Review Huawei nova 2i: Mumpuni dengan Dua Kamera Ganda dan Layar Full View Review Huawei nova 2i: Mumpuni dengan Dua Kamera Ganda dan Layar Full View ~ Teknogav.com

Review Huawei nova 2i: Mumpuni dengan Dua Kamera Ganda dan Layar Full View


Teknogav.com, Jakarta - Kini banyak smartphone semakin fokus pada fitur fotografi. Berbagai fungsi yang biasa ada pada kamera profesional pun kini diringkas ke dalam kamera smartphone. Demikian juga dengan tren selfie yang digemari generasi masa kini pun membuat kamera depan pun menjadi penting. 

Nah, Huawei nova 2i dibekali dengan dual kamera yang canggih, baik di bagian depan maupun di bagian belakang smartphone. Tak tanggung-tanggung, empat kamera disematkan pada smartphone ini. Huawei nova 2i memang merupakan smartphone Huawei pertama yang dibekali dengan empat kamera.

Bagi yang senang selfie tentu sudah tak asing dengan fitur Beauty untuk mempercantik wajah saat difoto. Tetapi kerennya smartphone ini juga memiliki fungsi Perfect Selfie untuk menetapkan parameter mempercantik wajah secara otomatis setiap kali difoto.

Nah, bagi yang hobi fotografi, baik kamera depan maupun kamera belakang smartphone ini juga memiliki kemampuan untuk menciptakan efek bokeh.

Keunggulan dari smartphone besutan Huawei ini tak hanya di kamera, layarnya pun tak kalah canggih dengan Huawei FullView yang lapang. Layar lebih lapang berkat bezel di sekitarnya yang sangat tipis. Bahkan di bawah layar tak disematkan tombol apa pun selain tulisan Huawei.

Layar smartphone berukuran 5,9 inci dengan aspek rasio 18:9. Resolusi layar tersebut FHD+ yang memberikan pengalaman menonton video atau pun bermain game lebih maksimal.

Tak perlu khawatir mata lelah pula karena sudah mengadopsi fitur Eye Comfort 2.0 yang mengurangi ketegangan mata saat menatap layar. Fitur tersebut menyaring 450 nm cahaya biru dan menyesuaikan tingkat terang dengan suhu warna secara otomatis.

Isi Paket


Paket smartphone Huawei nova 2i ini berisi handset dengan pelindung layar. Di dalam kotak paket terdapat dua kotak, kotak pertama agak tipis berisi casing plasting, buku panduan, dan kartu garansi. Sementara itu pada kotak kedua terdapat charger, kabel USB, headphone, dan pin yang dilekatkan pada kotak kedua.

Pada uji coba ini, handset yang digunakan berwarna graphite black. Pilihan lain yang tersedia adalah aurora blue dan prestige gold.

Desain Huawei nova 2i

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, fitur layar smartphone ini mengadopsi Huawei FullView Display dengan bezel yang begitu tipis. Bezel bagian atas berukuran 31% lebih kecil dan bezel bagian bawah 36% lebih kecil. Ukuran layar 5,9 inci tetapi memiliki form factor 5,5 inci dan aspek rasio 18:9. Sementara itu rasio screen-to-bodysmartphone adalah 83%.


Desain smartphone ini memiliki bentuk simetris sempurna, lengkungan pada keempat sudutnya membuat sosoknya tampak elegan. Di atas layar, terdapat dua kamera yang terletak di pojok kanan atas dan di sebelah kirinya terdapat earpiece. Beralih ke barisan bawah, hanya terdapat tulisan HUAWEI tanpa ada tombol fisik di bawah layar.

sisi atas

sisi bawah

Pada bagian belakang, lampu flash, kamera ganda dan sensor sidik jari tampak tersusun secara vertikal dari atas ke bawah. Melintasi lampu flash terdapat garis antena, demikian juga di barisan bawah punggung smartphone. Di sisi atas smartphone terlihat polos hanya ada satu titik lubang kecil.

