Jenius Dampingi Kelola Usaha dengan Akun Bisnis dan BisnisKit Jenius Dampingi Kelola Usaha dengan Akun Bisnis dan BisnisKit ~ Teknogav.com

Jenius Dampingi Kelola Usaha dengan Akun Bisnis dan BisnisKit


Teknogav.com - Pandemi COVID-19 tak lantas membuat geliat perekonomian surut, masyarakat banyak yang mulai merintis bisnis sendiri. Usaha tersebut dibangun tak hanya oleh orang yang terpaksa tekena pemutusan hubungan kerja, tetapi juga dilakukan sebagian orang sambil WFH. Kendala yang biasa dihadapi pengusaha pemula adalah memisahkan keuangan pribadi dengan bisnisnya. Nah, Jenius berusaha mengatasi hal tersebut dengan layanan Akun Bisnis yang siap melakukan pencatatan keuangan dengan rapi. Sementara untuk pengelolaan bisnis itu sendiri bisa menggunakan Bisniskit. Yuk simak masing-masing keandalan layanan tersebut.

“Kami menemukan adanya aspirasi digital savvy untuk memulai dan mengembangkan bisnis dari proses kokreasi, masukan dan insight dari digital savvy. Jadi selain untuk kebutuhan personal, Jenius juga hadir untuk kebutuhan bisnis. Para digital savvy pun mudah mengelola kebutuhan pribadi dan bisnis,” ucap Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head BTPN.

Akun Bisnis Jenius

fitur-fitur Akun Bisnis Jenius
Bagi yang sudah menggunakan aplikasi Jenius, maka layanan akun bisnis Jenius sudah tersedia, hanya perlu diaktivasi. Aktivasi dapat dilakukan langsung dari aplikasi, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Tekan tombol menu di pojok kiri atas aplikasi Jenius, lalu pilih Bisnis
  2. Pilih izinkan dan aktifkan Akun Bisnis
  3. Tentukan $Cashtag baru untuk Akun Bisnis kemudian lanjutkan
  4. Masukkan kata sandi, untuk mulai menggunakan Akun Bisnis Jenius

Fitur-fitur yang tersedia pada Akun Bisnis Jenius adalah sebagai berikut:
  1. Transfer uang dengan Send It
  2. Pencatatan dan penelusuran riwayat transaksi dengan In & Out
  3. Kartu debit virtual mCard untuk transaksi online
  4. Nomor rekening baru dan $Cashtag untuk mengirim dan menerima uang 
  5. Jenius Contact untuk menyimpan nomor telepon dan email yang berkaitan dengan bisnis.

Bisniskit by Jenius

demo penggunaan Bisniskit by Jenius
Jenius juga menyediakan aplikasi pendukung bisnis yang terpisah untuk melakukan mengelola operasional bisnis, yaitu Bisniskit by Jenius. Aplikasi ini dapat diunduh langsung dari Google Play Store atau App Store, dan digunakan secara gratis. Dua menu utama pada Bisniskit by Jenius terdiri dari Toko dan Kasir. Toko berfungsi untuk mengelola bisnis dan Kasir untuk mengakses mesin kasir sederhana dengan empat pilihan metode pembayaran. Berikut ini adalah fitur-fitur yang tersedia pada masing-masing menu.


Fitur-fitur Menu Toko

  • Dashboard untuk menampilkan informasi dan kondisi terkini bisnis atau toko
  • Produk untuk mencatat produk dan mengetahui sisa jumlah stok 
  • Pengeluaran untuk mencatat, membuat jadwal, dan melihat riwahyat pengeluaran
  • Pelanggan untuk menyimpan dan melihat data pelanggan
  • Pengaturan Toko untuk mengelola toko dan memberikan akses kepada karyawan. Saat ini Jenius membatasi akses tersebut untuk maksimal 10 karyawan

Fitur-fitur Menu Kasir

Pilihan metode pembayaran, yaitu uang tunai, kartu debit, kartu kredit, dan transfer ke Akun Bisnis Jenius. Aplikasi Bisniskit by Jenius ini memang bisa dihubungkan langsung ke Akun Bisnis Jenius.
Pencetakan struk baik ke printer maupun file PDF untuk dikirim ke pelanggan melalui email atau Instant Messenger. Sayangnya Jenius belum memyediakan fitur untuk bisa membuat QR Code yang mempermudah pembayaran dengan sistem pemindaian.
fitur-fitur Bisniskit by Jenius

Testimonial Pengguna Akun Bisnis Jenius

Salah satu wirausahawan yang sudah menggunakan Akun Bisnis Jenius adalah Danny Aguswahyudi yang memiliki restoran HoJiak Lai Lai (@holai.id). Restoran yang menyediakan masakan khas Medan ini didirikan pada Maret 2020.

“Bisnis ini sebetulnya bukan yang pertama bagi saya, saya paham akan pentingnya memisahkan finansial pribadi dan bisnis. Saya menyambut positif ketika Jenius menghadirkan akun bisnis, sehingga menjadi solusi yang tepat untuk pengusaha muda seperti saya. Proses pembukaan rekening bisnis sangat mudah dan membantu saya dalam memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Jenius untuk Bisnis memudahkan mencatat transaksi dengan fitur In & Out. Saya pun mudah mengecek cashflow bisnis,” ucap Danny.

Testimonial Pengguna Bisniskit by Jenius

Sementara itu Fellysya Fabian, menggunakan Bisniskit by Jenius untuk mengelola bisnis kuliner online Alegre’s Kitchen (@alegreskitchen). Bisnis tersebut dirintisnya sejak tahun 2016 yang terinspirasi oleh masakan ibunya yang membahagiakan keluarga/

“Bisniskit dari Jenius memudahkan saya mengelola stok produk sehingga kami tidak perlu lagi mencatat secara manual. Menu Kasir memungkinkan kami mengirimkan struk secara profesional dalam bentuk PDF melalui email ataupun aplikasi chat kepada pelanggan. Saya juga menghubungkan Bisniskit dengan Akun bisnis Jenius, sehingga setiap transaksi yang masuk dapat langsung tercatat dan terverifikasi. Semua dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat,” ucap Fellysya.

Akun Bisnis Jenius memudahkan pengelolaan rekening akun bisnis dan akun personal hanya dari satu aplikasi. Sementara Bisniskit membantu operasional bisnis yang mencakup pengelolaan inventory, mengetahui kondisi bisnis terkini, mencetak dan mengirim struk. Aplikasi ini bahkan bisa memberikan akses bagi rekan kerja atau karyawan ke Toko dan Kasir dengan pengelolaan sepenuhnya melalui smartphone.
Share:

Follow by Email