BenihBaik.com Platform Crowdfunding untuk Bantuan Sosial BenihBaik.com Platform Crowdfunding untuk Bantuan Sosial ~ Teknogav.com

BenihBaik.com Platform Crowdfunding untuk Bantuan Sosial


Teknogav.com - Pada ajang Ideafest di Jakarta Convention Center, platform crowdfunding baru diluncurkan, yaitu BenihBaik.com. Platform ini digagas oleh Andy F. Noya, Anggit Hernowo dan Firdaus Juli. Jumlah kemiskinan yang masih cukup tinggi membuat banyak masyarakat yang masih membutuhkan bantuan. Peran platform ini adalah sebagai wadah untuk mempertemukan mereka yang membutuhkan bantuan dengan orang-orang yang ingin berbuat baik bagi sesama.
“Jumlah penduduk Indonesia ada 260 juta, 10% dari jumlah tersebut masih di bawah garis kemiskinan. Ini berarti 26 juta orang belum menikmati hidup layak dan membutuhkan bantuan,” ucap Andy F. Noya, CEO BenihBaik.com yang juga merupakan wartawan senior.

Berdasarkan pengalaman menjalankan Kick Andy Foundation (KAF), banyak orang yang ingin membantu tetapi tidak tahu siapa dan cara membantunya. Demi menjembatani orang-orang baik tersebut menemukan orang yang layak untuk ditolong, maka dibangunlah BenihBaik.com. Sebelumnya platform crowdfunding atau penggalangan dana bersama untuk memberikan bantuan juga diusung oleh KitaBisa.com.

BenihBaik.com terdiri dari dua pilar utama, yaitu kegiatan sosial dan kegiatan usaha. Pada pilar kegiatan sosial, semua orang bisa mencari bantuan atas masalah yang dihadapi. Kategori dari bantuan tersebut bisa beragam, seperti bencana alam, budaya, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan bantuan sosial lainnya. Pilar kegiatan usaha berkenaan dengan kewirausahaan sosial. Kegiatan pilar kedua ini mirip dengan yang dilakukan KoinWorks.


Andy F. Noya, CEO Benihbaik.com
“Pengusaha-pengusaha kecil bisa memanfaatkan BenihBaik.com untuk menjual produk-produk mereka. Hal ini sekaligus menjadi sarana berinvestasi bagi investor di perusahaan-perusahaan setara UMKM yang kami pilih dan tampilkan di BenihBaik.com. Jadi para pengusaha skala UMKM yang mempunyai dampak sosial berpeluang mendapatkan investasi melalui platform ini,” lanjut Andy.

Saat ini Benihbaik.com sedang melakukan bootstraping utuk pendanaan. Jika semakin banyak yang bergabung menjadi investor, maka semakin banyak investasi yang masuk, BenihBaik.com pun semakin besar. Semakin besar BenihBaik.com berkembang, maka akan semakin besar juga dampak yang bisa diberikan untuk membantu masyarakat.

Andy F. Noya, Anggit Hernowo dan Firdaus Juli
Andy yakin BenihBaik.com dapat berperan signifikan dalam upaya membantu warga masyaraskat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Masyarakat Indonesia masih menjunjung asas gotong royong dan memiliki karakter ringan tangan untuk menolong sesama. Jadi platform BenihBaik.com bisa meyalurkan karakter masyarakat Indonesia yang senang menolong. Indonesia juga telah mendapat gelar sebagai negara paling dermawan pada World Giving Index 2018.

“Tahun lalu Indonesia dinobatkan sebagai the most genereous country oleh World Giving Index 2018 yang dirilis British Charities Aid Foundation di Inggris. Indonesia ditempatkan sebagai negara dengan penduduk yang paling welas asih. Artinya masyarakat Indonesia cenderung suka menolong sesama. Ini yang semakin menguatkan kami,” tutup Andy.
Share:

Artikel Terkini