Google Nexus 7, Tablet Canggih, Pelopor Jelly Bean Google Nexus 7, Tablet Canggih, Pelopor Jelly Bean ~ Teknogav.com

Google Nexus 7, Tablet Canggih, Pelopor Jelly Bean

Nexus 7
Teknogav.com, Jakarta - Google menggandeng Asus dalam meluncurkan tablet pertama besutan Google, yaitu Google Nexus 7. “Project Butter” yang merupakan andalan dari platform Android Jelly Bean, cukup sukses dijalankan pada tablet ini. Ketika mencoba game yang cukup berat seperti “Dead Trigger”, grafis berjalan mulus tanpa ada lag sama sekali. Saat menyapukan jari di layar, screen demi screen bertransisi dengan lancar, layaknya tangan meluncur di atas mentega.

Kunci “Project Butter” ini memang memungkinkan CPU dan grafis berjalan secara paralel, sehingga tidak bertabrakan. Grafis dibuffer tiga kali agar tetap daat menampilkan transisi gambar, sedangkan prosesor tetap digeber secara penuh, sehingga saat Anda menyentuh layar nyaris tidak ada lag!
Akibatnya, game yang membutuhkan tampilan grafis tinggi dengan banyak efek dapat menjadi candu saat dimainkan pada tablet ini. Memang Jelly Bean yang diberdayai oleh prosesor Quad-core Tegra 3 ini tidak main-main.

Tak hanya mulus tanpa lag, secara desain pun tablet ini pas di tangan. Saat mengetik dalam posisi vertikal, papan keyboard pas untuk digunakan kedua jempol tangan kiri dan kanan. Selain pas di tangan, juga pas di kantong tentunya. Ternyata Google dan Asus tidak membandrol Nexus 7 dengan harga semahal tablet yang sudah diluncurkan terlebih dahulu seperti iPad dan Galaxy Tab. Harga Nexus 7 dengan kapasitas 8 GB dibandrol $199 sedangkan untuk kapasitas 16 GB diperkirakan sekitar Rp 3 jutaan.

Sayangnya, pada peluncuran pertamanya, Nexus 7 hadir hanya dibekali koneksi data menggunakan Wi-Fi. Sehingga Anda tak dapat menyisipkan SIM card atau pun RUIM card untuk memanfaatkan layanan operator seluler secara langsung. Tapi, jika memang sedang tidak tersedia Hot Spot, Anda dapat memanfaatkan modem Wi-Fi portabel ataupun ponsel cerdas yang memiliki fitur Wi-Fi tethering.

Tak perlu repot menempelkan pelindung layar sentuh pada tablet ini. Sebab Nexus 7 sudah dibekali dengan layar anti gores Corning Glass. Sesuai namanya, tampilan layar memang memiliki diagonal 7 inci. Dengan pinggiran atas dan bawah masing-masing 2 cm, dan kiri kanan masing-masing 1 cm. Tidak ada tombol sentuh tambahan pada pinggiran layar tersebut. Padahal jika dimanfaatkan sebagai tampilan layar, mungkin bisa diperbesar hingga ukuran 8 inci. Total diagonal perangkat ini sendiri berukuran 8.5 inci.

Tablet juga sudah terkoneksi dengan Google Wallet, sehingga memudahkan transaksi baik online maupun in-store. Selain Wi-Fi, tersedia pula koneksi dengan Bluetooth, NFC dan micro USB on the go. Micro USB on the go ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa perangkat USB yang plug and play seperti keyboard.

Dari segi fisik, ketebalan Nexus 7 ini sama dengan Galaxy Tab 2 7”. Begitu pula dengan lekukan-lekukan sudutnya. Pada cover belakang tampak tulisan nexus dan di bagian bawah bertuliskan ASUS, kedua tulisan tersebut bagaikan terukir pada corak hitam totol-totol yang kesat pada tablet tersebut.

