Dell Hadirkan Layar Ultra Lebar 49 Inci yang Luar Biasa!



Teknogav.com - Ada begitu banyak monitor ultra lebar, tetapi Dell UltraSharp U4919DW merupakan monitor ultra lebar 49 inci pertama yang memakai resolusi QHD. Resolusi monitor ini pun begitu besar, yaitu 5120 x 1440 piksel. Harga yang dibandrol pada monitor ini adalah US$1.699 atau sekitar Rp28 juta. Tetapi jika sedang obral harga layar ini bisa turun ke US1.349 atau setara Rp18,8 juta.



Tampilan monitor ini dapat dibelah menjadi dua bagian dengan ukuran 27 inci yang masing-masing rasionya 16:9. Ukuran dan resolusi yang begitu besar dengan piksel vertikal cukup membuat tampilan di layar proporsional walau rasionya tak umum, yaitu 32:9.

Layar ini tentunya memang bukan ditujukan untuk gamer atau pencipta konten kreatif. Fiturnya tak mencakup HDR, refresh rate terbatas pada 60Hz, tak memiliki teknologi frame sync dan tidak menyajikan sertifikasi lain selain 99% sRGB. Sehingga bagi yang mencari kinerja multimedia lebih baik, sebaiknya memilih Samsung ukuran 49 inci yang akan datang, yang dilengkapi HDR, FreeSync 2 dan refresh rate 120Hz.

Tampilan yang lapang pada monitor Dell ini bisa dibagi dua menjadi monitor 27 inci QHD yang tak memiliki bezel. Monitor besutan Dell ini lebih cocok untuk pengguna bisnis dan finansial yang ingin menampilkan kerjaan seperti dokumen Excel di layar yang begitu lebar. Cocoknya layar ini digunakan dengan empat jendela besar yang saling berdampingan, masing-masing menampilkan bagian alur kerja yang berbeda.

Hal yang agak unik dari monitor ini justru bukan di layar, tetapi tombolnya. Hanya ada enam tombol, termasuk tombol daya. Masing-masing tombol ditujukan pada fungsi khusus dan dilabeli pada layar. Ketika mulai menggunakan layar, Anda bisa mengubah apa pun, mulai dari warna, saturasi, hue, dan bahkan mematikan tombol daya ketika layar menyala.

Nuansa layar ini berwarna hitam dan abu-abu gelap suram layaknya monitor UltraSharp. Di pinggirannya terdapat bezel hitam yang tipis. Pada samping kiri layar terdapat dua port USB 3.0 yang bisa dihubungkan dengan mouse dan keyboard untuk menggunakan fitur KVM. 

Dengan menghubungkan monitor ini ke suatu perangkat, lalu mengatur hotkey sendiri, maka Anda bisa beralih antara dua komputer yang terhubung tanpa harus menyambung ulang apa pun. Anda bahkan bisa menampilkan dua komputer bersamaan ke monitor, berkat ukurannya yang begitu besar. Ini merupakan cara yang berguna untuk menggunakan beberapa mesin tanpa ribet, sehingga menjadi pengalaman multitasking terbaik.

Kendati tak ditujukan untuk bermain game, tetapi refresh rate 60Hz cukup lumayan untuk digunakan bermain beberapa game komputer. Bahkan beberapa game bisa memanfaatkan rasio layar 32:9. Ukuran sangat besar dari layar lengkung ini juga membantu memberikan pengalaman mendalam, bahkan pada game FPS yang tampilannya tidak sedrastis Rainbow Six: Siege atau Call of Duty: Black Ops IIII.

Aplikasi Dell Display Manager memungkinkan Anda untuk secara otomatis membuat 38 template yang ditentukan sebelumnya atau membuat sendiri. Ini merupakan cara baik untuk menata alur kerja, sehingga bisa menghindari bermain puzzle dengan window dan bukannya bekerja.

Fitur Auto Restore dapat melacak dan mengingat posisi windows, bahkan jika Anda terputus atau terhubung ulang ke monitor. Berbagai macam produktivitas dapat ditingkatkan dengan monitor ultra lebar ini. Seluruh fitur yang dibutuhkan pada monitor kerja tersedia pada monitor Dell 49 inci ini, yaitu port, piksel, layar dan kustomisasi gambar. Apalagi jika digunakan dengan aplikasi pengatur window milik Dell, maka monitor ini pas untuk pengguna yang produktif dan bekerja multitasking.
Share:

Topik Populer