Gelar "Scanspeak Meet Up", Nexindo Pamerkan Produk-Produk Hi-End Car Audio

Peserta Berfoto Bersama  (sumber : Basuki Rakhmat)

Teknogav.com, Jakarta - Nexindo Audio Nugraha menyelenggarakan acara "Scanspeak Meet Up" yang digelar di Panda Cafe Sport Club - Kelapa Gading, Jakarta. Turut hadir pada acara tersebut adalah media, seller, installer, dan end user.

Nexindo merupakan salah satu divisi PT. Intersis Sejahtera Abadi (Intersis Group). Perusahaan ini adalah distributor pemegang merek hi-end kelas internasional dari produk-produk amplifier, speaker, subwoofer, kabel, peredam, aki dan asesoris. Merek-merek tersebut antara lain Scanspeak, Zapco, PCA, Stinger, Ramm Audio, Noisekill, dan Dynaudio.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Erik Lim, CEO Intersis Group, dilanjutkan kata sambutan dari Frank Hasselriis, Head Marketing Scanspeak.

Erik memaparkan bahwa bisnis audionya dilakukan sejak tahun 1990an, dan fokus pada car audio hi-end. Inti bisnisnya mencakup berbagai merek papan atas produk amplifier , speaker, kabel dan asesoris dari Amerika Serikat dan Eropa.

Erik Lim, CEO Intersis Group
Erik Lim, CEO Intersis Group (sumber : Basuki Rakhmat)
“Pada ajang Scanspeak Meet Up kali ini, kami mengundang reseller, installer dan Scaner (pengguna scanspeak). Tujuannya agar Scaner dapat bertemu dan berinteraksi langsung dengan perwakilan Scanspeak, Frank Hasselriis selaku Head Marketing Scanspeak.” Ucap Erik

Scanspeak memiki visi menjadi pabrikan hi-end berkualitas dan sebagai pilihan utama transduser hi-end canggih. Produk-produk Scanspeak dikerjakan oleh para ahli yang berpengalaman di bidangnya. Pengecekan standar kualitas produk dilakukan satu per satu demi memenuhi komitmen Scanspeak pada kualitas.

Frank Hasselriis, Head Marketing Scanspeak
Frank Hasselriis, Head Marketing Scanspeak (sumber : Basuki Rakhmat)

“Produk kami dijual di seluruh dunia ke Audio High-End, Otomotif Aftermarket, dan DIY serta sebagian kecil ke produsen monitor studio. Kami memasarkan melalui jaringan distributor yang sudah mapan dan langsung ke sejumlah pelanggan OEM  atau ODM merek papan atas yang diakui,” ucap Frank.

Pada usianya yang hampir 50 tahun, Scanspeak terus berinovasi dan melakukan penelitian, sehingga setiap 3-5 tahun selalu ada penemuan teknologi baru.

Kendati demikian, produk dengan teknologi awal Scanspeak tetap diminati pehobi. Salah satunya adalah seri klasik yang mengunakan teknologi tahun 1970an.

Serangkaian produk dari Scanspeak dan Zapco meramaikan acara ini. Selain itu ada juga ulasan singkat Gold series Scanspeak dan pengenalan produk HDSP-V series Zapco.

Beberapa produk Scanspeak yang dipajang antara lain Gold Series, Revelator, Illuminator, dan Ellipticor.
Jajaran produk Scanspeak
Jajaran produk Scanspeak 

Zapco sendiri menampilkan deretan DSPnya yaitu ADSP–Z8 IV–8, DSP _Z8 IV, HDSP-Z16-V-P96, dan HDSP-Z8-V-P192. Ditampilkan juga amplifier ST-4XP, ST-45Q, Z-150.2, Z-150.4SP,  dan Z-150.6AP.
Jajaran Produk Zapco
Jajaran Produk Zapco 
Tak kalah menariknya adalah demo 8 unit car audio yang menggunakan produk-produk dari Nexindo. Salah satu demo car audio sudah mengunakan DSP Zapco terbaru yaitu HDSP-Z16-V-P96.

demo car audio
Demo Car Audio

Ulasan Singkat Scanspeak Gold Series

Pendiri RAI Assawendo Swissrianto (Wendo) mendapat kesempatan untuk mengulas produk Scanspeak Gold series.  Hal-hal menarik ditemukannya setelah ngoprek selama satu bulan.

Scanspeak Gold Series
Scanspeak Gold Series
Driver-driver dibuat dari bahan-bahan pilihan dan terbaik sehingga mempunyai banyak kelebihan. Kepekaannya tinggi, sehingga hanya diperlukan Crossover (XO) yang sederhana dan amplifer dengan daya kecil. Sementara distorsi tergolong sangat rendah.

"Driver subwoofernya juga memiliki banyak kelebihan, antara lain konus yang rigid, rubber surround yang lentur, jangkauan frekuensi bisa sangat rendah berkisar 14,93 Hz. Bassnya asyik banget deh," ucap Wendo.

Assawendo Swissrianto , Pendiri RAI
Assawendo Swissrianto , Pendiri RAI (sumber : Basuki Rakhmat)

DSP Hi End HDSP V Series

HDSP- V adalah hardware terbaik yang pernah dibuat Zapco. Perangkat keras tersebut terdiri dari 18 bagian individual yang digabungkan dalam versi modular, sehingga mudah diadaptasi atau diperbarui sesuai kebutuhan.
HDSP- V
HDSP- V (sumber : Zapcot)

HDSP V series ini merupakan DSP yang sudah terintegrasi dengan pemutar file, sehingga meminimalkan  masalah koneksi dibandingkan jika menggunakan pemutar eksternal. Pemutar ini mampu mendukung file hi-res.

Proses mendesain dan memproduksi HDSP V series ini membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Perangkat ini diyakini akan menjadi ikon Zapco, karena mempunya banyak kelebihan teknis.

Kebisingan latar belakang (SNR) yang sangat kecil, yaitu -140dB menjamin suara-suara mikro detail terdengar jelas.

Angka crosstalk luar biasa kecil untuk perangkat multi kanal, 8-16 kanal, yaitu sebesar -115dB. Distorsi input analog dan digital lebih rendah dari 0,001% pada output 4 volt dan lebih rendah dari 0,00175% pada output 1 volt.

Kerennya lagi, perangkat ini masih sanggup bekerja normal dengan tegangan sumber 6V saja. Ini untuk mengantisipasi tegangan dari mobil yang naik turun saat pengapian start dan stop.

Prosesor utama terdiri dari dua inti dengan kecepatan masing-masing 456 MHz. Solusi 8 saluran memiliki laju sampling 192 dan yang 16 saluran  96 KHz. Sementara itu konverternya adalah perangkat 32 bit 784 kHz baru dari AKM.

Perangkat ini dilengkapi dengan pengendali jarak jauh dengan layar sentuh berukuran 3 inci, yang sangat memudahkan pemakaian.

Harga yang dibandrol pada HDSP-Z16 V P96 berada di kisaran Rp35 juta. Bagi yang berminat bisa menghubungi Nexindo langsung.
Share:

Topik Populer