Audio Cube, Praktis Konversi Format Musik di Ponsel Audio Cube, Praktis Konversi Format Musik di Ponsel ~ Teknogav.com

Audio Cube, Praktis Konversi Format Musik di Ponsel

Teknogav.com, Jakarta - Perkembangan musik, baik di Indonesia maupun mancanegara tentu membuat Anda senang mengkoleksi lagu-lagu ben atau artis yang sedang populer. Bahkan nada dering pribadi untuk ponsel pun sebisa mungkin dihiasi musik terbaru. Selain dari internet ataupun CD musik, tidak tertutup kemungkinan untuk saling bertukar koleksi musik dari satu ponsel ke ponsel lain.

Sayangnya tidak semua ponsel dapat memainkan musik dalam format yang berbeda-beda. Nah, biasanya solusi mengatasi masalah perbedaan format itu membutuhkan langkah yang panjang. Setelah file disimpan sementara di ponsel, maka file tersebut harus ditransfer ke komputer terlebih dahulu. Proses konversi dari satu format ke format lain pun dilakukan di komputer. Setelah file berhasil dikonversi, baru dikirim kembali ke ponsel. Sepertinya cukup ribet ya.

Untungnya kini pengguna Symbian S60 3rd edition tidak perlu bersusah payah lagi jika ingin bertukar file musik dengan teman. Sebab kini dengan aplikasi buatan ZIDIAN Studio, Anda dapat menkonversi langsung file-file audio pada ponsel Anda. Audio Cube adalah aplikasi konversi audio canggih yang mendukung pengkonversian berbagai format file audio, seperti wav, aac, amr, mp3, wma, aiff dan lain-lain.



Aplikasi ini memungkinkan untuk mengkonversi lagu mp3 secara utuh, walaupun tidak disarankan, karena prosesnya memakan waktu lama. Nada dering pribadi pun dapat dengan mudah dibuat menggunakan AudioCube. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menentukan jangka waktu yang diinginkan dari lagu favorit Anda, lalu simpan dengan format mp3 dan tetapkan sebagai nada dering.

Jika Anda tidak mengerti mengenai sample rate, bitrate, channel dan lain-lain, maka cukup lakukan konversi dengan setting standar aplikasi. Sedangkan bila ingin bereksperimen dengan aplikasi ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu menu-menu pada aplikasi ini.

Pada menu utama terdapat dua tampilan. Pertama adalah tampilan [Files] yang fungsinya menampilkan seluruh file yang memiliki format audio pada direktori tertentu. Tampilan lainnya adalah [Setting] untuk menentukan direktori hasil konversi yang dilakukan. Berikut akan dijelaskan secara rinci masing-masing sub menu yang terdapat pada tiap menu.
Menu tampilan Files

  • Browse, fungsi ini digunakan untuk menentukan isi direktori yang akan dilihat saat ini pada menu Files. Seluruh file audio yang terdapat pada direktori ini akan ditampilkan dalam bentuk daftar.
  • Play, ketika Anda telah memilih salah satu file audio pada tampilan file, Anda dapat memilih menu ini untuk menyetel atau memainkannya. Ketika audio play sedang bekerja, Anda dapat melihat waktu rekam dari file audio. Hal ini berguna ketika Anda membutuhkan untuk mengektraksi potongan lagu dari suatu file audio.
  • Convert, ketika Anda telah memilih file audio yang ingin Anda konversi, Anda dapat memulai konversi dengan mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan sistem. Proses ini meliputi beberapa langkah seperti memasukkan nama file input dan output, format output, bit rate, sample rate, channels dan waktu rekam. Ini adalah dua proses konvers. Satu adalah konversi default lainnya adalah konversi yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan Anda.
Pada menu standar, sistem menggunakan parameter-parameter konversi yang telah ditentukan dari developer aplikasi ini pada setiap codec audio. Hal ini sangat berguna ketika Anda tidak terlalu peduli mengenai konversi secara rinci. Dengan menu yang dapat ditentukan sendiri, Anda dapat menjalankan konversi dengan setting yang lebih rumit sehingga berguna ketika Anda ingin mengubah-ubah settingan sesuai kebutuhan konversi Anda.
  • Delete, digunakan untuk menghapus file audio dari ponsel, caranya: gunakan menu browse untuk melihat-lihat direktori yang menyimpan fie tersebut, pilih file, dan tekan delete, maka file tersebut akan dihapus.

Sub-sub menu yang terdapat pada tampilan ini kurang lebih sama dengan yang terdapat pada menu tampilan Files. Perbedaannya adalah ketika Anda melakukan browsing pada tampilan Setting maka sistem akan menjadikan direktori yang Anda pilih menjadi direktori untuk menyimpan file hasil konversi.

Besar File: 1,3 MB
Harga: 20.99 dollar
Ponsel: OS Symbian S60 3rd edition
Website: www.my-symbian.com
Share:

Artikel Terkini