OPPO Reno4 F Hadirkan Desain Tipis dan Enam Kamera OPPO Reno4 F Hadirkan Desain Tipis dan Enam Kamera ~ Teknogav.com

OPPO Reno4 F Hadirkan Desain Tipis dan Enam Kamera

Teknogav.com - Reno4 F merupakan anggota terbaru dari jajaran Reno4 series. Smartphone ini akan diluncurkan pada 12 Oktober 2020 dengan mengusung slogan “Clearly Your Expression”. Segmen yang dituju Reno4 F adalah anak muda yang gemar memotret dengan hasil yang tampil beda. Hal ini ditunjang OPPO dengan menghadirkan fitur-fitur kamera yang didukung AI. Fitur-fitur tersebut mencakup AI Color Portrait, AI Night Flare Portrait, dan AI Super Night Portrait. Desainnya pun disesuaikan dengan gaya anak muda yang trendi.

Desain smartphone ini sangat tipis, dengan ketebalan hanya 7,48 mm yang lebih tipis dari ketebalan seri Reno4 yang 7,7 mm. Demi menghindari tepi yang tajam pada smartphone tipis, OPPO menggunakan teknik desain dengan tepi membulat pada sudut 220°. Teknik tersebut selain membuat tepi menjadi lebih tipis juga nyaman digenggam. Mainboard pun dioptimalkan agar sanggup menampung baterai dan komponen pada bodi yang sangat ramping dan bobot yang  164 gram.

OPPO Reno4 F dengan pilihan waran Matte Black dan Metallic White 

Tampilan warna Reno4 F tampak Shiny Matte yang menghasilkan warna bervariasi ketika terkena pantulan cahaya pada sudut berbeda. Lapisan anti sidik jari pun melindungi penutup belakang agar tak kusam. Pelapisan ini menggunakan teknik lapisan optik baru yang meningkatkan kedalaman lapisan dari 250 nm menjadi 400 nm.  Dua pilihan warna yang tersedia adalah Matte Black dan Metallic White.

OPPO Reno4 F dengan tampilan Shiny Matte

Sayangnya ketika ditanya apakah bahan yang digunakan ramah lingkungan, Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia hanya menjelaskan bahwa OPPO  sudah memiliki program daur ulang sejak tahun 2013 yang bisa dicari di YouTube. Namun kami tidak berhasil menemukan penjelasan mengenai program tersebut di channel YouTube OPPO Indonesia.

Layar Super AMOLED

Layar Reno4 F menggunakan teknologi Super AMOLED dengan ukuran 6,43 inci. Teknologi tersebut menghasilkan tampilan piksel lebih terang dan jelas walau di bawah terik matahari langsung. Demi mengakomodasi kehadiran dua kamera di bagian depan smartphone, layar Reno4 F dilengkapi dengan Dual Punch-Hole Display. Diameter kamera berukuran lebih kecil, yaitu 3,7 mm sehingga layar terasa lebih lapang.

Resolusi layar adalah FHD+ atau 2400 x 1080 piksel dan densitas 408 ppi. Jika dibandingkan dengan OPPO A53 dan OPPO A33, maka refresh rate layar Reno4 F lebih rendah, yaitu 60 Hz. Rasio layar-ke-bodi smartphone ini cukup tinggi yaitu 90,07% dan rasio layar 20:9.

Konfigurasi kamera belakang dan kamera depan

Fitur-fitur Kamera OPPO Reno4 F

Konfigurasi empat kamera di bagian belakang mencakup kamera utama dengan resolusi 48 MP dan sensor f.18,5". Sementara itu kamera sudut lebar memiliki resolusi 8 MP. Kemudian sisanya adalah dua mono camera dengan resolusi masing-masing 2 MP. Berikut ini adalah beberapa fitur kamera yang disematkan pada OPPO Reno4 F.

  • AI beautificarion generasi ke-2 sudah disesuaikan sehingga bisa mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.
  • AI Color Portrait berfungsi mengisolasi warna pada foto sehingga latar belakang menjadi hitam putih dan mempertahankan warna pada objek manusia. Foto bisa ditampilkan seperti karya seni dengan menghadirkan warna yang jelas dan kontras.
  • AI Night Flare Portrait akan memberikan efek neon berseni di bagain latar belakang objek manusia. Fitur ini memadukan algoritma HDR dan efek bokeh pada pencahayaan rendah sehingga foto di lingkungan yang redup tampak jelas. Foto yang dihasilkan tersebut pun otomatis menggunakan efek latar belakang bokeh. Ketika pemotretan dilakukan di wilayah dengan nuansa gemerlap lampu kelap kelip, maka objek foto tampak lebih cerah.
  • AI Super Clear Portrait meningkatkan detail pada foto dengan menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dipadukan AI dan deep learning. Hasilnya adalah foto dengan detail wajah seperti peningkatan pada alis atau rekonstruksi untuk menjamin foto potret yang lebih jelas.
  • AI Super Night Portrait menyajikan foto selfie yang jelas walau pemotretan dilakukan malam hari atau kondisi remang-remang. Serangkaian algoritma AI digabungkan yang mencakup HDR, pengenalan wajah, dan pengenalan highlight untuk menghasilkan foto yang cerah di malam hari. HDR dapat menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan dalam sekejap. Sedangkan penekanan highlight akan mencerahkan foto potret tanpa berlebihan mengekspos latar belakang.
  • Air Gestures memungkinkan untuk menerima telepon tanpa menyentuh smartphone, cukup melakukan gerakan udara sejauh 20-50 cm dari smartphone.
Fitur Air Gesture pada OPPO Reno4 F
  • Dual Lens Bokeh  memanfaatkan solusi berbasis perangkat lunak dan perangkat keras untuk melancarkan pemrosesan gambar. Pada panel depan, kamera yang digunakan adalah depth camera 2 MP dan kamera utama 16 MP.
  • Selfie Gestures berfungsi untuk memudahkan melakukan swafoto tanpa harus menyentuh layar atau menggunakan alat bantu. Pemotretan bisa dilakukan langsung dengan lambaian tangan.
  • Anti-shake pada perekaman video menggunakan kamera belakang dan depan diakomodasi dari segi hardware dan software. OPPO menggunakan perangkat keras Gyroscope untuk mengurangi guncangan yang terjadi saat perekaman video. Sedangkan dari segi perangkat lunak menggunakan EIS.

Nah, demikianlah beberapa fitur andalan OPPO Reno4 F dari segi desain dan kamera. 

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email