Google Berhenti Intai Penggunaan iPhone



Teknogav.com - Aplikasi Google dan Facebook terpergok telah melanggar kebijakan distribusi privasi Apple yang ternyata memantau penggunaan iPhone pengguna.

Maka Google pun mematikan aplikasi iOS yang memantau penggunaan iPhone pengguna tersebut.

Aplikasi ini adalah Screenwise Meter yang tersedia untuk iOS dan Android. Pengguna yang ikut serta program Opinion Reward bisa mendapatkan hadiah dengan ditukar pelacakan data penggunaan internet mereka.

Pada versi iOS, aplikasi ini mengandalkan program Apple yang memberikan hak khusus untuk digunakan hanya oleh pegawai perusahaan.

Aplikasi ini telah dinonaktifkan di iOS, tetapi masih tersedia di Google Play Store.

Juru bicara Google mengatakan bahwa aplikasi iOS Screenwise Meter mestinya tidak bekera di bawah program perusahaan pengembang Apple. Mereka mengakui bahwa itu adalah kesalahan dan meminta maaf.

Google pun telah mematikan aplikasi tersebut di perangkat iOS. Penggunaan aplikasi ini sepenuhnya sukarela dan dari awal Google telah terbuka kepada penggunanya bahwa mereka menggunakan data pengguna.

Pengguna juga bisa keluar dari program tersebut kapan saja. Google tak memiliki akses ke data yang dienkripsi pada aplikasi dan pada perangkat.

Sementara itu Facebook telah menerima hukuman atas pelanggaran kebijakan Apple dengan aplikasi Research mereka.

Mulai hari ini seluruh aplikasi internal Facebook di Apple dimatikan, entah apakah Google akan menghadapi nasib yang sama.

Share:

Topik Populer