ESET Cloud ID, Efektif dan Efisien dengan Keamanan Tingkat Tinggi ESET Cloud ID, Efektif dan Efisien dengan Keamanan Tingkat Tinggi ~ Teknogav.com

ESET Cloud ID, Efektif dan Efisien dengan Keamanan Tingkat Tinggi


Teknogav.com - PT. Prosperita - ESET Indonesia, distributor eksklusif perangkat lunak security menghadirkan ESET Cloud ID. Seiring dengan tren bisnis saat ini yang memungkinkan untuk bekerja secara mobile di luar kantor, banyak perusahaan beralih ke cloud. Kendati demikian, perusahaan harus bisa menjamin keamanan layanan cloud beserta infrastruktur berbasis cloud yang digunakan. ESET Cloud ID adalah pelopor teknologi komputasi awan dalam manajemen keamanan via cloud untuk endpoint security di Indonesia.

Teknologi yang dihadirkan ESET Cloud ID tentu saja mendukung kebijakan pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 71 tahun 2019. Pada peraturan tersebut dijelaskan bahwa Penyelenggara Sistem Electronik Lingkup Publik wajib melakukan pengelolaan, pemrosesan dan/atau penyimpanan Sistem Elektronik dan Data Elektronik di Wilayah Indonesia.

“ESET Cloud ID merupakan satu-satunya manajemen kemanan via cloud untuk endpoint security yang menjalankan prosesnya di Indonesia,” ucap Chrissie Maryanto, Marketing Director PT. Prosperita Mitra Indonesia.
Chrissie Maryanto, Marketing Director PT. Prosperita Mitra Indonesia
Solusi yang diberikan oleh Eset Cloud ID banyak digunakan oleh Small Medium Business (SMB) dan Medium Large Enterprise (MLE). Eset Cloud ID memberikan solusi yang praktis bagi SMB, sedangkan untuk MLE akan banyak memangkas biaya dan praktis. Pemangkasan biaya disebabkan oleh tak adanya biaya hardware dan software. Biaya interkoneksi di Indonesian Internet Exchange (IIX) pun gratis karena merupakan konsorsium interkoneksi yang tersebar di berbagai kota. Beberapa wilayah mencakup Surabaya, Makassar, Batam, Semarang dan Yogyakarta.

Paket penjualan ESET Cloud ID ini fleksibel dan dijual mulai dari pembelian per 5 unit. Pada paket lima unit, harga yang dibandrol adalah Rp500 ribu per unit, tentu saja harga ini lebih murah jika unit yang dibeli lebih banyak. Perusahaan bisa mempertimbangkan biaya berdasarkan besarnya kebutuhan mereka.


Kenapa Manajemen Keamanan Data Cloud Dibutuhkan?

Manajemen keamanan data cloud penting, sebab semakin tingginya digitalisasi dan konektivitas maka ancaman berupa virus dan malware pun semakin meningkat. Berdasarkan data BigCommerce, para ahli memperkirakan biaya rata-rata pelanggaran keamanan data untuk bisnis lebih dari USD150 juta pada tahun 2020. Angka tersebut sekitar Rp2 triliun jika menggunakan kurs saat ini. Beberapa tahun terakhir tingkat digitalisasi dan konektivitas memang meningkat pesat, hal tersebut tentu mempengaruhi biaya rata-rata penanggulangan ancaman data.

Hasil survei Oracle juga menunjukkan bahwa pada Desember 2019, persentase manusia yang turut berperan dalam membuat kerentanan pada IT adalah 58%. Angka tersebut menunjukkan kebutuhan perusahaan akan pengelolaan keamanan siber terpadu yang terpusat. Pengelolaan tersebut dapat dengan mudah dilakukan perusahaan menggunakan manajemen keamanan via cloud seperti ESET Cloud ID.
Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT. Prosperita - ESET Indonesia
“Transformasi digital dalam adopsi teknologi digital seperti cloud membawa gelombang perubahan besar bagi dunia termasuk di Indonesia. Teknologi tersebut memberikan layanan komprehensif dalam mengembangkan perusahaan, pemotongan proses bisnis dengan jaminan keamanan yang jauh lebih baik. Sudah waktunya perusahaan di Indonesia melakukan transformasi digital pengelolaan keamanan terpusat melalui cloud. Hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan,” ucap Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT. Prosperita - ESET Indonesia.

