Kini Buat Janji Tes Covid-19 di RS Bisa via Halodoc Kini Buat Janji Tes Covid-19 di RS Bisa via Halodoc ~ Teknogav.com

Kini Buat Janji Tes Covid-19 di RS Bisa via Halodoc


Teknogav.com – Pemerintah akan melaksanakan uji Covid-19 secara masif, baik rapid test maupun tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab test. Demi mendukung rencana pemerintah tersebut, Halodoc bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit penyedia rapid test dan swab test. Sejak 20 April 2020, masyarakat sudah bisa memesan paket layanan kesehatan dan tes Covid-19 tersebut secara online. Saat ini Halodoc sudah bekerja sama dengan lebih dari 20 rumah sakit (RS) di Jabodetabek. Beberapa rumah sakit tersebut adalah RS Bina Husada Cibinong, RS Mayapada, RS Mitra Keluarga, RS St. Carolus, dan RS Primaya.

Pengujian yang dilakukan secara massif untuk mendeteksi Covid-19 penting dilakukan agar dapat memetakan pengidap Covid-19 secara cepat. Langkah isolasi untuk penanganan pun dapat segera dilakukan. Hal ini sesuai ucapan Ketua Tim Pengawas Penanggulangan Bencana DPR RI dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Covid-19 pada 16 April 2020. Halodoc merupakan mitra resmi pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang bersinergi dengan pemerintah dan RS swasta untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Saat ini semakin banyak masyarakat yang peduli dengan kondisi kesehatan dan melakukan telekonsultasi secara mandiri di platform kami. Kami merespon kebutuhan tersebut dengan menghubungkan masyarakat ke sejumlah rumah sakit yang menyediakan beragam paket layanan kesehatan. Masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatannya masing-masing. Paket tersebut mencakup layanan cek lab, membuat janji dengan dokter RS, rapid test dan tes PCR untuk mendeteksi COVID-19. Semuanya mudah dapat diakses melalui aplikasi Halodoc,” ucap Jonathan Sudharta, CEO Halodoc.

Pentingnya layanan tes yang efektif bagi masyarakat juga ditekankan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) pada setiap kesempatan. Swab test dilakukan dengan mengambil cairan tubuh yang mengandung virus terbanyak, yaitu hidung, tenggorokan dan dahak. Sedangkan rapid test dilakukan dengan pengambilan darah untuk dideteksi antibodinya. Kedua metode ini merupakan langkah awal untuk memantau epidemilogi atau analisis yang sistematis dan terus-menerus pada penularan penyakit. Langkah selanjutnya adalah penelusuran kontak pada masyarakat yang kemungkinan terpapar Covid-19.

Cara Buat Janji Tes Covid-19 dengan Halodoc
Paket tes Covid-19 dapat diakses melalui halaman awal aplikasi Halodoc, yaitu menu ‘Covid-19 Test’, lalu pilih fasilitas tes. Jangan lupa pastikan sudah memakai aplikasi Halodoc versi terkini. Kemudian pilih lokasi RS, hari, jadwal tes dan paket layanan yang diinginkan, yaitu rapid test, swab test atau pemeriksaan lainnya. Pemeriksaan lain mencakup rontgen paru-paru, pemeriksaan darah lengkap, sampai konsultasi dokter medical check-up.

Pendaftaran wajib melengkapi data diri dengan mengunggah foto kartu identitas dan melakukan pembayaran. Bukti pendaftaran akan diperoleh melalui SMS dan notifikasi aplikasi Halodoc untuk digunakan saat pendaftaran di lokasi tes.

Jika hasil tes menunjukkan reaktif atau positif, maka dokter akan mengevaluasi tingkat gejala pasien untuk menentukan langkah penanganan berikutnya. Penanganan tersebut bisa dirujuk ke RS khusus atau cukup perawatan dan karantina mandiri di rumah. WHO mengungkap bahwa 80% pasien Covid-19 dunia hanya mengalami gejala ringan dan dapat sembuh dengan perawatan di rumah.

Pada rapid test yang hasilnya non-reaktif (negatif) tetapi ada gejala ringan dan riwayat kontak, maka akan dilakukan rapid test ulang. Rapid test tersebut dilakukan setelah 7-10 hari karena kemungkinan belum terbentuk antibodi pada tes pertama.

“Hasil rapid test maupun swab test perlu dikonsultasikan kembali oleh dokter karena dibutuhkan interpretasi dan rekomendasi ahli,” ucap dr. Irwan Heriyanto, Chief of Medical Halodoc.
Share:

Follow by Email