Lawan COVID-19, Blibli dan Halodoc Berkolaborasi Hadirkan Layanan Telemedis Lawan COVID-19, Blibli dan Halodoc Berkolaborasi Hadirkan Layanan Telemedis ~ Teknogav.com

Lawan COVID-19, Blibli dan Halodoc Berkolaborasi Hadirkan Layanan Telemedis


Teknogav.com - Blibli terus berupaya mencegah penularan COVID-19 dengan berbagai langkah strategis, seperti melakukan sanitasi dan peningkatan SOP. Kini Blibli menggandeng Halodoc untuk menyediakan fitur “Cek Kesehatan” untuk mengakses ke layanan kesehatan jarak jauh atau telemedis. Akses ini bisa dilakukan melalui situs dan aplikasi Bibli untuk berkonsultasi kesehatan dan mendapat info lebih lengkap mengenai COVID-19.

Saat ini ketika membuka aplikasi dan situs Blibli maka fitur “Cek Kesehatan” tampak di halaman paling depan. Ketika menggunakan fitur tersebut tampil penawaran untuk memeriksa risiko terpapar COVID-19. Pemeriksaan dapat dimulai dengan menekan tombol chat, lalu akan tampil kuesioner yang jawabannya dapat dipilih untuk menganalisa tingkat risiko terpapar. Jika ternyata berisiko tinggi, maka akan ada tautan untuk berkonsultasi langsung ke dokter dan tautan untuk mengambil tindakan selanjutnya.

Ketika memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter dengan mengklik tautan, maka akan diarahkan layanan Halodoc yang menampilkan daftar dokter. Informasi mengenai dokter tersebut sudah disertai dengan lama pengalaman dan lokasi praktik. Pengguna dapat memilih dokter untuk mulai berkonsultasi. Jika dokter merasa pengguna perlu tindak lanjut, maka dokter dari Halodoc tersebut akan memberi rujukan ke rumah sakit yang sesuai. Blibli juga menyediakan fitur “Kenali Gejala COVID-19” di halaman depan yang merujuk ke informasi kesehatan mengenai COVID-19 di halaman Halodoc.

“Halodoc terus mengoptimalkan ekosistem teknologi yang dimiliki untuk memfasilitasi kebutuhan kesehatan masyarakat dari hulu ke hilir di tengah pandemi COVID-19. Demi memperluas dampak sosial positif dari layanan ini, kami terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai platform digital, termasuk Blibli. Kami percaya, kolaborasi ini menjadi langkah yang tepat untuk mengajak pelanggan setia Blibli melakukan pengecekan risiko COVID-19 lebih dini.  Platform Halodoc dapat digunakan untuk berkonsultasi kapan pun dan dimana pun. Halodoc memiliki lebih dari 22.000 dokter berlisensi yang ada di ekosistem kami. Layanan kami mencakup pembelian obat dan langsung diantar ke rumah,” ucap Felicia Kawilarang, Vice President Marketing Halodoc.

Felicia juga mengungkap bahwa kolaborasi ini mendukung pemerintah menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium dan tinggi. Masyarakat juga jadi lebih mudah menerapkan physical distancing karena tidak perlu bertatap muka atau keluar rumah terkait kesehatan ini.

Data WHO menunjukkan sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan dan dapat pulih dengan perawatan di rumah. Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri untuk mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19. Layanan telemedis atau konsultasi kesehatan jarak jauh bisa mengurangi penyebaran penyakit. Dokter dan tenaga medis pun bisa lebih fokus menangani pasien COVID-19 yang sudah parah sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit.

“Kemunculan kasus-kasus terkait virus COVID-19 di Indonesia sangat memprihatinkan. Kita semua harus membantu menekan penyebaran pandemi ini. Blibli bekerja sama dengan Halodoc untuk menyediakan fitur telemedis agar para pelanggan bisa melakukan pemeriksaan tanpa harus ke rumah sakit. Solusi ini mengurangi beban rumah sakit yang kini harus mengerahkan sumber daya pada kasus-kasus menengah hingga parah,” ucap Yolanda Nainggolan, Vice President of Public Relations Blibli.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email