KoinWorks Paparkan Prinsip Dampak Sosial KoinRobo di Kegiatan #MeetYourPeers KoinWorks Paparkan Prinsip Dampak Sosial KoinRobo di Kegiatan #MeetYourPeers ~ Teknogav.com

KoinWorks Paparkan Prinsip Dampak Sosial KoinRobo di Kegiatan #MeetYourPeers



Teknogav.com, Jakarta - KoinWorks menyelenggarakan acara #MeetYourPeers untuk memfasilitasi para pendana dan peminjam untuk bertemu secara langsung secara offline. Pada ajang tersebut dihadirkan peminjam yang memberikan testimoni mengenai keberhasilan mengembangkan bisnis berkat meminjam dana KoinWorks. KoinWorks ingin menunjukkan bahwa pendana dapat turut memberikan dampak sosial dengan membantu para pebisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Bisnis tersebut selain membuka lapangan kerja baru tentunya juga turut berperan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Prinsip dampak sosial ini terutama diusung pada fitur KoinRobo yang memudahkan pendana memilih kategori pendanaan berdasarkan bidang yang ingin di-support. Fitur tersebut menggunakan teknologi robotik untuk mengelola pendanaan dengan hasil yang diprediksi sejak awal. Pokok dana yang dipinjamkan pun dijamin dengan proteksi yang memungkinkan untuk bisa kembali secara utuh ketika peminjam mengalami gagal bayar.

“KoinRobo bukan sekedar otomatisasi pendanaan dan keuntungan, tetapi juga mengusung misi sosial untuk membantu pelaku UKM mengembangkan bisnisnya. KoinWorks juga mengajak masyarakat turut ambil bagian dalam memberikan dampak sosial melalui KoinRobo. Dalam penyaluran dana, KoinWorks tidak memberlakukan selisih bunga antara pendana dan peminjam. Jadi apa yang dibayarkan peminjam, itulah yang akan diterima pendana,” ucap Jonathan Bryan, Chief of Marketing Officer KoinWorks.

Produk KoinRobo memungkinkan untuk memilih tenor pendanaan dan kategori bisnis untuk pengalokasian dana. Kategori tersebut mencakup Best Performing Loan (peminjam dengan histori kredit yang baik), Female Led (pelaku usaha wanita), Made in Indonesia (pelaku usaha kerajinan/produksi lokal), dan Top Up Loan (para pelaku yang sudah melakukan beberapa kali pinjaman). Pendana cukup antusias menyambut kehadiran produk KoinWorks, 30% pendana di KoinWorks sudah menggunakan fitur tersebut.

Pada acara #MeetYourPeers akan hadir pelaku bisnis yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya untuk berbagi pengalaman mereka meminjam dana di KoinWorks. KoinWorks berharap pendana dapat melihat langsung hasil nyata dari dana yang disalurkan. Acara tersebut diadakan pertama kali pada 4 Maret 2020 di Oakwook, Jakarta Selatan dan menghadirkan Welly Ng, pendiri Beauty Barn.

Beauty Barn awalnya mengalami kesulitan mengajukan pinjaman dana di bank karena harus memberikan jaminan berupa fasilitas pabrik yang sudah beroperasi. Padahal tujuan Welly meminjam dana tersebut untuk membuat fasilitas pabrik, jika sudah ada toh buat apa pinjam lagi. KoinWorks menerapkan prosedur berbeda dalam melakukan penilaian pada calon peminjam. Kegiatan harian dan juga media sosial termasuk bagian dari seleksi untuk memastikan bisnis tersebut benar-benar ada. Welly pun berhasil mentransformasi bisnisnya dari home-industry, kini sudah mempunyai fasilitas dan pabrik sendiri. Bisnisnya pun semakin berkembang dengan tersedianya outlet offline.

KoinWorks akan menjadikan #MeetYourPeers sebagai wadah untuk mempertemukan antara peminjam dan pendana. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KoinWorks untuk mengedukasi pengguna agar lebih melek finansial di era digital. Kegiatan KoinWorks lainnya mencakup Money Diary Talks yang merupakan edukasi untuk mengelola keuangan dan DiaLokal untuk mengedukasi pebisnis mengembangkan bisnisnya. Semua kegiatan KoinWorks digelar rutin setiap bulan.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email