Beberapa port tampak pada sisi bawah smartphone, yaitu jack audio 3,5 mm, microUSB dan speaker yang tersusun dari kiri ke kanan. Pada sisi kanan smartphone terdapat tombol volume dan tombol daya. Dan sisi kiri smartphone terdapat titik lubang untuk mengeluarkan tatakan slot kartu SIM dan micro SD. Slot micro SD juga bisa digunakan sebagai slot kartu SIM 2 atau berperan sebagai slot hybrid.

Perangkat Lunak dan Perangkat Keras

Sistem operasi smartphone ini adalah Android 7.0 Nougat yang dikemas dengan EMUI 5.1. Tampilan home screen smartphone ini layaknya smartphone Android pada umumnya. Pada barisan bawah terdapat tiga soft button  yang dapat disusun ulang konfigurasinya, bahkan dibuat menjadi empat soft button.



Penguncian layar smartphone dapat dibuka menggunakan pola, pin, kata sandi dan sidik jari. Kecepatan membuka penguncian menggunakan sensor sidik jari cukup cepat. Sayangnya smartphone ini belum mendukung untuk membuka penguncian dengan Face Unlock.



Kerennya dengan menggunakan aplikasi App Twin, Anda bisa menggunakan dua akun sekaligus untuk satu aplikasi. Fitur ini mendukung aplikasi Facebook dan WhatsApp. Sehingga bisa menggunakan dua akun yang berbeda sekaligus, misalnya pribadi dan bekerja. Asal jangan sampai salah balas pesan atau komentar ya.

Bagi yang perlu mengoperasikan dua aplikasi sekaligus, bisa menggunakan fitur Split Screen yang membelah layar untuk dimuati dua aplikasi. Sehingga memungkinkan untuk menonton YouTube sambil tetap memantau chat dengan teman. Fitur ini diaktifkan dengan mengetuk dan menekan buku-buku jari secara horisontal dari kiri ke kanan.



Smartphone ini bisa menggunakan dua nomor sekaligus, namun hanya salah satu kartu SIM saja yang bisa digunakan untuk jaringan 4G. Hanya kartu SIM yang digunakan koneksi data saja yang bisa dipilih memakai koneksi 4G LTE. Sementara itu kartu lain hanya bisa menggunakan jaringan 2G.
 


Berikut ini adalah informasi mengenai sistem dan perangkat keras yang diambil menggunakan aplikasi CPU-Z.


  

Kamera Ganda Depan

Konfigurasi kamera ganda pada bagian depan smartphone menggunakan lensa 13 MP + 2 MP. Kamera utama 13 MP berfungsi untuk rendering gambar dan kamera kedua 2 MP untuk menangkap kedalaman bidang. Sehingga kedua kamera itu dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Bagi yang senang selfie, kamera depan ini menyediakan fitur untuk mempercantik wajah dengan level mulai dari 0 sampai 10. Hasil foto dapat terlihat cantik alami berkat perpaduan fitur color rendering index (CRI) dan Smart Selfie.

Pada saat kondisi gelap, Smart Selfie Toning Flash dapat membantu penerangan saat memotret dan menyesuaikan tingkat terang. Fitur ini mensimulasikan gaya “Glamour Lighting” klasik yang biasa diterapkan pada studio-studio grafi profesional. Sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus berkat pencahayaan kelas profesional.
 



Ketika memotret secara selfie, pencahayaan dapat disesuaikan dengan poros hidung. Sehingga didapatkan pemancaran pencahayaan dari sudut 45 derajat ke wajah pengguna yang menciptakan alur rahang dan fitur wajah yang tajam. Pencahyaan tersebut memberi kesan kedalaman dimensi wajah subjek foto.

Smartphone ini juga menghadirkan lighting ink dan lighting screen yang seragam dengan semi transparan. Sehingga memberikan penerangan, iluminasi subjek foto dan kelembutan yang menghasilkan gambar luar biasa.

Demi mendapatkan foto selfie yang sesuai selera, pencahayaan smart selfie bisa memberikan sudut pencahayaan dengan cakupan 120 derajat. Pada pinggiran sudut wide lighting, jatuh pencahayaan yang lebih lembut. Pencahayaan tersebut menyentuh area seperti ujung kepala, bahu, dan dada sehingga foto lebih alami dengan pencahayaan yang lembut.