Key features

  • Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • 7” 1280 x 800 HD Display (216 ppi)
  • Back-lit IPS display
  • Scratch-resistant Corning ® Glass
  • Android 4.1 Jelly Bean
  • Quad-core Tegra 3 processor
  • Built in storage 8 GB ~ 16 GB
  • 1.2 Mpx Front facing camera
  • 1 GB RAM
  • NFC (Android Beam)
  • Volume controls, speaker, software keys
  • Built in GPS
  • Micro USB port (charging & OTG)
  • Magnetometer
  • Gyroscope
  • Standard 3.5 mm audio jack
  • Battery 4325 mAh
  • Accelerometer
  • 9 jam memutar HD video
  • 10 jam browsing web
  • 300 jam standby
  • Dimensi 198.5 x 120 x 10.45mm / 340 gram

Kelemahan

  • Tidak ada kamera belakang dengan blitznya
  • Hanya mengandalkan koneksi data menggunakan Wi-Fi, tidak ada Mobile Network

Isi Paket

  • Buku Manual
  • Garansi
  • Kabel Data
  • Charger
  • Tablet Nexus 7
Paket Nexus 7

Getting started

Seperti halnya perangkat Android lain, ketika awal menggunakan Nexus 7 ini, lakukan login menggunakan akun Google. Jika belum ada, Anda dapat membuatnya langsung dari langkah awal menggunakan perangkat ini. Anda juga akan diminta memasukkan data kartu kredit dan pengaturan Google Wallet. Namun jika tidak ingin melakukan langkah tersebut, Anda dapat melewatkannya.
Setelah sudah masuk ke home screen Anda sudah dapat mulai mencoba kemulusan si Jelly Bean ini. Rasakan sensasi menyentuh dan menggeser-geser jari-jari Anda pada layar dan perhatikan transisi layar demi layar.

Geser jari dari atas layar ke bawah, maka akan tampil bar notifikasi. Pada tablet, notifikasi ini tidak tampil penuh seperti pada ponsel cerdas. Menu standby terdiri dari lima halaman. Jika Anda menginstal game atau aplikasi, maka selain tampil pada halaman Apps, ikon shortcut juga akan otomatis tampil pada halaman standby ini.
Notification Bar
Notification Bar
Home Screen
Home Screen

Aplikasi

Anda dapat dengan mudah mengunduh berbagai aplikasi dari Play Store. Tetapi jika ingin menginstal aplikasi dari sumber yang lain, ubah dulu pengaturan untuk mengijinkan penginstalasian dari sumber lain yang terdapat pada menu Settings.

Uninstal aplikasi dapat dengan mudah dilakukan dengan melakukan drag and drop ikon dari halaman Apps. Tahan ikon hingga tampil home screen, arahkan ke atas, maka akan ada fungsi uninstal. Fungsi ini sudah ada mulai dari Android versi Ice Cream Sandwich. Sehingga Anda tak perlu repot masuk ke menu Setting terlebih dahulu untuk meng-uninstal suatu aplikasi.

Aplikasi umum yang sudah tersedia langsung pada Nexus 7 ini adalah Calculator, Calendar, Chrome, Clock, Currents, Downloads, Earth, Email, Gallery, Gmail, Google, Google+, Latitude, Local, Maps, Messenger, Navigation, People, Play Music, Play Store, Settings, Talk, Voice Search dan You Tube.

Aplikasi Currents merupakan perpustakaan atau seperti Newsstand pada iOS. Berbagai informasi dapat ditambahkan pada aplikasi ini berdasarkan kategori. Beberapa media yang sudah tersedia antara lain adalah Good, Forbes, The Daily Beast, Fast Company, Saveur Magazine, dan 500 px.

Earth, merupakan aplikasi yang terintegrasi langsung dengan GPS. Tampilannya begitu canggih, ketika aplikasi dibuka, akan tampil bumi yang semula kecil, makin membesar, dan akhirnya akan menampilkan lokasi kita saat ini. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan wikipedia, sehingga dapat mengetahui seluk beluk suatu lokasi berdasarkan informasi dari wikipedia. Google Now, mampu memberikan informasi yang sesuai pada waktu yang tepat.
Google Earth
Google Earth
Google Earth ~ Position
Google Earth ~ Position
Beda lagi dengan media sosial besutan Google, aplikasi Google Plus memiliki tampilan yang lebih keren ketimbang jika dibuka dari Desktop. Stream dari lingkaran-lingkaran teman memiliki tampilan grafis yang begitu artistik. Aplikasi Local akan menunjukkan fasilitas umum terdekat dengan posisi saat ini. Tentu saja aplikasi ini terintegrasi juga dengan Google Maps.

Google Plus
Messenger
Messenger berbeda dengan Talk, aplikasi ini mirip dengan Huddle, percakapan di dalamnya lebih berkaitan dengan koneksi pada Google +. Sedangkan Talk merupakan aplikasi chatting dari Google. Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus memiliki akun Google +.

