Coding Bee Academy Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020 Coding Bee Academy Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020 ~ Teknogav.com

Coding Bee Academy Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020


Teknogav.com – Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi informasi (TI) untuk menghadapi Industri 4.0 di Indonesia semakin meningkat. Demi menjawab kebutuhan yang meningkat pesat tersebut, pemerintah mengembangkan kurikulum pendidikan 4.0 yang mencakup coding atau pemrograman. Coding Bee Academy bersama BPK Penabur Jakarta pun memberikan edukasi mengenai pentingnya keterampilan coding bagi anak-anak. Edukasi tersebut disampaikan pada acara K12 Computer Science Education Fair pada 6-8 Maret 2020 di Main Atrium Emporium Pluit, Jakarta.

Coding Bee Academy adalah sekolah coding khusus bagi anak-anak berusia 5-17 tahun. Acara pameran edukasi yang digelar tersebut dilakukan untuk memperluas akses pembelajaran coding di Indonesia. Pada acara yang diselenggarakan di lantai dasar Main Atrium Emporium Pluit Mall ini juga dipamerkan hasil karya para programer atau coder muda.

“Acara ini bertujuan membuka wawasan baru orang tua dan semua pihak yang ingin memajukan pendidikan Indonesia menuju kurikulum pendidikan 4.0. Coding akan menjadi game-changer dalam mendukung industri 4.0 di seluruh dunia. Banyak peluang dan kesempatan baru dalam bisnis dan dunia kerja akan terbuka. Kami berharap para orang tua dapat menjadikan pendidikan coding sebagai investasi bagi anak-anak mereka. Harapannya kelak anak-anak mereka menjadi pecipta teknologi yang mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” ucap Eko Haripin, Co-Founder Coding Bee Academy.

Pada acara tersebut, masyarakat diedukasi mengenai keterampilan coding bagi anak-anak, dan sebaiknya distilumasi dengan coding sejak usia dini. Para programer muda diajak untuk berpartisipasi pada Code Olympiad untuk memamerkan kemampuan membuat aplikasi dan software. Tema aplikasi dan software adalah ‘Computer Science for Social Good’ sebagai bentuk kepedulian pada kemajuan ekosistem digital Indonesia.

K12 Computer Science Education Fair 2020 juga menggelar smart talkshow bertajuk‘Coding for Future Kids’. Masyarakat dan para profesional di bidang pendidikan berpartisipasi dalam Smart Talk Show yang digelar 6 Maret 2020. Lokasi talkshow tersebut bertempat di Skenoo Hall Emporium Pluit Mall lantai 9.

Salah satu pembicara adalah Harris Iskandar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Beliau menyampaikan mengenai pentingnya pembelajaran coding di Usia dini. Selain itu turut hadir juga dua perwakilan dari Code.org, yaitu Jake Bell dan Leonardo Ortiz Villacorta. Mereka membahas mengenai pendidikan coding di dunia. Code.org adalah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk memperkenalkan kurikulum ilmu komputer kepada anak-anak sejak usia dini.

Antono Yumono, Ketua BPK PENABUR Jakarta, dan Elika Dwi Murwani, Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta turut mengemukakan pendapat mereka. Pendapat mengenai penerapan pembelajaran coding di sekolah disampaikan sesuai kapasitas sebagai praktisi pendidikan yang menaungi 80 sekolah di wilayah Jabodetabek.

Acara pameran edukasi ini juga dihadiri Jevier Justin, seorang presenter Indonesia yang juga seorang ayah yang peduli terhadap pendidikan anak-anaknya. Jevier menanggapi mengenai ekspektasi orang tua masa kini berkenaan dengan pembelajaran coding yang mengutamakan pemikiran komputasional.

Berbagai pihak turut serta dalam mensponsori ajang K12 CS Education Fair 2020. Beberapa sponsor mencakup Agung Podomoro Land, BCA, Emporium Pluit Mall, Acer, Kodomo Challenge, Niro Granite, OCBC NISP, Rumahedukasi, Sinarmas Land, Teh Pucuk Harum, dan Valentino Gress. Selain itu diperoleh juga dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, serta Code.org.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email