Tips Bijak Kelola Penggunaan Teknologi Pada Anak Tips Bijak Kelola Penggunaan Teknologi Pada Anak ~ Teknogav.com

Tips Bijak Kelola Penggunaan Teknologi Pada Anak


Teknogav.com - Keberadaan teknologi dapat mempermudah kehidupan, tetapi jika tak hati-hati, teknologi juga bisa merusak atau menjadikan penggunanya korban. Apalagi jika teknologi tersebut digunakan anak di bawah umur yang kurang penjagaan dan kurang waspada. Nah, agar anak tak dimangsa oleh orang tak bertanggung jawab, maka orang tua harus bijak. Tak lantas melarang anak bersentuhan dengan teknologi, berikut adalah tips agar anak tetap aman menggunakan teknologi.


1.Membangun keterbukaan komunikasi

Anak perlu didengar dan dipahami, sehingga komunikasi merupakan hal yang penting. Bangunlah kepercayaan agar anak nyaman menceritakan segala uneg-uneg tanpa ada yang dirahasiakan. Sediakan waktu berkualitas untuk melakukan kegiatan menggunakan gawai bersama anak. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan memberikan tips saat bermain game, melakukan panggilan video atau sekedar saling berkirim pesan.

2.Membatasi pemakaian gawai

Kecanduan memakai gawai tidak baik. Sebaiknya orang tua tak hanya sebatas memantau kegiatan online saja, tetapi juga membatasi waktu anak berinteraksi dengan gawai. Cara membatasi bisa dengan membuat jadwal anak bebas memakai gawainya, misalnya hanya boleh akhir pekan. Bisa juga dengan sistem reward, misalnya jika nilai bagus atau berkelakuan baik, maka bisa lebih leluasa menggunakan gawai.

3. Kegiatan bersama

Orang tua bisa ikut terlibat ketika anak sedang memakai gawai. Kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak mencakup bermain game, belajar memakai aplikasi dan membuat video pendek. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk membuat video pendek bersama dengan anak adalah Likee.

Salah satu gawai anak yang bisa dikenakan adalah Imoo Phone Watch. Likee bekerja sama dengan Imoo untuk menghadirkan #imooLikeeDance challenge yang berhadiah imoo Phone Watch seri Z. Selain itu 20 video terbaik akan mendapat voucher GoPay senilai Rp50 ribu. Kompetisi ini digelar sampai 27 Januari 2020.

Cara mengikuti kompetisi ini adalah dengan menggunakan lagu yang diciptakan khusus untuk imoo, lalu ekspresikan kreativitas diri dengan lagu tersebut. Anak bisa mengikuti gerakan sesuai dengan video berjudul ‘example’ berwarna pink yang ada pada challenge #imooLikeeDance. Rekam video dan unggah di akun Likee dan Instagram masing-masing memakai tagar #imooLikeeDance, beri tag akun instagram @imooindonesia dan @likee_official_indonesia.
challenge #imooLikeetoDance

4. Menggunakan perangkat dan aplikasi yang ramah bagi anak

Perangkat dan aplikasi yang bisa dengan mudah dikendalikan orang tua demi melindungi anak adalah imoo Watch dan Likee. Smartwatch dari imoo diracang khusus bagi anak tanpa membuat anak kecanduan teknologi tetapi malah mendukung kegiatan tumbuh kembang anak. Sedangkan aplikasi Likee adalah platform untuk membuat video pendek yang dilengkapi fitur Parental Control yang memudahkan orang tua mengendalikan aplikasi tersebut. Fitur Parental Control senantiasa menyediakan lingkungan online yang aman dan terpercaya bagi penggunanya.

Empat tips tersebut dapat membantu orang tua mendampingi dan melindungi anak dari risiko yang dapat timbul dari keberadaan teknologi.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email