MicroStrategy 2019, Solusi Business Intelligence Bebas Klik MicroStrategy 2019, Solusi Business Intelligence Bebas Klik ~ Teknogav.com

MicroStrategy 2019, Solusi Business Intelligence Bebas Klik


Presiden Direktur Central Data Technology Lugas M Satrio

Teknogav.com - Keberhasilan bisnis di era digital perlu ditunjang teknologi business intelligence (BI) dan analitis. Masalahnya kecepatan dan pemakaian solusi BI masih rumit bagi perusahaan untuk menghasilkan insight.  Demi mengatasi masalah tersebut, MicroStrategy mengembangkan solusi BI yang bebas klik untuk mendapatkan informasi bisnis dengan mudah dan cepat.

Data dari lembaga riset Gartner menunjukkan bahwa ada empat faktor yang menyebabkan 70-80% gagalnya inisiatif BI. Salah satu faktor tersebut adalah pengalaman pengguna atau user experience (UX)  yang lemah.

Faktor tersebut menyulitkan pengguna membaca data atau menampilkannya kembali ketika diperlukan. Nah, MicroStrategy mencoba mengatasinya dengan inovasi Hyper Intelligence yang memiliki kemampuan analitis untuk menampilkan informasi dalam sekejap. Informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk teks (Hyper Card), suara (Hyper Voice) dan gambar (Hyper Vision).

Tampilan layar desktop dan mobile HyperCard
Tampilan layar desktop dan mobile HyperCard
Hyper Card memungkinkan untuk memperoleh informasi dengan mengarahkan kursor ke suatu kata. Kata tersebut bisa berada di dalam website, email dan aplikasi bisnis lain di desktop atau perangkat seperti smartphone dan tablet.

Analitis dan kecerdasan dapat disuntikkan langsung dalam penelusuran web, sehingga tak perlu log in ke aplikasi tertentu untuk mencari laporan atau informasi yang relevan.

Sementara itu pada Hyper Voice, informasi disajikan dalam bentuk suara layaknya asisten pribadi. Dan HyperVision memungkinkan memperoleh informasi dengan teknologi GPS jika berkaitan dengan bangunan atau dengan memindai wajah seseorang.

Solusi yang digarap oleh MicroStrategy ini dihadirkan di Indonesia oleh PT. Central Data Technology (CDT) yang merupakan anak perusahaan dari CTI Group. CDT ini adalah penyedia solusi infrastruktur teknlogi informasi (TI).

Presiden Direktur Central Data Technology Lugas M Satrio
Presiden Direktur Central Data Technology Lugas M Satrio
“Bisnis membutuhkan informasi yang terkait dengan pelanggan, produk, perusahaan kompetitor. Informasi tersebut dibutuhkan setiap saat untuk membantu mengambil keputusan penting,” ucap Lugas M Satrio, Presiden Direktur PT. Central Data Technology.

Dalam kegiatan operasional sehari-hari, informasi yang cepat dan transaksional sangat dibutuhkan pekerja lapangan, seperti bagian sales. Salah satu fungsi dari informasi tersebut adalah untuk mengenal calon pelanggan.

“Solusi MicroStrategy yang berjalan di atas platform gabungan analitis, mobility dan security menawarkan kemudahan dan kecepatan. Keberhasilan BI ditentukan dua hal penting tersebut,” lanjut Lugas M Satrio.

Tak hanya kemudahan dan kecepatan, keakuratan data pun dijamin oleh solusi MicroStrategy tersebut menggunakan metadata layer.

Layer tersebut mampu menampung data berbagai divisi perusahaan dan berperan sebagai “Single Source of Truth”.  Tak adanya perbedaan layer data tersebut menghilangkan risiko ketidakakuratan informasi.

Tidak semata menampilkan data, solusi mobile dari MicroStrategy ini juga mampu menghasilkan data, melakukan transaksi dan berkomunikasi.

Pengguna tak perlu lagi melakukan query data yang rumit dengan keberadaan lebih dari 400 fungsi analitis yang terhubung dengan bahasa pemrograman R dan Phyton. Jadi cukup drag and drop saja atau memakai fungsi filter.

Share:

Artikel Terkini