ESET Cloud ID mengelola keamanan secara terpusat melalui ESET Security Management Center (ESMC) di cloud. Ini merupakan terobosan untuk memudahkan menyajikan layanan keamanan, pengelolaan dan penyimpanan data yang ideal untuk berbagai skala perusahaan. Kerja ESMC ini simpel, cepat dan mudah dikelola karena memang dirancang khusus untuk perusahaan mulai dari SMB sampai level enterprise. Pengelolaan dan aksesibilitas lebih cepat berkat konektivitas yang terhubung langsung di IIX. Setiap pengguna mendapatkan satu server ESMC ketika menggunakan solusi ini.

"ESET ringat saat dijalankan di endpoint makanya orang makin suka, apalagi ESET menggunakan engine sendiri. Puluhan ribu pengguna memakai ESET karena tak terjadi nasalah di endpoint, mereka pun tak perlu maintain server," lanjut Yudhi.

Efisien dan Efektif dengan Komputasi Awan

Banyak perusahaan masih menggunakan metode tradisional yang melakukan instalasi dan update antivirus secara manual pada setiap mesin. Pada metode tersebut setiap karyawan bertanggung jawab pada pembaruan antivirus di perangkat yang mereka gunakan. Selain itu ada juga perusahaan yang berinvestasi besar dengan membangun keamanan data on premise yang masih melibatkan faktor manusia juga. Kedua cara tersebut tidak efisien dan tidak efektif dalam menjaga data perusahaan aman dari virus atau malware.

ESET Cloud ID menyediakan keamanan terpadu yang memperkuat keamanan data perusahaan dari serangan siber. Perusahaan tak perlu membeli perangkat lunak atau perangkat keras baru. Mereka juga tak perlu melakukan upgrade hardware setiap tahun demi menyesuaikan dengan kapasitas dan kapabilitas terkini. Teknologi yang digunakan ESET Cloud ID dapat bekerja tanpa membutuhkan tim IT yang tangguh dan banyak.

segmen pengguna Eset Cloud ID dan alasan penggunaan
Investasi pada komputasi awan dilakukan sesuai penggunaan sumber daya. Penyedia layanan manajemen keamanan komputasi awan akan berusaha menjaga kapasitas sistem dalam skala besar sehingga lebih efisien. Biaya keseluruhan berupa listrik, perbaikan, keamanan, upgrade, tenaga IT dan lain-lain sudah termasuk dalam setiap sumber daya yang digunakan. Cloud computing memungkinkan penghematan skala ekonomis diteruskan kepada perusahaan pengguna.

Layanan cloud dan infrastruktur berbasis cloud lebih banyak manfaat ketimbang membeli server untuk manajemen virus. ESET Cloud ID memasukkan biaya majemen, pemeliharaan dan biaya operasi dalam biaya bulanan atau tahunan. Perusahaan cukup membayar daya pemorsesan yang dilakukan, bukan berdasarkan kapasitas server, sehingga bisa lebih hemat.

Keunggulan komputasi awal lainnya adalah protokol keamanan tingkat tinggi yang menjamin perlindungan data untuk perusahaan dalam berbagai skala. Standar keamanan tinggi diterapkan untuk meningkatkan data dengan pendekatan berlapis yang mencakup enkripsi data, kendali akses dan intelijen keamanan sebagai audit keamanan reguler. ESET Cloud ID menerapkan standar tersebut sebagai prioritas dan integritas. Keamanan via cloud harus diprioritaskan demi menjaga keberlangsungan perusahaan secara jangka panjang seiring meningkatnya berbagai ancaman di dunia siber.

Nah, bagi yang ingin menggunakan ESET Cloud ID, tersedia juga versi trial untuk penggunaan selama 30 hari. Bagi yang ingin mencoba bisa menghubungi ESET Indonesia melalui tautan ini.
Share:

Follow by Email