Baidu Browser – Browser Android Asal Cina

Teknogav.com, Jakarta - Suatu browser menjadi favorit pengguna karena kecepatannya dalam membuka situs, mudah digunakan dan ringan. Nah, Baidu Browser adalah salah satu browser yang layak dicoba. Browser asal Cina ini mampu membuka halaman lebih cepat dari browser bawaan atau browser andalan lainnya.

Tak hanya menantang Google dalam hal mesin pencarian, tampaknya Baidu pun ingin unjuk gigi dalam hal browser. Baidu Browser untuk ponsel cerdas Android ini memiliki banyak kehandalan, yaitu dapat membuka situs hingga 30% lebih cepat dan dapat mengkompresi penggunaan data hingga 90%.


Jika dibandingkan dengan browser Android sejenis, ukuran Baidu Browser ini cukup ringan. Pada beberapa perangkat Android hanya sekitar 5MB, berbeda dengan Firefox yang ukurannya di atas 20 MB.  Istimewanya lagi, Anda dapat membuat suatu halaman website dapat dibaca secara offline dengan fitur Read Later.

Baidu Browser juga menyediakan direktori link untuk mengakses portal berita dan gambar di halaman menu kedua. Pada halaman menu utama terdapat shortcut untuk masuk ke situs-situs populer yang biasa diakses seperti YouTube, Facebook, Twitter, Yahoo, Wikipedia dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Tak heran jika aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Layaknya aplikasi browser yang lain tentu saja Baidu Browser pun dapat digunakan untuk membuka beberapa jendela halaman situs sekaligus. Namun demikian bagi yang sudah terbiasa menggunakan Firefox atau Opera untuk membuka halaman baru mungkin agak kagok saat memakai Baidu Browser ini. Fungsi tambahan pada aplikasi ini adalah akses untuk mengatur cahaya pada tampilan layar.
Langkah-langkah menggunakan Baidu Browser adalah sebagai berikut:
  1. Halaman utama browser terdiri dari berbagai link untuk mengakses situs-situs populer. Untuk menambah link baru tekan [+] di halaman tersebut untuk menambah link baru kemudian ketik link yang ingin ditampilkan dan tekan [Enter].
    Halaman Utama Browser
    Halaman Utama Browser
  2. Untuk mengakses halaman kedua dari menu browser, geser ke kanan. Maka akan tampil beberapa link untuk mengakses berita dan gambar. Anda dapat memodifikasi tampilan portal berita dan gambar tersebut dengan cara menekan [+] tekan [+] pada halaman yang akan ditampilkan hingga tampak tanda √.
    Halaman Kedua Browser
    Halaman Kedua Browser
  3. Jika ingin membuka situs, ketik alamat url pada kolom yang tersedia. Apabila ingin membaca halaman tersebut secara offline di waktu mendatang, tekan tanda bintang di sebelah kiri kolom, kemudian pilih [Add to Read Later].
    Membuka Situs
    Membuka Situs
  4. Menu aplikasi dapat ditampilkan dengan menekan ikon di pojok kanan bawah, kemudian tekan logo indeks. Maka akan tampil fungsi untuk melihat bookmarks, halaman yang telah disimpan untuk dibaca secara offline, berbagi halaman melalui media sosial atau pesan pribadi, pengaturan tampilan cahaya dan file yang diunduh.
    Menu Aplikasi
    Menu Aplikasi
Besar aplikasi ini tergantung dari aplikasi yang digunakan. Anda dapat mengunduhnya secara gratis untuk perangkat Android di Play Store.

Baidu Browser QR Code
Baidu Browser QR Code

Kelebihan

  • Mudah untuk menambahkan link favorit pada bookmark
  • Pada halaman utama sudah disediakan link akses ke situs-situs umum yang biasa dikunjungi
  • Mudah untuk berbagai halaman dengan teman
  • Kecepatan memuat halaman situs pada aplikasi sangat cepat
  • Fitur Read Later untuk membaca suatu laman situs saat offline dengan

Kekurangan

  • Pilihan membuat shortcut situs-situs pada halaman menu kedua terbatas, tidak bisa menambahkan situs favorit sendiri
  • Kurang user friendly ketika ingin menambah jendela situs baru
Tingkat Kesulitan: Mudah
Share:

Topik Populer