Tersedia mode kamera yang mencakup Panorama, Video, Time-lapse, Filter, Effects, Watermark dan Audio Note. Pada mode filter, tersedia pilihan Mono, Impact, ND, Valencia, Blue, Halo, Nostalgia dan Dawn. Sementara itu mode Effects memungkinkan untuk menambahkan stiker lucu secara otomatis pada wajah.

Efek bokeh bisa diperoleh saat menggunakan modePortrait. Pada mode Portrait ini pengguna juga bisa menggunakan fungsi mempercantik wajah atau Beauty. Jadi Anda bisa memilih untuk memakai efek bokeh dan Beauty secara sekaligus atau hanya Beauty saja.

Pada kamera depan yang didukung Huawei Beauty 4.0  terdapat tiga filter beautification. Foto pun tampak lebih sehat dan alami berkat algoritma cerdas yang mendeteksi warna kulit dan gender.

Tersedia juga beberapa alternatif untuk mengaktifkan pemotretan saat berpose, yaitu dengan melambaikan tangan, tersenyum, pewaktuan, lambaian tangan atau sidik jari.

Tanpa Mode Portrait

Mode Portrait dan Bokeh

Kamera Ganda Belakang 

Konfigurasi kamera ganda di bagian belakang adalah 16 MP + 2 MP. Kamera 16 MP berfungsi untuk rendering gambar dan kamera 2 MP untuk mendeteksi kedalaman bidang. Sehingga perpaduan kedua kamera akan menghasilkan efek bokeh yang terlihat tajam dan alami seperti menggunakan kamera profesional.

Tersedia banyak pilihan efek bokeh untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Pengaturan tingkat bokeh secara manual dapat menghasilkan efek bokeh dengan bukaan lensa yang besar. Kamera juga bisa digunakan untuk menghasilkan video mikro berdurasi dua detik menggunakan live-picture yang mengubah foto statis menjadi gambar bergerak.

Mode kamera hampir sama dengan yang terdapat pada kamera depan, dengan tambahan mode Pro photo, Pro Video, HDR, Night shot, Light painting, Slow-mo dan Document scan. Foto yang dihasilkan dapat diperbaiki kembali dengan fokus pada aspek-aspek tertentu gambar.

Mode Portrait dengan Efek Bokeh

Tanpa efek bokeh
Kinerja Smartphone

Chipset yang digunakan adalah Huawei Kirin 659 yang memiliki prosesor delapan inti dengan kecepatan clock 2,36 GHz. Efisiensi daya chipset yang diproduksi dengan proses 15 nm ini luar biasa.

Pada pemakaian smartphone secara normal, baterai dengan kapasitas 3340 mAh mampu menghidupkan smartphone selama dua hari. Tampilan pada layar smartphone tampak cemerlang berkat resolusi FHD+ 2160 x 1080 piksel dan densitas 407 ppi.

Kinerja prosesor didukung oleh RAM 4 GB dan media penyimpanan internal 64 GB. Bila kapasitas penyimpanan masih kurang, bisa ditambah dengan menyisipkan memori eksternal pada slot hybrid yang merangkap sebagai slot SIM 2.

Smartphone ini memang menyediakan tatakan dengan dua slot kartu SIM nano. Kedua slot tersebut mendukung jaringan 4G, tetapi kartu yang dipakai sebagai koneksi data saja yang bisa menggunakan jaringan 4G. Semua operator penyedia layanan 4G dapat digunakan pada smartphone ini. Namun khusus untuk Smartfren, dibutuhkan aplikasi tambahan agar dapat aktif, yaitu Smart VoLTE.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 7.0 Nougat yang dikemas dengan antarmuka EMUI 5.1. Smartphone ini menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang mampu memahami dan memprediksi perilaku pengguna. Dengan demikian dapat menyesuaikan sumber daya perangkat keras dan pernagkat lunak dengan perilaku. Aplikasi aktif yang sering digunakan akan diprioritaskan oleh teknologi ini sehingga memperoleh pengalaman pengguna yang lebih lancar dan cepat.

Audio smartphone ini menggunakan Audio Histen yang memakai enam algoritma untuk memastikan suara musik dan video terbaik yang luar biasa. Sehingga mendukung pengalaman audio dalam bermain game atau menonton video. Perangkat ini juga didukung Bluetooth aptX dengan peningkatan kualitas audio dan sinkronisasi terbaik pada pengalaman bermain game atau memutar video.

