Inovasi Teknologi AI dan IoT Dukung Ekosistem Smart City Qlue Inovasi Teknologi AI dan IoT Dukung Ekosistem Smart City Qlue ~ Teknogav.com

Inovasi Teknologi AI dan IoT Dukung Ekosistem Smart City Qlue

Teknogav.com – Qlue memperkenalkan berbagai solusi smart city pada ajang “Qlue Talk with Experts”. Ajang diskusi bisnis ini diinisiasi Qlue untuk memperkenalkan berbagai kisah sukses para mitra Qlue dalam menerapkan teknologi smart city. Penerapan tersebut dilakukan dengan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi organisasi. Para mitra Qlue yang mengisi acara tersebut antara lain adalah Smartfren, dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).


Qlue berkomitmen membangun ekosistem smartcity dengan memadukan kecerdasan buatan (artificial Intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT). Inovasi teknologi di bidang AI dan IoT bisa dipakai untuk membantu mengembangkan bisnis melalui pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien. Qlue menyediakan solusi teknologi seperti QlueVision, QlueWork dan QlueDashboard. Berikut ini adalah masing-masing fungsi solusi tersebut:
  • QlueVision adalah produk AI yang diimplementasikan pada sistem CCTV untuk mengenali objek secara otomatis
  • QlueWork adalah aplikasi mobile untuk mengatur dan mengoordinasi pekerja di lapangan
  • QlueDashboard adalah platform integrasi data yang melaporkan secara real-time, mengumpulkan data dan mengidentifikasi masalah di lapangan secara tepat, efektif dan akurat.
Berbagai solusi teknologi Qlue dapat mengurangi biaya operasional sampai 50%, meningkatkan produktivitas perusahaan sampai 300% dan meningkatkan akuntabilitas setiap individu perusahaan.

Rama Raditya, Founder & CEO Qlue
“Kini teknologi sedang mengalami evolusi yang sangat pesat, sehingga mendorong para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi. Inovasi teknologi, khususnya di bidang AI dan IoT telah mengubah cara kerja tradisional dalam mengambil keputusan atau melakukan bisnis. Inovasi teknologi di bidang AI dan IoT telah mengubah cara kerja tradisional dalam mengambil keputusan atau melakukan bisnis. Kami ingin memperkenalkan berbagai inovasi teknologi di bidang AI dan IoT melalui Qlue Talks,” ucap Rama Raditya, Founder & CEO Qlue.

Kolaborasi Smartfren dengan Qlue

Ronald Sipahutar, GM Enterprise Business Smartfren
Sebagai pembicara di Qlue Talk, GM Enterprise Business Smartfren, Ronald Sipahutar, menjelaskan tantangan bisnis saat ini telah berkembang. Pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat, efisien, dan akurat, sehingga dibutuhkan konektivitas dan analisa data yang kuat. Smartfren memadukan proses pengambilan keputusan dengan kemajuan teknologi. Pembangunan solusi smart city dan smart management terlengkap dilakukan Smartfren berkolaborasi dengan Qlue.

“Banyaknya solusi yang ditawarkan saat ini, para pelaku bisnis harus bisa memilih solusi yang tepat dengan spesifikasi sesuai kebutuhan bisnisnya. Smartfren bersama Qlue, berencana berkolaborasi dalam melakukan pengembangan bisnis, untuk memaksimalkan produktivitas dan penghematan biaya,” ucap Ronald Sipahutar.

Kolaborasi Kominfo dengan Qlue

Erwin Kontu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado
Sebagai pembicara kedua, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Erwin Kontu, menyatakan Manado telah memanfaatkan platform Qlue. Kota Manado memiliki posisi yang strategis yand terhubung langsung ke 13 kota di Asia dan 19 kota di Indonesia. Posisi yang strategis ini mendorong Manado bertransformasi menjadi smart city.

Qlue digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan sarana menuju Manado Smart City. Jumlah partisipasi publik telah meningkat setelah menerapkan Qlue selama setahun. Kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui Good and Open Governance pun terbangun. Koordinasi dan komunikasi antara Organisasi Perangkat Daerah terbantu oleh platform yang terintegrasi dalam Cerdas Command Center Kota Manado.

“Kolaborasi Qlue dengan kota Manado telah berhasil membantu Pemkot Manado meningkatkan pelayanan kepada warga. Qlue menerima hampir 2.000 laporan dengan tiga laporan terbanyak antara lain masalah sampah, jalan rusak, dan iklan liar. Akumulasi dari total laporan sebesar 59%. Warga dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan Kota Manado melalui kerja sama Pemerintah Kota Manado dan Qlue,” ucap Erwin.

Rama Raditya berharap Qlue dapat mempercepat perubahan positif di seluruh dunia, dimulai dari Indonesia, dan membantu merealisasikan Indonesia sebagai smart collaborative nation. 

“Solusi smart city dari Qlue dapat membantu instansi pemerintahan dan bisnis untuk berani berubah dan berkembang mengikuti zaman dan tren teknologi,” tutup Rama.
Share:

Artikel Terkini