Huawei Luncurkan Sistem Layanan Travel Cerdas Berbasis 5G di Tiongkok Huawei Luncurkan Sistem Layanan Travel Cerdas Berbasis 5G di Tiongkok ~ Teknogav.com

Huawei Luncurkan Sistem Layanan Travel Cerdas Berbasis 5G di Tiongkok


Teknogav.com – Huawei bekerja sama dengan China Eastern Airlines dan China Unicom Beijing untuk menghadirkan sistem layanan travel cerdas berbasis 5G. Sistem yang berlokasi di Bandara Internasional Daxing, Beijing ini memberikan berbagai layanan berbasis 5G terpersonalisasi bagi penumpang saat di bandara. Layanan tersebut mencakup pemanfaatkan aplikasi cerdas dan layanan bagasi tanpa kertas, serta teknologi pengenalan wajah untuk keamanan dan check-in.

Teknologi mutakhir 5G, AI dan AR pada layanan-layanan di bandara tersebut menjadi standar baru dari smart airport generasi masa depan. Kerjasama antara pihak bandara dan industri telekomunikasi diharapkan dapat memperkuat strategi branding bandara ke tingkat yang lebih tinggi.

Pada Agustus 2019 lalu diselenggarakan Huawei 5G LampSite, yaitu sistem digital dalam ruangan untuk China Unicom Beijing. Sistem ini mendukung jaringan 5G berkualitas di terminal bandara dengan kecepatan sampai 1,2 Gbit/detik. Kecepatan tersebut memadai untuk menghadirkan layanan dan pengalaman 5G terbaik bagi penumpang.

Layanan dengan Teknologi Pengenalan Wajah

China Eastern Airlines Suguhkan Layanan Berbasis 5G dan AR
Penumpang China Eastern Airlines tak perlu lagi menunjukkan kartu identitas atau memindai QRcode penerbangan di bandara Internasoinal Daxing, Beijing. Mereka cukup memindai wajah saat membeli tiket, proses check-in, memasukkan bagasi, pemeriksaan keamanan sampai siap terbang. Teknologi ini juga membantu awak pesawat dalam mengkonfirmasi penumpang dan membantu menempati kursi yang sesuai. Tersedia juga notifikasi jam berangkat dan tiba, serta prediksi waktu untuk menuju boarding gate dari posisi saat itu.

Di area ground pun teknologi pengenalan wajah memudahkan pegawai untuk mengidentifikasi penumpang dan memberikan informasi penerbangan penting agar tidak terlambat. Penumpang juga bisa memperoleh informasi penerbangan, boarding gate, dan cuaca di lokasi tujuan dengan memindai wajah pada terminal layar cerdas. Terminal tersebut tersedia di area-area check-in, ruang-ruang tunggu VIP dan pintu-pintu pengecekan keamanan.

China Easter Airlines menyediakan storage yang aman untuk menyimpan data penumpang dan menghapus data saat penumpang telah naik pesawat. Komitmen ini meyakinkan penumpang dalam menikmati layanan cerdas yang dihadirkan melalui dukungan teknologi-teknologi mutakhir tersebut.

Layanan yang dipersonalisasi bagi pelanggan maskapai China Eastern Airline dapat terselenggara berkat jaringan 5G China Unicom Beijing yang digelar Huawei. Jaringan tersebut mampu menyajikan transmisi data dan volume yang begitu besar. Para penumpang jug bisa memperoleh informasi layanan yang disampaikan otomatis melalui aplikasi maskapai tersebut.

Selain mengingatkan, aplikasi juga menyediakan informasi untuk loading bagasi, estimasi bagasi sampai di tempat klaim bagasi, penjemputan bagi penumpang anak-anak dan estimasi penumpang tiba di gerbang boarding. Nantinya China Eastern Airlines akan menghitung juga waktu tempuh dari lokasi keberangkatan menuju bandara dan memberitahu jika penumpang tiba di area layanan. Harapannya seluruh fitur bisa meminimalisir kesulitan yang dihadapi penumpang ketika berada di bandara dan memberikan pengalaman yang nyaman dan mudah.

Maskapai juga akan melengkapi solusi RFID tagging pada pelacakan bagai berbasis 5G. Kartu RFID bisa dipakai ulang dan memudahkan penumpang melakukan check-in bagasi. Cukup tap kartu pada smartphone yang support NFC, sistem otomatis log nomor penerbangan dan tujuan bagasi dan memperoses aktivasi pengantaran bagasi. Kini tak perlu lagi kertas untuk mengelola bagasi, status bagasi pun bisa dicek dari aplikasi sehingga lebih efisien.

Penerapan jaringan 5G pada layanan travel cerdas menjadi bukti transformasi China Eastern Airlines menjadi smart airline. Layanan penerbangan semakin cerdas dan nyaman bagi  penumpang berkat kolaborasi dengan Huawei dan China Unicorm Beijing. Maskapai tersebut berhasil mengembangkan dan menerapkan sistem layanan penerbangan yang cerdas di kota-kota utama lain di Tiongkok, terutama Beijing dan Shanghai.
Share:

Artikel Terkini