MediaTek MT3620, MCU Pertama yang Terintegrasi dengan Microsoft Azure Sphere MediaTek MT3620, MCU Pertama yang Terintegrasi dengan Microsoft Azure Sphere ~ Teknogav.com

MediaTek MT3620, MCU Pertama yang Terintegrasi dengan Microsoft Azure Sphere

 
Teknogav.com - MediaTek dan Microsoft berkolaborasi meluncurkan chipset microcontroller unit (MCU) MT3620 yang terintegrasi dengan solusi keamanan Microsoft Azure. Integrasi tersebut memungkinkan para pembuat perangkat untuk mengembangkan perangkat-perangkat IoT aman yang terhubung ke layanan Microsoft Azure Cloud.

Solusi Azure Sphere telah digunakan banyak perusahaan dan merk global utama seperti e.on, Gojo, Leoni dan Starbucks. MT3620 adalah MCU pertama di industri yang terintegrasi dengan Microsofr Azure Sphere dalam perangkat kerasnya. Integrasi yang sepenuhnya tersebut menyediakan tingkat keamanan tertinggi untuk perangkat-perangkat edge modern yang terhubung dengan internet sehingga kinerja MCU tinggi.

Kebutuhan para pembuat perangkat akan subsistem periferal input/output (I/O) ekstensif yang fleksibel dalam rancangannya membuat adanya permintaan MT3620. MCU tersebut busa diaplikasikan pada IoT komersial, industri dan rumah ceedas. Kini MT3620 tersedia secara komersial dalam bentuk chipset, modul dan kit pengembangan.

“MediaTek bangga dengan adopsi platform MT3620. Hal ini sejalan dengan upaya kami membuka akses ke aplikasi-aplikasi Azure Sphere, SoC berbasis MPU dan para OEM untuk menyediakan teknologi canggih bagi siapa saja. Keamanan adalah isu paling penting yang dihadapi pengapdosian luas dari berbagai layanan IoT berbasis cloud, khususnya untuk industri-industri penting. Kami yakin Microsoft Azure Sphere adalah solusi penggunaan yang aman," ucap Mohit Bhusham, VP dan GM, US Business Development, MediaTek.

Saat ini MT3620 adalah satu-satunya MCU yang mengintegrasikan keamanan end-to-end Azure Sphere di pasar. Pengembangan perangkat IoT yang aman dan mudah terhubung ke Microsoft Azure Cloud Services jadi memungkinkan dilakukan para produsen perangkat.

Solusi yang ditawarkan Microsoft Azure memungkinkan autentikasi dan atestasi pada perangkat. Pembaruan perangkat lunak agar keamanan tetap terjaga daei seeangan yang terus berevolusi bisa dilakukan melalui over-the-air (OTA). Otomatisasi pencatatan kesalahan dan pelaporan pun dimungkinkan oleh solusi tersebut.

“Keamanan IoT dimulai di silikon. MT3620 merupakan chip pertama yang disertifikasi untuk Azure Sphere. Chipset ini dirancang untuk menghasilkan keamanan perangkat IoT tanpa tanding yang menjaga perangkat tetap aman sepanjang waktu. Sistem operasi Azure Sphere dijalankan chipset dan langsung terhubung ke Azure Sphere Security Service,” ucap Anita Rao, Principal Program Lead, Azure Sphere, Microsoft.

Kini MT3620 diadopsi berbagai industri untuk merancang dan menciptakan berbagai perangkat, baik perangkat untuk konsumen maupun peralatan ritel dan manufaktur. Selain itu juga dipakai menjalankan serangkaian modul penjaga untuk menghubungkan dan menjaga peralatan-peralatan pentung dengan aman.
Share:

Artikel Terkini