Siap Meluncur April, Yuk Simak Fitur-fitur Utama FUJIFILM X-T4 Siap Meluncur April, Yuk Simak Fitur-fitur Utama FUJIFILM X-T4 ~ Teknogav.com

Siap Meluncur April, Yuk Simak Fitur-fitur Utama FUJIFILM X-T4


Teknogav.com - Kamera mirrorless FUJIFILM X-T4 telah resmi diperkenalkan. Berbagai fitur canggih yang membuat hasil foto dan video makin tinggi kualitasnya pun dijejali pada kamera ini. FUJIFILM X-T4 memang dirancang agar tangguh dan memiliki mode ETERNA Bleach Bypass untuk teknologi reproduksi warna yang unik. Kamera ini siap menangkap segala momen dengan kinerja tinggi dan komprehensif, serta fungsi video yang menawan. Yuk simak apa saja fitur-fitur canggihnya.

Foto dan Video Lebih Stabil dengan IBIS

In-Body Image Stabilization (IBIS) mampu memberikan stabilisasi gambar 5-axis 6,5 stop ketika digunakan dengan 18 dari 29 lensa XF/XC. Unit IBIS membantu fotografi malam atau fotografi aksi seperti olahraga, dan keakurasian deteksi meningkat sekitar delapan kali dibandingkan seri X-H1. Peningkatan keakurasian tersebut berkat bagian dasar yang memakai bahan baru, penyempurnaan tata letak struktur penyerap goncangan, dan pengembangan sensor gyro.
IBIS dengan ukuran lebih kecil 30% dari sebelumnya
Perekaman video pada kondisi rentan goncangan kamera pun bisa lebih stabil. Unit tersebut juga lebih mengandalkan gaya magnet ketimbang pegas sehingga lebih fungsional, 30% lebih kecil dan 20% lebih ringan dibandingkan unit stabilisasi pada X-H1.

Respon Cepat dan Minim Noise

Focal plane shutter pada X-T4 ultra-cepat menggunakan motor DC tanpa inti dengan torsi tinggi yang baru dikembangkan. Rana pada shutter ini dapat memiliki kecepatan 15 fps yang tercepat di dunia. Penggunaan rana mekanis mampu melakukan pemotretan bersambung tercepat di dunia, 15 fps pada post-view dan 8 fps pada live-view. Sedangkan ketika menggunakan rana elektronik bisa melakukan pemotretan burst tanpa blackout secepat 30 fps.
kemampuan FUJIFILM X-T4 melakukan pemotretan bersambung tercepat di dunia
Kinerja respon begitu canggih dengan jeda pelepas rana hanya 0,035 detik saja. Daya tahan unit rana juga dua kali lipat lebih kuat dengan 300 ribu gerakan. Jika dibandingkan dengan X-T3, suara kamera ini pun 30% tidak berisik atau noise-less.

FUJIFILM X-T4 menggunakan kinerja tinggi dari X Trans CMOS 4 yang memiliki struktur back-illuminated dan menghadirkan piksel deteksi fasa di seluruh sensor. Kinerja autofokus kamera ini luar biasa berkat perpaduan algoritma AF canggih dan X Prosesor 4. Kamera ini dapat fokus cepat dan akurat pada kondisi minim cahaya dan mengunci pada wajah atau mata manusia. Pelacakan gerakan subyek pun bisa dilakukan dengan mudah sehingga bisa memotret dengan mudah dan percaya diri.

Kinerja fokus otomatis bisa lebih cepat 0,02 detik berkat algoritma dan kemampuan pemrosesan deteksi fasa AF. Perpaduan kinerja tersebut dengan kinerja pemotretan bersambung dapat menangkap pelacakan subjek yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Tingkat keberhasilan pelacakan kinerja AF pun menjadi dua kali lipat lebih baik dibandingkan dengan X-T3.

Reproduksi Warna yang Unik dan Fitur-Fitur Lain

Johannes J. Rampi - General Manager Electronic Imaging & Consumer Printing Division Fujifilm Indonesia menjelaskan mode ETERNA Bleach Bypass
Kamera ini menyediakan berbagai pilihan untuk membuat ulang adegan persis dengan yang diingat berkat teknologi reproduksi warna FUJIFILM yang sudah dikembangkan lebih dari 85 tahun untuk film fotografi. Teknologi unik FUJIFILM untuk memberikan tone warna serba guna digunakan pada mode film simulasi terkini, yaitu “ETERNA Bleach Bypass”. Mode tersebut memiliki teknik pemrosesan tradisional untuk film silver halide, sehingga menghasilkan foto dengan saturasi rendah dan kontras tinggi pada suasana khusus.

Kini pola sorotan dan bayangan dengan rentang -2 sampai +4 bisa disesuaikan dengan 1/2 stop, tak lagi 1 stop. Penyesuaian pun jadi bisa lebih tepat. Pada Auto White Balance (AWB) menyediakan pilihan ‘Auto’, ‘Ambience Priority’dan ‘White Priority’. Gaya warna yang lebih hangat bisa diperoleh dari mode ‘Ambience Priority’. Sedangkan untuk reproduksi putih yang lebih baik gunakan mode ‘White Priority’.

