Review Acer Aspire 3 A315-41G: Main Game Lebih Lancar


Teknogav.com – Kendati Acer Aspire 3 A315-41G bukanlah laptop gaming, tetapi spesifikasinya sangat memadai untuk bermain game. Apalagi dibekali prosesor grafis AMD Radeon Vega 10 Gfx yang membuat tampilan grafis memukau, animasi game pun berjalan lancar.


Unboxing

Di dalam paket Acer Aspire 3 ini terdapat unit laptop beserta kabel adapter dan adapter daya. Selain itu tersedia juga buku panduan, garansi, dan panduan cepat untuk memudahkan memakai laptop.


Desain

Warna hitam dengan tekstur kayu membuat Acer Aspire 3 terlihat klasik, di bagian cover atau belakang layar terdapat logo Acer berwarna metalik.



Bodi notebook terasa kokoh, sayang bobotnya tak tergolong ringan, yaitu 2,3kg. Kerennya layar laptop ini bisa dibuka hingga lebih dari 180 derajat, jadi cukup fleksibel.


Keyboard Acer Aspire 3 ini memiliki desain chiclet yang dengan posisi renggang antar tombol enak untuk mengetik. Namun beberapa tombol dengan fungsi tertentu posisinya agak berbeda dengan susunan tombol keyboard pada umumnya.


Tombol daya pun menyatu dengan tombol keyboard, posisinya di pojok kanan atas susunan keyboard. Sementara itu tombol panah ke atas dan ke bawah memiliki ukuran setengah dari tombol lain, agak kurang ergonomis.

Beralih ke bawah keyboard, terdapat touchpad yang cukup lapang. Touchpad ini tidak dilengkapi dengan dua tombol fisik, sehingga untuk mengklik dilakukan dengan menekan bagian bawah touchpad.

Pengoperasian memakai touchpad agak kurang nyaman, sebaiknya memakai mouse saja, apalagi saat bermain game.

Kinerja

Laptop Acer ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 Pro 2700U yang memiliki empat inti dengan kecepatan pacu 2,2 GHz. Kinerja prosesor tiga kali lebih tinggi dari prosesor sebelumnya. Sementara untuk grafis, kecepatan GPU meningkat sampai 2,3 kali.

Arsitektur Zen Core pada prosesor ini dirancang dengan Teknologi AMD SenseMI yang menyajikan prosesor sangat pintar. Teknologi tersebut menggunakan kecerdasan mesin sejati untuk meningkatkan kinerja. Game pun berjalan lancar tanpa tersendat berkat Teknologi Radeon FreeSync.

Maka tak heran, kendati bukan laptop game, tetapi perangkat ini nyaman untuk ber
main game berkat tampilan grafis yang memukau dan lancar tanpa lag.

Memori yang disematkan untuk mendukung kinerja prosesor memang cukup lapang, yaitu 8GB.

Selain itu media penyimpanan utama pun sudah memakai SSD berkapasitas 128GB merk Kingston.

Seperti telah diketahui bahwa SSD memungkinkan akses ke perangkat lunak lebih cepat yang diinstal pada media penyimpanan tersebut lebih cepat.

Sistem operasi Windows original pun sudah terpasang pada SSD ini dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk memuatnya. Tersedia juga media penyimpanan berupa harddisk Toshiba berkapasitas 1TB.

Ketika digunakan cukup aktif, daya baterai Aspire 3 ini ternyata hanya mampu bertahan selama 2 jam saja. Padahal ketika stand by diklaim bisa bertahan sampai 6 jam.

Grafis

Seperti telah disinggung sebelumnya, GPU notebook ini menggunakan Radeon Vega 10. Kecepatan grafis GPU tersebut adalah 1,3GHz.

Layaknya notebook dengan dukungan GPU Radeon lainnya, tersedia aplikasi AMD Radeon Settings untuk menyesuaikan profil grafis.





Ukuran layar 15,6 inci, membuatnya cukup lega saat bermain game. Layar LCD notebook didukung juga dengan teknologi backlight LED dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Ketika digunakan bermain game Assassin Creed, tampilan grafis tampak begitu jelas, bahkan saat suasana gelap dalam game. Berikut ini adalah rekaman tampilan video dari game tersebut saat dimainkan.

 


Konektivitas

Fitur WiFi pada laptop lumayan mudah disambung, tetapi sayangnya saat menggunakan Bluetooth untuk transfer data, beberapa kali koneksi gagal.

Benchmark

Ketika Acer Aspire 3 ini diuji dengan Passmark, tampak skor yang diperoleh lebih tinggi dari HP Notebook 14-cm0008au yang menggunakan Ryzen 3 2200U.



Skor keseluruhan uji Aspire 3 ini mencapai angka 2.463,5, sedangkan HP dengan Ryzen 3 hanya 1.697,8.

Demikian juga dengan skor CPU Mark yang cukup tinggi 6.216,1 sedangkan HP dengan Ryzen 3 hanya 4.105,1. Tetapi dari segi tampilan grafis 2D ternyata justru skornya lebih kecil di bawah 500.


Jika melihat daftar kinerja CPU yang disusun PassMark, tampak bahwa kinerja AMD Ryzen 7 2700U ini masih di atas Intel Core i7-2670QM dan Intel Core i7-2630QM.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Intel Core i7-3630QM dan Intel Core i7-4700MQ, kinerja CPU Ryzen 7 masih di bawahnya.

