipacu sampai 5 GHz.

Prosesor Intel® Core™ H Series generasi ke-12 ini juga merupakan lini prosesor yang telah dilengkapi Intel Thread Director. Fitur tersebut bertugas mengelola pemprosesan data agar lebih efisien. Keluarga prosesor tersebut juga sudah menggunakan RAM DDR5 yang kecepatannya lebih tinggi. Selain itu juga terdapat Intel Deep Link yang merupakan kesatuan teknologi untuk mengoptimalkan pemrosesan dengan mengandalkan sistem AI. 

ROG Strix SCAR 15/17 dan ROG Zephyrus M16 merupakan laptop pertama dengan kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti dan 3080Ti. Kartu grafis diskret terbaru tersebut merupakan kartu grafis RTX generasi kedua yang lebih kencang dari seri pendahulunya. Arsitektur Ampere melandasi dibangunnya NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti dan RTX™ 3080Ti. Berbagai teknologi grafis modern seperti NVIDIA DLSS 2.0 dan real time ray-tracing didukung kartu grafis tersebut. Hal ini berkat keberadaan RT Core dan Tensor core di dalamnya.

Jumlah CUDA core pada NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti dan RTX™ 3080Ti lebih banyak. Kartu grafis ini menyediakan varian memori sampai 16 GB GDRR6. Kedua kartu grafis juga mendukukng berbagai fitur seperti NVIDIA Reflex, NVIDIA Broadcast, Reizeable Bar, Ndan VIDIA Ansel. Dari segi kompatibilitas, kartu grafis ini bisa dihibungkan degan berbagai headset Virtual Reality (VR)

Fitur Mux Switch

Berbagai fitur andalan diusung pada seluruh jajaran laptop gaming ROG tahun 2022 untuk meningkatkan pengalaman gaming. Salah satu fitur tersebut adalah MUX Switch, yaitu chip khusus untuk mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Fitur tersebut memungkinkan jalur data visual dari kartu grafis diskret dialihkan langsung ke layar laptop. Jadi data visual dapat ditampilkan langsung di layar tanpa harus melalui prosesor dan prosesor grafis terintegrasi.

Fitur MUX Switch sangat bermanfaat ketika laptop gaming ROG bekerja menggunakan kartu grafis diskret, termasuk saat bermain game. Data visual yang ditampilkan langsung dari kartu grafis diskret meningkatkan tampilan game. Penggunaan MUX Switch ini meningkatkan kinerja game sampai 10-30%.

Konektivitas Modern dengan Thunderbolt 4 dan Wi-Fi 6E 

Selain dilengkapi konektivitas modern kabel dan nirkabel, jajaran perangkat gaming ASUS sudah dibekali konektivitas modern, baik kabel maupun nirkabel. Port USB tipe-C pada perangkat tersebut sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 yang kecepatan transfer datanya sampai 40 Gbps. Teknologi Thunderbolt 4 juga bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat modern. Perangkat modern yang bisa dihubungkan ini termasuk monitor eksternal dengan resolusi 8K.

Port USB tipe-C ini pun sudah didukung fitur Power Delivery. Fitur tersebut memungkinkan pengisian daya menggunakan adapter charger USB tipe-C yang lebih ringkas. Pengisian daya bahkan dapat dilakukan menggunakan power bank dengan pengisian daya sampai 100 W. Secara nirkabel, jajaran perangkat gaming ROG terkini tersebut juga sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6E. Teknologi tersebut menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi dan stabil sesuai kebutuhan gamer.

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17

Fokus ROG Strix SCAR tahun 2022 adalah kinerja. Laptop gaming ini dibekali prosesor Intel Core generasi ke-12 dengan varian tertinggi sampai Intel Core i9-12900H dengan konfigurasi 14 core. Prosesor tersebut didampingi kartu grafis diskret NVIDIA generasi terkini. Kartu grafis yang digunakan sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 3080Ti.

ASUS Strix SCAR

Kinerja prosesor didukung oleh RAM DDR5 4800 MHz dan media penyimpanan SSD Gen4 x 4 PCIe. Demi menjaga kestabilan kinerja, laptop ini menggunakan sistem pendingin ROG intelligent Cooling dengan liquid metal.

ASUS Strix SCAR

Keandalan dari ROG Strix SCAR adalah kecepatan, termasuk dalam refresh rate layar. ASUS pun memberikan opsi layar Full HD 300 Hz dan QHD 240 Hz yang didampingi teknologi Dolby Vision HDR. Demi mencegah efek screen tearing dan stuttering saat bermain game, ASUS membekali laptop dengan fitur Adaptive Sync.  Waktu respons layar pun begitu cepat, hanya 3 milidetik saja. ASUS pun menyediakan ROG Strix SCAR dalam dua pilihan ukuran layar, yaitu 15 inci dan 17 inci.