Benchmark







Berikut ini adalah hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu dan Geekbench 4. Dari hasil benchmark menggunakan Geekbench terlihat kualitas kerja prosesor Huawei nova 2i secara multicore masih di atas OnePlus 2 dan Huawei Nexus 6P. Namun kinerja tersebut masih sedikit di bawah Samsung Galaxy Note 4. Sementara pada kerja secara single core kemampuan prosesor ini sedikit di bawah LG Nexus 5.

Sayangnya fitur NFC absen pada smartphone ini, sehingga tak bisa memanfaatkan aplikasi yang menggunakan NFC, misalnya membaca saldo kartu e-money.

Kesimpulan

Desain smartphone ini terlihat elegan degnan sudut lengkung dan layar FullView yang penuh. Sehingga memberi pengalaman bermain game atau menonton film yang memuaskan dengan layar yang lapang.

Bagi yang senang fotografi tentu akan puas bereksperimen dengan keempat kamera yang dibekali pada smartphone. Baik itu memaksimalkan mode profesional maupun sekedar bereksperimen dengan foto selfie. Fitur Perfect Selfie tentunya menjadi keajaiban untuk mempercantik diri secara otomatis setiap kali berfoto. Mode Portrait pada kamera memungkinkan untuk memakai fungsi Beauty dan efek bokeh secara bersamaan.

Teknologi pembelajaran mesin pada smartphone ini akan mengoptimalkan kecerdasan Android dalam mempelajari dan memprediksi perilaku pengguna. Daya tahan baterai smartphone ini mampu bertahan lama berkat kemampuan efisiensi daya yang mumpuni dari chipset Kirin 659.

Spesifikasi Huawei nova 2i

Ukuran156,2 x 75,2 x 7,5 mm
Berat164 gram
WarnaGraphite Black, Prestige Gold, Aurora Blue
BahanChassis dan frame: metal
Tatakan kartu SIM: plastik
Layar5,5 inci, IPS, FHD+ 2160 x 1080 piksel, 1,6 juta warna, densitas 407 ppi
ChipsetCPU Huawei Kirin 659, Octa-core 4” Cortex A53 2,36 GHz + 4” Cortex A53 1,7 GHz
Emotion UIEMUI 5.1
Sistem OperasiAndroid 7.0 Nougat
MemoriRAM 4 GB, media penyimpanan internal 64 GB, micro SD sampai 256 GB
Antarmuka Kartu SIMSIM 1: SIM Card nano
SIM 2: SIM Card nano atau micro SD
JaringanTD LTE/LTE FDD/TD SCDMA/WCDMA/CDMA/GSM
Konektivitas WiFi 802.11 b/g/n 2,4 GHz, Bluetooth BT 4.2, support aptX
SensorSidik jari, kompas digital, sensor ambient light, sensor proximity light
Sistem GPSGPS, AGPS, Glonass, BDS
AudioTeknologi dual MIC noise reduction, Huawei Histen Audio Algorithm
KameraDepan: 13 MP + 2MP, f/2.0
Belakang: 16 MP + 2 MP, f/2.2
Mode shootingSupport Night shot, HDR, Panorama, Light painting, Audio note, Time-lapse, Slow-mo, Filter, Watermark, Document scan dan lain-lain
Kendali PerangkatSensor sidik jari, tombol daya, tombol volume, tombol virtual
Antarmuka eksternalJack headset 3,5 mm, headset line sequence: LRGM, antarmuka data: USB
BateraiKapabilitas: 3240 mAh (nilai minimum), 3340 mAH (nilai umum)
Waktu pengisian daya (kurang dari 150 menit), waktu bicara sampai 20 jam, waktu standby sampai 550 jam
Catatan: waktu standby dan waktu bicara tergantung pengoperasian pengguna dan kondisi jaringan
Isi PaketCharger 5V/2A, Kabel USB, Headphone, Panduan Quick Start, Kartu Garansi, Pin untuk mengeluarkan tatakan SIM Card, casing pelindung, film TP Protective
HargaRp 3.999.000
Share:

Artikel Terkini