Focal Masuki Pasar DAC High-End dengan Arche

 

Teknogav.com – Setelah bekecimpung tiga tahun dalam bisnis headphone, Focal meluncurkan amplifier DAC/headphone mereka sendiri, yaitu Arche. Brand audio asal Prancis membandrol Arche dengan harga USD2500 atau sekitar Rp35 juta.

Tentu ini merupakan kabar yang begitu menarik. Sebelumnya Focal juga baru saja memperluas pasar headphone high-end mereka dengan Stellia.

Harga yang dibandrol untuk Arche ini merupakan harga yang standar untuk amplifier headphone high-end. Mudah-mudahan kualitasnya memang sebaik DAC high-end lain yang memiliki benchmark standar sangat tinggi. Tentu ini akan menjadi pesaing berat bagi Chord Hugo 2 di kisaran harga yang agak lebih tinggi.

Dalam menggarap Arche, Focal tak sendirian. Amplifier DAC ini dirancang dan diproduksi untuk Focal oleh brand elektronik Prancis, Micromega.

Amplifier DAC/headphone ini memiliki konverter digital ke analog balanced AK 4490 dan amplifikasi Class A murni. Setiap channel dipicu oleh catu dayanya sendiri.

Terdapat dua mode amplifier yang bisa dipilih, yaitu Voltage dan Hybrid. Mode Voltage menyediakan impedansi output 0,1 ohm, sementara mode Hybrid memiliki impedansi keluaran lebih tinggi.




Amplifier Arche ini memiliki konstruksi dual mono untuk memisahkan pemrosesan sinyal dari amplifikasi dan dengan demikian juga membatasi crosstalk. DAC tersebut mendukung sinyal PCM sampai 384kHz dan juga DSD256.

Selain itu juga ada preset untuk setiap pasang headphone Focal, tentu ini merupakan kabar baik bagi pemilik headphone Focal. Pengkinian firmware pun dijanjikan untuk setiap peluncuran headphone Focal yang akan datang.

DAC mengumpankan tiga input digital, yaitu USB, optik dan koaksial. Di panel bagian belakang juga terdapat koneksi RCA.

Arche juga bisa digunakan tunggal sebagai DAC dengan amplifier daya eksternal berkat keluaran XLR balanced dan dua output RCA.

Pada bagian depan panel Arche ini terdapat soket XLR balanced 4-point dan 6,35mm unbalanced. Dengan demikian memungkinkan untuk dipasang dua pasang headphone secara bersamaan.

Tingkat keluaran juga bisa dioptimalkan berkaitan dengan impedansi dari headphone yang terhubung.

Bagi yang ingin segera memiliki amplifier Focal Arche ini, tunggu bulan depan ya.. dan siapkan kocek sekitar Rp35 juta.

Share:

Topik Populer