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

Laptop gaming tipis dengan layar berukuran 16 inci ini pun kini hadir dengan prosesor sampai Intel Core i9-12900H. Prosesor ini juga didampingi dengan kartu grafis NVIDIA terkini. Layar pada laptop gaming ROG Zephyrus M16 dapat menampilkan detail visual yang terbaik di kelasnya. Warna yang ditampilkan kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 dan telah menyandang sertifikasi PANTONE® Validated Display. Kemampuan ini membuat ROG Zephyrus M16 dapat diandalkan para gamer dan pembuat konten profesional.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603), Laptop Gaming 16-inci yang Ringkas

ROG Flow Z13

Inovasi terkin dari ASUS adalah ROG Flow Z13 yang merupakan tablet gaming tangguh. Kinerjanya tinggi karena juga sudah dibekali dengan prosesor sampai Intel Core i9-12900H dengan konfigurasi 13 inti. Prosesor tersebut juga sudah didampingi dengan kartu grafis diskret NIDIA terkini. Kinerja prosesor didukung RAM LPDDR5 5200 MHz. Tentu saja fitur MUX Switch pun sudah disematkan pada tablet ini untuk memaksimalkan kinerja gaming. Desain tablet ini portabel dan futuristik yang terinspirasi dari tema luar angkasa di abad ke-20.

tablet ROG Flow Z13

Tablet ini tersedia dalam dua pilihan layar, yaitu layar 4K 60 Hz dan Full HD 120 Hz dengan rasio 16:10. Akurasi warna layar 4K tersebut memiliki color gamut 85% DCI-P3, sedangkan untuk layar Full HD memiliki color gamut 100% sRGB. Layar tersebut dibekali teknologi Adaptive-Sync dan Dolby Vision, serta sudah menyandang sertifikasi PANTONE® Validated Display. Lapisan Corning Gorilla Glass pun senantiasa melindungi layar. Pengoperasian pun dapat dilakukan langsung melalui layar sentuh tablet.

ROG Flow Z13 dengan keyboard dan solusi GPU eksternal ROG XG

ASUS juga menyediakan keyboard dengan touchpad yang dapat dilepas dan penyangga bodi utama yang bisa dibuka sampai 170⁰. Komponen utama tablet ini terletak di belakang layar, sehingga sirkulasi udara lebih baik dibandingkan dengan laptop. Desain ini pun membuat tablet ROG Flow Z13 bisa menggunakan perangkat keras kelas gaming dengan bodi tetap ringkas.

Kinerja grafis ROG Flow Z13 dapat ditingkatkan dengan menghubungkan ke solusi GPU eksternal ROG XG Mobile. Solusi GPU eksternal ini mengandalkan kartu grafis NVIDIA dan AMD Radeon generasi terkini. Kerennya solusi tersebut pun kompatibel dengan laptop gaming ROG Flow X13 yang diluncurkan sebelumnya. Solusi ROG XG Mobile ini masih dilengkapi dengan berbagai port tambahan dan bisa berperan sebagai adapter daya saat dihubungkan dengan ROG Flow Z13.

TUF Gaming F15

Jajaran laptop TUF Gaming F15 terkini pun segera dihadirkan di Indonesia dengan desain baru, bodi tangguh dan pengalaman gaming terbaik. Desain laptop gaming ini terinspirasi dari mecha anime dan sudah menyandang sertifikasi standar militer AS (MIL-STD 801H). Grafis laptop gaming ini mengandalkan kartu grafis NVIDIA generasi terkini dengan TGP sampai 140 W. Tentu saja laptop gaming ini juga dibekali dengan fitur MUX Switch. Tersedia juga opsi layar Full HD 144 Hz .

TUF Gaming

Baca juga: Hasil Benchmarking Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15 (FX516) 

Sistem pendingin pun menjadi fokus TUF Gaming F15 kali ini demi menjaga kestabilan kinerja. Dua kipas Arc Flow Fans dengan lebih banyak bilah kipas, yaitu 84 bilah dihadirkan pada sistem pendingin ini. Ketebalan setiap bilah kipas bervariasi dari pangkal sampai ujung bilah sehingga mengurangi turbulensi dan dapat memperlancar aliran udara. Kipas tak perlu berputar lebih kencang untuk memaksimalkan aliran udara, sehingga kerja sistem pendinginan lebih hening. Aliran udara yang dihasilkan kipas tersebut meningkat sampai 13% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.


Share:

Artikel Terkini