Ketika diuji menggunakan aplikasi GeekBench, skor OpenCL adalah 34204, angka ini menunjukkan kinerja GPU saat melakukan tugas-tugas komputasi umum seperti pemrosesan gambar.



Sementara skor kinerja inti prosesor secara single core adalah 1648 dan secara multi core adalah 5276. Anehnya angka ini justru lebih rendah jika dibandingkan dengan kinerja AMD Ryzen 3 pada HP Notebook 14 cm0008au.




Beralih ke pengujian menggunakan CineBench tampak skor OpenGL sebesar 27,96 fps, sementara skor kinerja CPU adalah 303 cb.


Walau terlihat masih di bawah, tetapi peringkat tersebut menunjukkan bahwa kemampuan Radeon Vega 10 ini berusaha mengejar kemampuan NVidia GT650M yang biasanya dipakai di PC Desktop.



Sementara itu jika dibandingkan dari segi kinerja CPU, AMD Ryzen 7 2700U masih di atas Intel Core i5-3317U. Kendati demikian masih di bawah Intel Core i7-3840QM, Intel Core i7-3720QM dan Intel Core i7-3770.

Dukungan RAM sebesar 8GB sangat berpengaruh pada kemampuan laptop melakukan multitasking. Terbukti saat membuka dan bekerja dengan beberapa aplikasi sekaligus, Aspire 3 ini tetap lancar digunakan.


Jika dilihat dengan aplikasi CPU-Z, maka kecepatan clock inti prosesor adalah 1,6GHz, sedangkan kecepatan clock GPU sebesar 400MHz. Hasil uji lainnya dapat dilihat berikut ini.



Kinerja SSD tergolong cepat saat diuji memakai Crystal Disk Mark 6. Dari hasil uji terlihat bahwa kinerja baca laptop ini berada di kisaran 473,7 MB/detik. Sementara kemampuan menulisnya memiliki kecepatan 286,6 MB/detik.


Ketika digunakan untuk transfer data memakai USB 3.0 dari media eksternal ke laptop dan sebaliknya pun terasa cepat.

Demi membandingkan kecepatan baca tulis di SSD dan Harddisk, maka dilakukan juga pengujian dengan Crystal Disk Mark 6 pada harddisk.



Tampak bahwa hasil uji SSD sebelumnya menunjukkan angka hampir empat kali lipat dari kecepatan baca pada harddisk. Sementara kecepatan menulis lebih dari dua kali kecepatan menulis pada harddisk.

Uji benchmark lain dilakukan menggunakan Unigine Heaven Benchmark 4.0, tampak skor yang diperoleh untuk kemampuan GPU cukup memuaskan.



Port Input/Output


sisi kanan
Tidak ada port yang tersedia pada sisi depan laptop, sementara pada sisi kanan berurut dari depan ke belakang terdiri dari:

  • Port headphone/mikrofon
  • Port USB 2.0
  • Port USB 2.0
  • Port daya
sisi kiri

Pada sisi kiri, dari depan ke belakang terdapat
•    Slot SD Card reader
•    Port USB 3.0
•    Port HDMI
•    Port RJ 45
•    Slot Kensington Security

Harga yang dibandrol pada Acer Aspire 3 ini adalah sekitar Rp 10 jutaan.

Kelebihan

Notebook ini memiliki tampilan grafis yang mulus dan memukau berkat GPU AMD Radeon Vega 10, sehingga nyaman digunakan untuk bermain game.

Prosesor AMD Ryzen 7 2700U pun memiliki kinerja yang tinggi, dengan dukungan RAM 8GB kegiatan multitasking pun tetap lancar.

Desain layar cukup keren dengan kemampuan untuk dibuka melebihi 180 derajat.

Kekurangan

Untuk ukuran notebook yang cukup berat, Acer Aspire 3 ini tidak dilengkapi dengan drive DVD. Desain layar pun masih menggunakan bezel yang cukup tebal.

Keyboard memiliki susunan tombol yang kurang ergonomis karena posisinya yang tidak terlalu standar. Sementara itu touchpad juga kurang nyaman tanpa adanya dua tombol fisik, sehingga terkadang salah tekan antara fungsi klik kanan dan klik kiri.

Spesifikasi



Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language
Prosesor
AMD Ryzen™ 7 2700U (frekuensi dasar 2.2 GHz, 4 cores)


Memori
SDRAM DDR4 8GB

Memori Internal
SSD 128GB
Harddisk (kedua)
Harddisk SATA 1 TB
Layanan awan
OneDrive

Layar
15,6" HD, LCD , LED (1366 x 768)
Prosesor Grafis
AMD Radeon Vega Mobile Gfx

Port
2 USB 2.0; 1 USB 3.0; 1 HDMI 1.4b; 1 RJ-45; 1 headphone/mikrofon combo
Slot ekspansi
1 multi-format SD media card

Audio
Stereo, Dual Speaker
Pointing device
Touchpad
Keyboard
Desain chiclet
Nirkabel
Wi-Fi® 802.11a/c dan Gigabit Ethernet

Catu Daya
Adapter  AC 45 W
Jenis Baterai
Li-Polymer 2-cell, 4810 mAh
Dimensi
38.1 x 26.4 x 2.5 cm
Bobot
2,3 kg

Warna
Hitam

Pengelolaan Keamanan
Slot Kensington Mini Security

Share:

Topik Populer