Aplikasi wajib bawaan Android yang lain adalah YouTube. Tampilan thumbnail video pada aplikasi YouTube di Nexus 7 ini pun seperti tampilan Stream pada Google +. Untuk menontonnya secara penuh, tinggal klik pada salah satu video. Kualitas video HD pun dapat dengan mudah dicicipi melalui YouTube ini.

YouTube
YouTube Menu
Beberapa aplikasi tidak dapat ditemukan pada Nexus 7, misalnya Whatsapp. Tetapi hal ini dapat diakali dengan cara menginstal dari apk yang diambil dari gadget lain yang rooted. Sayangnya, Whatsapp tidak dapat mendeteksi perangkat yang digunakan. Selain itu Whatsapp juga belum menyediakan layanannya untuk tablet.

Whatsapp

Browser

Nexus 7 ini dibekali Chrome untuk browsing. Loading halaman cukup cepat. Layar tampak berpendar ketika sedang loading halaman. Jika tidak biasa, Anda dapat menambah browser lain, seperti Firefox, Dolphin atau Opera dari Play Store.

Chrome
Chrome

Konektivitas

Daya tangkap sinyal Wi-Fi dari Nexus 7 cukup memadai. Saya mencoba menggunakan Wi-Fi dari modem yang berada di lantai 1, dan menggunakan tablet ini pada lantai 2. Hasilnya, tak ada kendala penerimaan sinyal. Jika dibandingkan, daya tangkap dari seluruh perangkat yang saya gunakan, maka penerimaan paling kuat adalah Dell Inspiron, Nexus 7, HTC Wildfire S, iPhone 3GS dan Smartfren Andro Max.

Tentunya tidak semua tempat menyediakan hot spot, solusinya adalah dengan membawa sendiri modem Wi-Fi. Jika gadgetnya sudah tidak nge-lag, jangan sampai koneksi datanya mengandalkan operator yang suka lag. Mungkin jika ingin tetap lancar dapat menggunakan modem Wi-Fi rev B dari Smartfren. Ya, mudah-mudahan saja, nantinya ada paket bundling tablet ini dengan produk MiFi Smartfren.

Koneksi transfer data antar device memanfaatkan Bluetooth pun cukup mumpuni. Ketika saya mencoba untuk mengirim file MP3 sebesar 5MB waktu transfer cukup cepat. Selain Bluetooth, koneksi nirkabel lain yang tersedia adalah NFC. Namun saya tidak mencoba fitur ini.

Bluetooth Transfer
Micro USB tersedia di bagian bawah tablet. Selain untuk koneksi data ke komputer dan sebagai port untuk mencatu daya, micro USB ini juga dapat berfungsi sebagai USB On the Go.

Game & Grafis

Seperti yang telah dijelaskan pada di awal, keunggulan dari gadget ini adalah kehandalannya memadukan Jelly Bean dengan prosesor Quad Core  Tegra 3 yang mampu menampilkan grafis canggih tanpa lag. Salah satu game berat yang jadi sampel uji coba adalah Dead Trigger. Animasinya tampak begitu nyata, tidak tersendat sama sekali. Respon antara tombol kendali permainan dengan gerakan yang dihasilkan tidak ada lag. Sehingga membuat kecanduan untuk terus bermain game. Berbeda jika kita sedang bermain game, kemudian macet di tengah jalan, tentunya sudah malas untuk meneruskan.
Dead Trigger

Kamera

Bagi seorang kamera freak yang suka pamer foto, mungkin gadget ini bukanlah pilihan yang tepat. Karena perangkat ini tidak dilengkapi dengan kamera belakang. Kamera 1.2 MP yang tersemat pada bagian depan tablet Nexus 7 ini lebih berfungsi untuk melakukan video call atau video chatting.
Beberapa aplikasi masih dapat menggunakan aplikasi ini, misalnya Instagram atau pun Twicca. Namun jangan kecewa jika hasil jepretan untuk Instagram terbalik. Tetapi jika dilihat hasil pemotretan setelah dikopi ke komputer, ternyata hasilnya normal.

Instagram


Hasil Jepretan Kamera

Corning Glass

Tak perlu repot-repot membeli screen protector, karena Nexus 7 sudah dibekali dengan layar Corning Glass yang tahan terhadap goresan. Coba saja gores layar dengan kuku jari Anda, dijamin layar tetap mulus. Bekas sidik jari pun tidak mudah menempel pada layar ini.
Share:

Artikel Terkini