Tips Menggunakan Kamera Ponsel atau PDA Anda sebagai webcam

webcam02.jpg

Teknogav.com, Jakarta - Interaksi chatroom di dunia maya kini tidak hanya sekedar tulisan saja. Sudah banyak sekali para chatter yang menggunakan webcam agar mereka bisa bertatap muka dengan chatter lain. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki webcam?

Dengan banyaknya ponsel dan PDA yang sudah dilengkapi kamera, kini Anda tidak perlu keluar uang untuk membeli kamera. Karena ponsel atau PDA Anda yang sudah menggunakan Operating System Symbian atau Microsoft Pocket PC sudah dapat diinstal aplikasi yang membuat kamera ponsel atau PDA berfungsi sebagai webcam.




Untuk PDA ataupun Smartphone berbasis Microsoft Windows, baik itu Pocket PC atau Windows Mobile, aplikasi yang dapat digunakan adalah Webcamera Plus yang didevelop oleh Ateksoft. Webcamera Plus dapat dibeli seharga USD 14.90, dan versi trialnya dapat didownload di www.ateksoft.com. Pada versi trial Webcamera Plus, aplikasi akan memutuskan hubungan dengan komputer setiap 1 menit.

Sementara itu pengguna ponsel berbasis Symbian S60, aplikasi yang dapat digunakan adalah Mobiola Webcam yang didevelop oleh Warelex. Harga aplikasi tersebut adalah USD 19.95, namun Anda dapat mencoba terlebih dahulu versi trialnya secara gratis selama 7 hari.

Kedua aplikasi webcam ini kompatibel dengan berbagai software seperti Skype, MSN Messenger, Yahoo Messenger, Virtual Dub dan masih banyak lagi. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah penggunaan kedua aplikasi tersebut

app10.jpg

WEBCAMERA PLUS


Langkah-langkah menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:
  1. Instal aplikasi ini dari komputer menggunakan Microsoft ActiveSync.
  2. Setelah instalasi, buka WebCamera Plus dari komputer Anda. Kemudian ikuti petunjuknya, yaitu hubungkan komputer dengan PDA atau smartphone melalui Microsoft ActiveSync. Koneksi ini dapat menggunakan bluetooth, infrared atau USB.
  3. Lalu buka WebCamera Plus pada PDA atau smartphone, tekan Start. WebCamera Plus akan mencari IP komputer Anda. Setelah PDA atau Smartphone Anda berhasil mendeteksi IP, buka aplikasi kamera pada PDA atau smartphone Anda. WebCamera Plus akan menampilkan gambar yang tampil pada layar PDA atau smartphone ke komputer Anda.
  4. Pada komputer, buka aplikasi yang akan memanfaatkan fasilitas webcam. Contoh berikut ini menggunakan Yahoo Messenger untuk Chat. Cara setting pada Yahoo Messenger, klik Messenger > My Webcam, yang akan memunculkan window My Webcam. Dari window My Webcam tersebut, klik File > Preferences > Camera Sources > pilih WebCamera Plus, klik Ok, Ok, Broadcast.
  5.  Webcam Anda sudah dibroadcast dan siap untuk dilihat teman chat Anda.

MOBIOLA WEBCAM

Langkah-langkah menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:
  1. Instal Mobiola Webcam pada komputer, kemudian kopi file sis pada ponsel dan instal file sis tersebut pada ponsel.
  2. Buka aplikasi Mobiola Webcam pada komputer, masukkan IMEI ponsel yang akan digunakan. Kemudian buka aplikasi Mobiola Webcam pada ponsel, tekan Options > Connect, pilih nama komputer, lalu tekan Select. Gambar yang ditangkap oleh kamera segera dapat ditayangkan pada window Mobiola Webcam pada komputer.
  3. Dari komputer, buka aplikasi yang akan memanfaatkan fasilitas webcam. Contoh berikut ini menggunakan Yahoo Messenger untuk Chat. Cara setting pada Yahoo Messenger, klik Messenger > My Webcam, yang akan memunculkan window My Webcam. Kemudian klik File > Preferences > Camera Sources dari windoy My Webcam, lalu pilih Mobiola Web Camera Capture, klik Ok, Ok, Broadcast. Gambar pada window My Webcam akan sama dengan video yang ada pada Mobiola Webcam.
mob03.jpg

4. Webcam Anda sudah dibroadcast dan siap untuk dilihat teman chat Anda.

Keuntungan dari kedua aplikasi ini adalah, jika Anda biasa chat di mana saja menggunakan laptop, Anda tidak perlu repot membawa-bawa webcam konvensional, cukup membawa ponsel atau PDA yang sudah berkamera maka Anda sudah memiliki webcam serbaguna.

Published at Phone 3, edisi 42/15-31 Januari 2007
Share:

Topik Populer