Pemprov Jabar Gunakan Mbizmarket untuk Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Jabar Gunakan Mbizmarket untuk Pengadaan Barang dan Jasa ~ Teknogav.com

Pemprov Jabar Gunakan Mbizmarket untuk Pengadaan Barang dan Jasa


Teknogav.com - Terapkan transparansi di pemerintahan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggandeng Mbiz untuk penggunaan Mbizmarket.co.id untuk pengadaan barang dan jasa. Kerja sama tersebut resmi dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jabar dan Rizal Paramarta, CEO Mbiz.  Tindak lanjut dari MoU tersebut adalah penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan pada 17 Januari 2020 di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Penandatanganan PKS dilakukan oleh  Daud Achmad, Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jabar dan Rizal Paramarta, CEO Mbiz. Selain transparansi, tujuan dari kerja sama juga untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa.

“E-procurement menggunakan Mbizmarket diharapkan akan menunjang persaingan usaha yang kompetitif, sehat dan wajar dalam penyediaan barang dan jasa ke pemerintah. Kerja sama dilakukan berdasarkan prinsip value for money dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemprov Jabar. Pemerintah pun bisa memperoleh barang dan jasa yang berkualitas,” ucap Ika Mardiah, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jabar.
Penandatanganan MoU antara Pemprov Jabar dan Mbiz pada 6 Desember 2019

Pemprov Jabar dan Mbiz berkomitmen dalam mempercepat transformasi digital dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jabar. Komitmen kedua pihak diwujudkan dalam kerja sama dengan menjadikan Mbizmarket.co.id sebagai platform e-procurement bagi instansi-instansi di lingkungan Pemprov Jabar. Platform e-procurement ini berbasis toko dalam jaringan online. Kerja sama ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pasal 70.

“Sesuai dengan regulasi pemerintah, pengadaan barang/jasa pemerintah dilakukan secara elektronik atau e-procurement. E-procurement tersebut dilakuan dengan memanfaatkan e-marketplace yang menyediakan infrastruktur teknis dan layanan dukungan transaksi. Dukungan transaksi tersebut mencakup katalog elektronik, toko daring, dan pemilihan penyedia,” ucap Ika.
Penandatanganan PKS antara Pemrov Jabar dan Mbiz pada 17 Januari 2020

Bersama dengan Mbiz, Pemprov Jabar merangkul UMKM di seluruh Jabar, baik itu pelaku usaha maupun penyedia pengadaan barang dan jasa. Langkah inovatif Pemprov Jabar di bidang pengadaan barang dan jasa ini akan diikuti pemerintah daerah lain seperti Pemprov Jawa Tengah.

“Ini adalah salah satu rencana aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas-PK). Kami pun meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah di Jabar untuk melakukan digitalisasi pengadaan barang/jasa. Digitalisasi tersebut dilakukan melalui pola pembelian toko daring (online),” lanjut Ika. 

ki-ka: Ridwan Kamil, Gubernur Jabar; Rizal Paramarta, CEO Mbiz dan Ryn Hermawan, COO dan co-founder Mbiz.
Demi mempercepat proses digitalisasi pengadaan barang/jasa tersebut, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jabar meluncurkan program PBJ Jabar Berdering: (Berbelanja di Toko Daring): Cukup Rindu yang Berat, Belanja Gak Lagi Berat.  Program tersebut berlandaskan semangat efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa. Hasilnya adalah value for money pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemda Provinsi Jabar sesuai regulasi.

Edukasi instansi-instansi di lingkungan Pemprov Jabar dan UMKM sebagai vendor penyedia barang dan jasa akan dilakukan oleh Mbiz. Langkah tersebut dilakukan dengan sosialisasi penggunaan dan pemanfaatan platform, serta layanan konsultasi kepada pihak-pihak terkait.

Mbizmarket.co.id dapat menjadi solusi bagi UMKM Jabar yang membutuhkan dukungan infrastruktur digital dengan tingkat keandalan serta efektivitas tinggi. Platform Mbizmarket.co.id memiliki tujuan untuk mempermudah peningkatan kompetensi dan skala usaha, serta melanjutkan keberlangsungan bisnisnya.

“Pemanfaatan Mbizmarket.co.id sebagai platform digital untuk pengadaan barang dan jasa di lingkungan instansi Pemprov Jabar serta pemberdayaan UMKM di provinsi ini merupakan wujud pengakuan atas reputasi Mbiz sebagai pionir dan trendsetter di industri marketplace B2B di Indonesia, serta kapabilitas kami sebagai enabler transformasi digital khususnya bagi ekosistem pengadaan barang dan jasa yang berasal dari segmentasi yang luas,” ucap Rizal Paramarta, CEO Mbiz.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email