Gaya pemotretan bisa lebih kreatif dan serbaguna berkat keberadaan monitor vari-angle 1,62 mil dots. LCD/EVF bisa ditingkatkan dalam tiga cara berbeda, yaitu Low Light Priority, Resolution Priority dan Frame Rate Priority (hanya EVF). Low Light Priority memungkinkan melihat subjek dengan jelas dalam cahaya redup, sedangkan Resolution Priority mampu menampilkan detail halus subjek. Frame Rate Priority dapat mengurangi kekaburan pada jendela bidik saat memotret subjek bergerak.

Pada ‘RAW’, tersedia pilihan ‘compressed’ yang tidak bisa dikembalikan dan ‘Lossless Compressed’ yang bisa dikembalikan. Kerusakan atau terlepasnya eyecup bisa dicegah oleh adanya mekanisme penguncian.

Perekaman Video yang Memukau

kamera mirrorless FUJIFILM X-T4
X-T3 bisa merekam video berkecepatan tinggi Full HD pada 240p sehingga menghasilkan efek slow motion sampai 10 kali. IBIS bisa dipadukan dengan fungsi stabilisasi gambar digital atau Digital Image Stabilization (DIS) dalam mode video untuk meningkatkan stabilisasi terutama ketika merekam video sambil berjalan.

Kondisi guncangan dapat dimitigasi dengan mode stabilisasi gambar atau image stabilization (IS). Jadi tak perlu tripod lagi untuk perekaman fixed-point video yang stabil. Kini menu mode stills dan video terpisah, tersedia juga Quick Menu (Menu Q) untuk mode video sehingga lebih praktis merekam video.

Mode Optimized Control bisa digunakan untuk menyesuaikan eksposur dengan tombol perintah dan panel layar sentuh. Fungsi tersebut memungkinkan mengganti pemutar mode Still/Movie di panel atas untuk beralih ke perekaman video dengan pengaturan video yang tersimpan. Video dalam format yang sama bisa direkam dalam dua kartu SD sekaligus sebagai cadangan.

Penambahan fungsi F-Log View Assist dilakukan untuk memperbaiki video dengan saturasi rendah atau kontras rendah saat perekaman F-Log. Pada perekaman video, eksposur yang benar dapat diperoleh dengan mengonversi tampilan video setara dengan BT.709.

Kecepatan pemangkasan video bisa diperbaiki Fix Movie Crop Magnifition untuk mencegah perubahan sudut padangan ketika beralih ke mode video berbeda. Pada kamera juga terdapat Mic jack setting yang bisa mengalihkan input level antara level mic dan level Line. Jika ingin menggunakan mikrofon eksternal bisa memasukkan input level Kine dari peralatan audio eksternal.

Kapasitas Baterai Besar dan Dukungan Aksesori Tambahan

Baterai NP-W235 memiliki kapasitas 1,5 kali lebih besar dibandingkan baterai NP-W126S. Pada mode normal, kapasitas baterai tersebut dapat melakukan pemotretan 500 frame per pengsian daya. Sementara pada mode Economy bisa memotret sampai 600 frame per pengisian daya.
aksesori battery grip untuk memasang baterai tambahan
Jika kemampuan tersebut masih kurang, maka bisa menggunakan aksesori pegangan baterai vertikal VG-XT4 untuk menggunakan dua baterai tambahan. Ketika menggunakan dua baterai tambahan, maka bisa memotret sampai 1.450 frame untuk mode normal dan 1.700 frame untuk mode economy. Ketika satu baterai habis, maka kamera bisa beralih ke baterai berikutnya dengan mulus sambil terus memotret. Peralihan pemotretan ini bisa tetap dilakukan baik untuk mode burst maupun perekaman video.

Pegangan baterai ini adalah aksesori opsional yang tahan debu, lembab dan bisa bekerja pada suhu rendah -10° C. Pada pegangan terdapat tombol pelepas rana, tuas fokus, tombol AEL, tombol AFON, tombol perintah, tombol Q dan tombol Fn. Penggunaan pegangan tersebut memberikan tingkat penanganan dan kemnyamana yang sama dalam pemotretan vertikal dan horisontal. Aksesori ini mendukung untuk penggunaan dua baterai dan bisa juga digabungkan dengan baterai ketiga di bodi kamera.
paket FUJIFILM X-T4 dengan tambahan XF18-55 mm F2.8-4 R LM OIS.
Aksesori lainnya adalah pengisi baterai ganda ‘BC-W235’ untuk mengisi dua baterai NP-235 secara bersamaan. Selain itu tersedia juga shoe0-mount flash EF-X8 dan kit penutup CVR XT4 yang berisi
1 x Sync terminal cover
1 x Hot shoe cover
1 x Vertical battery grip terminal cover (black)
1 x Vertical battery grip terminal cover (silver)
1 x Memory card slot cover

Nah, bagi yang tertarik, FUJIFILM X-T4 ini akan dipasarkan di Indonesia pada April 2020. Haga yang dibanderol adalah Rp26.999.000 (body only) dan Rp32.999.000 dengan tambahan XF18-55 mm F2.8-4 R LM OIS.
Share:

Follow by Email