Lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S, Fleksibel untuk Pemotretan Ultra Lebar Lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S, Fleksibel untuk Pemotretan Ultra Lebar ~ Teknogav.com

Lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S, Fleksibel untuk Pemotretan Ultra Lebar

Lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S

Teknogav.com – Pada jajaran Nikon Z series, Nikon meluncurkan lensa ultra wide-angle zoom, yaitu NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S. Kinerja optik lensa ini sangat unggul, selain itu juga begitu portabel dan fleksibel, serta memiliki fitur operabilitas.

Lensa ini masuk dalam golongan S-Line dengan dukungan teknologi Z-mount yang canggih. Ketika flens pendek, teknologi tersebut dapat mengoptimalkan lebar fokus.

Desain lensa yang ringkas membuatnya praktis dibawa dan dipakai di mana-mana untuk fotografi lanskap dan cityscape.

Jangkauan ultra-wide-angle lensa ini dari 14 mm sampai 30 mm dengan dinamis. Sementara bukaan lensa maksimum konstan di f/4 pada setiap tingkatan.

Berbagai macam foto pemandangan didukung oleh lensa multi guna ini, sehingga tak perlu ribet ganti lensa.

Lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S mendukung perangkat filter lepasan yang langsung pakai walah menggunakan lebar fokus awalan 14 mm. Ini adalah lensa format FX pertama di dunia yang mendukung filter lepasan tersebut.

Filter lepasan memungkinkan untuk memperoleh efek yang berbeda dari berbagai filter seperti filter densitas netral atau filter polarisasi. Pada lensa ultra-wide-angle konvensional, biasanya filter tersebut tidak memungkinkan dipakai.

Lensa bisa memakai filter lepasan berdiameter 82 mm pada lensa depan yang nyaris rata dan berukuran kecil. Pengambilan gambar dalam kondisi sangat dinamis pun dimungkinkan berkat fitur tersebut. Dari segi ketangguhan, lensa ini tahan debu dan percikan cairan.

“Lensa Nikon ultra-wide-angle memiliki desain ringkas untuk melengkapi Z mount, demikian juga dengan desain bodi lensa yang ringan dan ringkas. Kinerja lensa canggih ini luar biasa dan gesit,” ucap Sukimin Thio, General Manager of Imaging Division Nikkon Indonesia.

Bodi lensa memiliki mekanisme yang bisa ditarik masuk (retractable) untuk mendukung mobilitas yang tinggi dengan tetap mempertahankan kinerja fotografi optik. Ukurannya pun mungil dan portabel sehingga memungkinkan pengambilan gambar yang cepat.

Sukimin juga mengungkapkan bahwa lensa NIKKOR Z 14-30 mm tersebut diperuntukkan bagi pengguna dengan kesibukan dan mobilitas tinggi. Pengguna pun bisa mengeksplorasi kreativitas mereka demi menghasilkan foto-foto yang menawan dan dinamis.

Contoh pemotretan dengan lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S
Contoh pemotretan dengan lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S
Keistimewaan dari lensa ini adalah operabilitas yang tinggi dan kemampuan menyematkan tiga fungsi pada cincin kendali. Kemampuan tersebut mendukung pemotretan foto dan perekaman video berkualitas tinggi dengan nyaman.

Fitur-Fitur Istimewa pada NIKKOR Z 14-30mm f/4 S

  • Kesempurnaan foto berkualitas tinggi dan dinamis dalam setiap pengaturan. Empat unsur Extra-Low Dispersion (ED) dari bahan kaca dan empat unsur lensa aspherical melengkapi lensa ini. Demi menyajikan kinerja optik terbaik, tersedia 14 unsur lensa pada Sembilan grup.
  • Mengoptimalkan keunggulan pada kamera-kamera digital berpiksel tinggi seperti Nikon Z 7 yang resolusinya efektif sampai 45,7 MP. Lensa ini cocok bagi fotografer yang menginginkan resolusi foto tinggi yang merata walau tingkat bukaan lensa maksimum. Resolusi tetap terjaga tinggi secara merata pada bagian tengah sampai ke bagian sisi. Hal ini tak dimiliki lensa-lensa konvensional di pasaran.
  • Teknologi coating eksklusif seperti Nano Crystal Coat yang berfungsi menekan ghost effect dan flare telah diadopsi lensa ini. Hasil foto dan video pun jadi tampak memukau, demikian juga dengan inerja perenderan yang luar biasa. Teknologi tersebut juga bisa memotret foto siluet dengan cahaya belakang karena Nano Crystal Coat membuat lensa lebih toleran terhadap cahaya belakang. Pada seluruh tingkatan zoom yang dipakai, lensa juga memungkinkan bukaan lensa maksimum adalah f/4. Kreativitas pun bisa dikembangkan tanpa batas dengan mengendalikan pengaturan eksposur secara leluasa.
  • Panjang titik fokus lensa NIKKOR Z 14-30 mm dapat dipakai membidik ultra-wide- angle 14 mm dengan sudut pandang 114° sampai 30 mm. Cakupan wide-angle bisa diregangkan sebesar 2 mm sampai 16 mm dengan sudut pandang 107° sehingga lebih fleksibel dan versatile untuk fotografi dan videografi lebih luas.
  • Kompatibel dengan filter lepas pasang berformat FX sehingga operabilitasnya tinggi untuk kebutuhan sehari-hari. Distorsi foto dapat dikompensasikan secara efektif pada kamera sehihnga cocok untuk memotret suasana pedesaan yang indah.
Contoh pemotretan dengan lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S
Contoh pemotretan dengan lensa NIKKOR Z 14-30 mm f/4 S
  • Sisi kamera depan nyaris datar sehingga cukup memasang hood atau filter dengan diameter 82 mm untuk melindunginya dari debu. Ditambah dengan fitur tahan debu dan percikan air, serta antifouling yang melindungi lensa dan memudahkan pembersihan.
  • Bentuk lensa ultra-wide-angle ringkas dengan mekanisme yang bisa ditarik masuk atau retractable sehingga lebih portabel.
  • Cicin zoom memudahkan operasional dengan desain struktur tanpa tombol, sehingga proses penyiapan pemotretan lebih cepat tanpa harus repot saat di perjalanan.
  • Pengaturan Focus (M/A), Aperture dan Exposure yang mudah, cukup dengan sedikit gerakan sehingga mengurangi noise saat merekam video.
  • Focus breathing yang rendah sehingga menyempurnakan perekaman video dengan suasana yang hening. Saat mengubah-ubah fokus, sudut bidikan pun mudah dilihat sehingga hasil rekaman video tampak sempurna.
  • Mekanisme diagframa dan stepping motor sangat responsive dan bekerja tanpa suara, sehingga keakuratan lensa tinggi dengan pengendalian auto-fokus yang kilat. Begitu canggih, ditambah lagi dengan semakin stabilnya aperture control (AE).
Informasi lebih lengkap mengenai lensa NIKKOR Z 14-30mm f/4 S dapat dilihat pada situs resmi Nikon.
Share:

Topik Populer