Siemens Healthineers Luncurkan Alat MRI dengan AI dan Entertainment Siemens Healthineers Luncurkan Alat MRI dengan AI dan Entertainment ~ Teknogav.com

Siemens Healthineers Luncurkan Alat MRI dengan AI dan Entertainment


Peluncuran Magnetom Lumina dan Magnetom Altea dari Siemens Healthineers

Teknogav.com, Jakarta – Siemens Healthineers resmi meluncurkan inovasi MRI terkini, Magnetom Lumina (3 T) dan Magnetom Altea (1,5 T) di Indonesia. Peluncuran tersebut dilakukan di acara tahunan Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia ARSSI 2019 di Jakarta. Kedua MRI dilengkapi dengan teknologi BioMatrix Siemens Healthineers yang menggabungkan sensor, tuner dan antarmuka yang menghasilkan kualitas gambar superior. Kenyamanan pasien yang diperiksa pun ditingkatkan dengan keberadaan audio dan video yang menenangkan saat dipindai.

Tujuan teknologi BioMatrix ini untuk mentransformasi penyediaan layanan dan perawatan di bidang MRI dan memastikan kualitas pencitraan yang konsisten. Prosedur dengan teknologi ini banyak digunakan untuk menghasilkan gambar berbagai bagian tubuh, mulai dari kepala sampai kaki memanfaatkan medan magnet dan gelombang radio. Hasil MRI bisa dipakai untuk mendiagnosa penyakit seperti tumor dan stroke.
drg. Susi Setiawaty, MARS (Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia) dan Alfred Fahringer, Country Head Siemens Healthineers Indonesia.
drg. Susi Setiawaty, MARS (Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia) dan Alfred Fahringer (Country Head Siemens Healthineers Indonesia) meresmikan peluncuran MRI terkini dari Siemens Healthineers
Sensor BioMatrix dapat mendeteksi pola pernapasan pasien secara otomatis yang memungkinkan pengguna memilih strategi pemeriksaan optimal pada setiap pasien. Seluruh proses, mulai dari persiapan pasien sampai distribusi dapat lebih efisien dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Teknologi tersebut pun lebih intuitif, sehingga hasil pemindaian lebih akurat.

Sistem TurboSuite juga bisa mempercepat pemindaian sampai 50% tanpa mengurangi kualitas gambar. Pencitraan muskuloskeletal, tulang belakang, neurovaskular, perut, payudara dan jantung bisa dilakukan dengan aplikasi khusus yang disesuaikan. Hal ini memungkinkan peningkatan throughput dan produktivitas pemindaian pasien. Biaya per pemindaian pun bisa lebih rendah, pasien pun lebih nyaman karena proses lebih cepat.

“Siemens Healthineers memahami tantangan yang dihadapi para penyedia layanan kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam proses yang memungkinkan mereka untuk fokus dalam melayani pasien, kami bangga menjadi enabler bagi mereka dalam memperluas obat-obatan presisi, mentransformasi penyediaan layanan, meningkatkan pengalaman pasien, serta menerapkan digitalisasi, dan kali ini dalam bidang MRI,” ucap Alfred Fahringer, Country Head Siemens Healthineers Indonesia.
Yonathan Audhitya Suthihono, MR Business Manager di Siemens Healthineers Indonesia
Yonathan Audhitya Suthihono, MR Business Manager di Siemens Healthineers Indonesia
Sistem infotainment in-bore revolusioner, Innovision merupakan salah satu inovasi yang diterapkan pada MRI besutan Siemens Healthineers untuk meningkatkan kenyamanan pasien. Kegelisahan pasien saat dipindai dapat diminimalisir dengan memberikan tayangan video dan musik yang meditatif dan menenangkan. Pada tayangan pun disertai dengan informasi yang mencakup sisa waktu pemindaian. Kebisingan proses pemindaian pun dapat diatasi dengan bantal yang dirancang khusus.

“Magnetom Altea 1.5 T dan Magnetom Lumina 3 T dirancang untuk meningkatkan pengalaman pasien dan produktivitas. Siemens Healthineers berkomitmen memberikan nilai yang relevan dan bermanfaat di dunia kesehatan, baik bagi penyedia maupun penerima layanan kesehatan. Nilai tersebut dilakukan mulai dari memastikan kenyamanan pasien secara optimal selama proses MRI sampai efisiensi alur kerja MRI yang serba otomatis berkat fitur AI,” ucap Yonathan Audhitya Suthihono, MR Business Manager di Siemens Healthineers Indonesia.

Perbedaan Magnetom Altea dan Magnetom Lumina terdapat pada besar induksi magnetik yang digunakan untuk pemindaian. Semakin besar induksi yang digunakan, maka kecepatan proses pemindaian pun semakin cepat dan resolusi semakin tinggi. Pada umumnya Rumah Sakit sudah cukup menggunakan Magnetom Altea 1,5 T untuk memberikan layanan diagnosis kesehatan kepada pasien. Sementara Magnetom Lumina 3 T lebih banyak digunakan untuk kepentingan riset yang membutuhkan banyak data, sehingga diperlukan proses pemindaian lebih cepat.

Seluruh peralatan kesehatan yang diluncurkan oleh Siemens Healthineers memiliki fasilitas remote service yang terhubung dengan smart remote office sehingga dapat segera diatasi jika ada kendala.
Share:

Artikel Terkini