Tips Aman WFH dan Konferensi Video dari Kaspersky Tips Aman WFH dan Konferensi Video dari Kaspersky ~ Teknogav.com

Tips Aman WFH dan Konferensi Video dari Kaspersky


Teknogav.com – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengharuskan banyak perusahaan mengambil kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Yeo Siang Tiong, General Manager Kaspersky Asia Tenggara mengatakan bahwa perusahaan kini dapat memanfaatkan teknologi untuk menjaga kelangsungan bisnis. Sayangnya, semakin maju teknologi, pelaku kejahatan siber pun siap mengambil peluang dengan mengekploitasi stuasi. Contohnya adalah malware virus corona/Covid-19 yang menyamarkan file berbahaya dengan kedok dokumen terkait virus tersebut. Ada juga yang berusaha memikat agar orang mau memberikan data pribadi sampai nomor kartu kredit.

“Perusahaan kini dapat beralih dari pertemuan tatap muka menjadi konferensi video. Pelaku kejahatan siber mengetahui tren ini dan mereka bisa memanfaatkan, mengeksploitasi dan menyusup melalui entri atau pintu masuk yang berbeda. Entri tersebut dapat berupa Wi-Fi yang tidak aman, jaringan tanpa enkripsi, penggunaan kata sandi yang lemah. Pengguna atau perusahaan pun terkedang mengabaikan izin aplikasi yang buruk.” ucap Yeo Siang Tiong.

Kaspersky yakin bahwa perusahaan di seluruh dunia menyadari pentingnya mengamankan aplikasi dan situs web mereka. Apalagi pandemi yang terjadi saat ini membuat perubahan drastis di lingkungan TI. Sayangnya tak semua perusahan siap untuk mengalihkan pegawai untuk bekerja dari rumah, sehingga harus menghadapi tantangan secara real-time. Sebaliknya perusahaan yang sudah terbiasa akan menjadikan saat ini sebagai waktu yang tepat untuk memeriksa ulang keamanan pada sistem mereka.

Saat ini departemen TI menghadapi tantangan dengan banyaknya orang yang terkoneksi secara jauh dengan jaringan perusahaan secara mendadak. Mereka perlu melakukan evaluasi infrastruktur keamanan dan TI yang sudah genting sebelumnya. Berikut ini adalah langkah sederhana yang disarankan Kaspersky untuk dilakukan perusahaan. Lankah-langkah ini perlu dilakukan demi melindungi jaringan mereka dan mengurangi risiko siber akibat konektivitas jarak jauh.


Tips Keamanan Jaringan Perusahaan dari Risiko Siber

  1. Sediakan VPN bagi para pegawai agar dapat terhubung dengan aman ke jaringan perusahaan.
  2. Gunakan perangkat lunak keamanan yang sesuai untuk seluruh perangkat perusahaan termasuk ponsel dan laptop. Perangkat lunak ini harus bisa menghapus data dari perangkat yang dilaporkan hilang atau dicuri dan membatasi penginstalan aplikasi. Sebaiknya perangkat lunak tersebut juga bisa memisahkan data pribadi dan pekerjaan.
  3. Rutin melakukan pembaruan sistem operasi dan aplikasi
  4. Batasi hak akses orang yang terhubung ke jaringan perusahaan
  5. Edukasi dan pastikan pegawai menyadari bahaya menanggapi pesan yang tak diminta atau dari sumber tak dikenal.

Tips Keamanan Konferensi Video


  1. Lakukan assessment fitur keamanan pada platform yang akan digunakan
  2. Pastikan aplikasi selalu diperbarui.
  3. Baca dan atur izin dengan seksama, mulai dari sebelum, selama sampai penyimpanan rekaman konferensi.
  4. Pakai sistem masuk tunggal (SSO) untuk autentikasi pengguna, sehingga tim TI bisa melacak dan melakukan verifikasi kredensial.
  5. Enkripsi dan amankan jaringan dengan ketat
  6. Tentukan kebijakan konferensi video yang dapat menetapkan harapan serta batasan di antara semua pesertanya.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email