Platform AI IoT i700 Mediatek Siap Dukung Produk-produk AI IoT Platform AI IoT i700 Mediatek Siap Dukung Produk-produk AI IoT ~ Teknogav.com

Platform AI IoT i700 Mediatek Siap Dukung Produk-produk AI IoT


Teknogav.com – Demi mempercepat perkembangan produk-produk IoT konsumen yang berbsis AI, MediaTek menghadirkan platform AI IoT i700. Platform ini mampu melakukan komputasi edge AI berkecepatan tinggi untuk mengenali gambar dengan cepat. Berbagai sektor bisa menerapkan platform i700 ini, mencakup kota cerdas, bangunan cedas, dan manufaktur cerdas. Platform ini menggabungkan CPU, GPU, ISP dan unit proses AI khusus.

Platform i700 dibekali prosesor AI inti-ganda khusus, AI Accelerator dan AI Face Detection Engine dengan komputasi AI lima kali lebih cepat dibanding i500. CPU yang digunakan platform tersebut terdiri dari delapan inti, terdiri dari dua inti ARM Cortex-A75 dan enam inti ARM Cortex-A55. Masing-masing inti tersebut memiliki kecepatan clock 2,2 GHz dan 2,06 GHz. CPU tersebut bekerja dengan ISP IMG 9XM-HP8 970MHz.

Platform besutan MediaTek ini juga mendukung CorePilot untuk memastikan berbagai sumber daya proses di seluruh inti efisien sehingga hemat daya. Berbagai kerangka kerja industri umum seperti TensorFlow, TF Lite, Caffee dan Caffe2 bisa sepenuhnya dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi baru. Pengembangan aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan kit pengembangan perangkat lunak NeuroPilot dari MediaTek yang kompatibel dengan API Android Neural Network dari Google. 

“Kehadiran jaringan 5G memicu permintaan kinerja edge AI dan IoT yang lebi baik dari perangkat-perangkat cerdas. Teknologi pengenalan wajah merupakan cara yang paling langsung untuk berinteraksi dengan perangkat dan sudah diadopsi luas di berbagai industry. MediaTek i700 terkini merupakan solusi terintegrasi yang mendukung upaya kami dalam ekosistem AI IoT demi masa depan yang sangat terhubung,” ucap Jerry Yu, Senior Corporate Vice President, unit bisnis Intelligent Devices, MediaTek.

Konfigurasi kamera yang didukung i700 adalah kamera tunggal yang resolusinya bisa sampai 32 MP atau kamera ganda dengan resolusi masing-masing 24 MP dan 16 MP. Pengenalan gambar yang akurat pun didukung oleh platform ini dengan latensi nol di video 30 fps yang direkam dengan kamera 32 MP. Platform juga bisa melakukan pengenalan kecepatan tinggi di video gerak lambat 120 fps resolusi tinggi. ISP tiga inti pada platform juga telah ditingkatkan untuk mendukung proses 14-bit RAW dan 10-bit YUV.

Teknologi mesin pendeteksi wajah dengan AI pada platform ini memungkinkan pengenalan wajah dengan cepat. Kemampuan yang luar biasa tersebut menjadi penopang teknologi yang dibutuhkan pada toko otomatis dan pembayaran dengan pengenalan wajah. Penerapan lain bisadilakukan untuk pengendalian akses biometric wajah, sistem absensi pegawai dan sistem deteksi hambatan pada forklift otomatis.  Pendeteksian pose manusia secara 3D juga bisa diterapkan untuk menyediakan layanan pelatihan kebugaran atau mengingatkan saat melakukan gerakan berbahaya.

Konektivitas i700 dapat menggunakan Bluetooth Low Energy 5.0 dan WiFi 802.11ac 2x2. Selain itu juga didukung modem jaringan mobile sampai Cat.12 dengan 4x4 MIMP dan agregasi operator  tri-band untuk memastikan produk pelanggan menghasilkan konektivitas stabil dan berkecepatan tinggi. Perkiraannya MediaTek i700 akan tersedia secara global mulai tahun 2020.
Share:

Artikel Terkini