Perusahaan-Perusahaan Otomotif Beralih Produksi Ventilator dan Masker Demi Lawan Corona Perusahaan-Perusahaan Otomotif Beralih Produksi Ventilator dan Masker Demi Lawan Corona ~ Teknogav.com

Perusahaan-Perusahaan Otomotif Beralih Produksi Ventilator dan Masker Demi Lawan Corona

 
Teknogav.com – Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah cara kerja masyarakat dan juga perusahaan. Beberapa perusahaan dan juga pemasuk otomotif di seluruh dunia kini banting setir memproduksi produk-produk dan mesin perawatan kesehatan kritis. Segala peralatan dibuat, mulai dari masker wajah dari kain sampai sistem ventilator yang rumit. Langkah ini dilakukan demi memenuhi minimnya barang-barang tersebut di rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Beberapa perusahaan otomotif tersebut mencakup BYD, GAC, General Motors, Fiat Chrysler, Ford, Mahindra, SAIC Motor, Tesla, Toyota, dan Volswagen. Berikut ini adalah langkah-langkah yang mereka lakukan masing-masing produsen.

BYD Co mengatakan telah membuka pabrik masker wajah terbesar di Tiongkok. Kapasitas produksinya 5 juta masker per hari dan 300 ribu disinfektan. GAC Motor pun mengubah salah satu prabrik mereka di Tiongkok untuk membuat masker wajah. Fiat Chrysler Automobiles NV  mengatakan akan membuat lebih dari 1 juta masker wajah dalam satu bulan. Masker tersebut akan didistribusikan ke para pekerja kesehatan di Amerika Utara.

Ford Motor Co mengatakan akan menggandeng GE Healthcare untuk memperluas produksi ventilator GE. Perusahaan tersebut juga mengembangkan desain yang disederhanakan yang bisa dibuat Ford pada salah satu pabriknya. Ford juga mengatakan akan bekerja sama dengan 3M Co untuk meningkatkan poduksi respirator 3M. Mereka pun sedang membuat pelindung wajah di pabrik Michigan dengan kecepatan prooduksi sampai 100 ribu per minggu.

General Motors Co mengatakan bahwa akan menggandeng Ventec Life System yang berpusat di Washington untuk membuat ventilator. Produksi akan dilakukan di pabrik komponen listrik GM di Kokomo, Indiana mulai bulan April. Kecepatan produksi alat tersebut sebanyak 10 ribu per bulan sampai 200 ribu unit. GM juga akan membuat masker bedah di fasilitas mereka di Waren Michigan yang juga dimulai bulan April. Kapasitas produksi masker bedah tersebut 50 ribu unit per hari dengan kemampuan untuk menggandakannya.

Mahindra CIE Automotive Ltd mengatakan sedang bekerja dengan pabrik ventilator di India untuk membantu menyederhanakan desain dan meningkatkan produk, termasuk produksi di beberapa pabrik Mahindra. SAIC Motor Corp Ltd, GM dan Wuling membentuk joint venture untuk mengubah salah satu pabrik di Tiongkok untuk membuat masker wajah. Mereka juga membangun mesin tambahan untuk meningkatkan produksi masker.

Tesla Inc mengatakan akan membuka kembali pabrik panel surya mereka di Buffalo, New York untuk memproduksi ventilator Medtronic. Perusahaan tersebut juga mengatakan membeli 1.255 ventilator di Tiongkok dan mendistribusikannya ke Amerika Utara.

Toyota Motor Corp menyatakan sedang menyelesaikan kesepakatan dengan setidaknya dua perusahaan untuk membantu meningkatkan produksi ventilator dan respirator. Perusahaan ini juga sudah memproduksi pelindung wajah yang dicetak 3D secara massal. Mereka juga sedang mencari mitra untuk membuat filter untuk masker wajah. Sementara itu Volkswagen AG mengatakan sedang menguji printer 3D untuk membuat kompoonen pembuat ventilator.
Share:

Follow by Email