Twitter Masih Simpan Data yang Sudah Dihapus Selama Bertahun-tahun Twitter Masih Simpan Data yang Sudah Dihapus Selama Bertahun-tahun ~ Teknogav.com

Twitter Masih Simpan Data yang Sudah Dihapus Selama Bertahun-tahun

 
Teknogav.com – Selama ini kita memang bisa menghapus pesan di Direct Messages (DM) Twitter pada sisi percakapan kita. Tetapi ternyata teman percakapan kita tersebut masih menyimpan pesan tersebut, kecuali jika mereka memilih untuk menghapusnya.

Lalu apakah jika kita dan teman kita sudah menghapus pesan tersebut, lantas pesan akan benar-benar hilang dari aplikasi? Jawabannya tidak! Twitter ternyata masih menyimpan pesan-pesan yang sudah dihapus, mereka sama sekali tak menghapusnya. Hal ini diungkap oleh peneliti keamanan Karan Saini melalui TechCrunch.

Kendati Twitter telah memperlihatkan bahwa pesan sudah dihapus, namun aplikasi tersebut masih menyimpan pesan dalam fitur DM selama bertahun-tahun. Pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya dengan mengunduh data yang sudah diarsipkan di akun mereka dari Twitter.


Saini mengkonfirmasi bahwa bahkan pesan yang dikirim dan diterima dari akun yang sudah dihapus atau kena suspen pun masih ada.

Tentu ini merupakan bug yang paling memprihatikan. Data mestinya hanya tersedia untuk pengguna yang mengirim atau menerima pesan tersebut. Tetapi pada kenyataannya Twitter tidak menghapus pesan tersebut walau mereka mengatakan telah menghapus. Tentu ini bukan hal yang bagus untuk perusahaan tersebut.

Twitter setidaknya menyadari masalah tersebut. Dikutip dari TechCrunch, perusahaan tersebut mengatakan bahwa sedang menyelidiki masalah ini demi menjamin telah mempertimbangkan cakupan keseluruhan dari masalah tersebut. Kendati demikian pernyataan tersebut tak menjamin akan mengubah apa pun.

Tampaknya peristiwa ini menjadi pengingat bahwa di internet tak ada yang benar-benar hilang, bahkan jika suatu perusahaan mengatakan telah menghapusnya.
Share:

Artikel Terkini