Aruba ESP Prediksi dan Atasi Masalah Jaringan untuk Kesinambungan Bisnis Aruba ESP Prediksi dan Atasi Masalah Jaringan untuk Kesinambungan Bisnis ~ Teknogav.com

Aruba ESP Prediksi dan Atasi Masalah Jaringan untuk Kesinambungan Bisnis

Teknogav.com – Aruba memperkenalkan platform baru mereka, yaitu Aruba ESP (Edge Services Platform) yang merupakan platform cloud-native full-stack dengan dukungan AI. Platform ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman cloud di jaringan (edge) yang bisa digunakan sebagai layanan di cloud atau on-premise. Aruba ESP layaknya memiliki indera keenam untuk memprediksi dan memecahkan masalah di jaringan (network edge) sebelum masalah tersebut muncul.

Saat ini jaringan merupakan hal yang sangat kompleks dan cenderung organik karena berkembang seiring dengan waktu. Seiring dengan berjalannya waktu, karakter dan kepribadian dari jaringan berubah dengan cara penanganan yang berbeda pula. Banyak kegagalan jaringan terjadi karena kesalahan manusia atau kesalahan fisik. Salah satu upaya untuk mengatasi human eror tersebut adalah dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Aruba ESP memungkinkan jaringan untuk bisa menyelesaikan masalah bahkan sebelum orang menyadari masalah tersebut.


Aruba ESP mengubah informasi menjadi pengetahuan untuk membantu perusahan mempercepat proses transformasi dan menjaga kesinambungan bisnis. Hal ini dilakukan dengan menyediakan platform cloud-native tunggal di lokasi perusahaan (on-premise) atau di cloud. Platform tersebut siap mengamankan dan menggabungkan infrastruktur perusahaan  dengan memanfaatkan komponen-komponen sebagai berikut:

AIOps (Artificial Intelligence for IT Operation) yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan analisis untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengisolasi sumber masalah dengan tepat dan keakuratan lebih dari 95%
  • Otomatis mengatasi masalah jaringan
  • Memantau pengalaman pengguna secara proaktif
  • Mencegah munculnya masalah dengan menyesuaikan jaringan
  • Menggunakan peer benchmarking dan rekomendasi untuk mengoptimalkan dan mengamankan jaringan secara optimal
Aruba AIOps mendefinisikan ulang hasil TI dengan bereaksi dan memecahkan masalah secara cepat, memprediksi dan mencegah masalah sebelum mempengaruhi user atau bisnis, dan mengoptimalkan kinerja secara berkelanjutan untuk memastikan SLA (service level agreement) terpenuhi. Penerapan AIOps di jaringan pelanggan mampu meningkatkan kapasitas throughput sebesar 15% dan mempersingkat waktu penyelesaian masalah sampai hampir 90%. Pengalaman end-user dan TI pun meningkat pesat.

Infrastruktur Terpadu (unified infrastructure) adalah cloud-native yang menyederhanakan operasi sehari-hari dengan menggabungkan seluruh operasional jaringan.

Jaringan termasuk switching, Wi-Fi dan SD-WAN di kampus, pusat data, cabang dan lingkungan pekerja jarak jauh di bawah Aruba Central. Ini adalah panel konsol cloud-native yang mengkorelasikan seluruh kejadian/proses di seluruh lingkungan jaringan. Tujuannya untuk mengurangi waktu pemecahan masalah dan meminimalisir kesalahan manual. Pendekatan unified infrastructure Aruba menyajikan fleksibilitas untuk memilih controller service -on-premise (di lokasi perusahaan) atau on-cloud (di cloud) bagi perusahaan.

Zero Trust Network Security adalah keamanan jaringan yang dilakukan dengan tidak mempercayai apa pun yang tehubung ke jaringan. 

Security pada ESP terdiri dari dua komponen yaitu Dynamic Segmentation dan Device Insight. Semua device harus dikenali, dan dipantau, karena untuk bisa mengelolanya harus dikenali terlebih dahulu. Dynamic Segmentation berarti terpisah, ketika device terhubung maka harus diidentifikasi termasuk menetapkan izinnya sehingga tidak tertukar juga. Hal ini dilakukan dengan autentikasi, otorisasi dan pengendalian setiap pengguna dan perangkat yang terhubung ke jaringan. Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi, mencegah, mengisolasi dan menghentikan pelanggaran jaringan sebelum mempengaruhi bisnis.

“Aruba ESP dirancang untuk membantu organisasi atau perusahaan dengan memanfaatkan telemetri data di jaringan mereka untuk mengurangi kompleksitas. Caranya dengan mengotomatiskan lebih banyak tugas dalam operasi TI sehingga perusahaan dapat memecahkan masalah-masalah TI yang kompleks. Hal ini bisa dilakukan lebih cepat dengan tetap mengamankan infrastruktur terintegrasi di kampus, kantor-kantor cabang, dan cabang-cabang mikro di rumah. Solusi ini meluangkan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk fokus pada inovasi,” ucap Justin Chiah, Senior Director of South East Asia, Taiwan and Hong Kong/Macau, and Product Category, Asia Pacific and Japan of Aruba, a Hewlett Packard Enterprise company.

Penerapan Aruba ESP dapat dilakukan pada perusahaan dengan lingkungan ekonomi yang berbeda-beda, apalagi kini banyak perusahaan meningkatkan perangkat transformasi digital. Sebagian besar perubahan bergantung pada alat pengelolaan jaringan yang lincah, scalable, cloud-native dan aman.

Ketersediaan Aruba ESP


Aruba ESP dapat berperan sebagai layanan terkelola (managed services) melalui mitra-mitra Aruba, atau sebagai layanan network as-a-Service melalui HPE GreenLake. Pengguna dengan anggaran yang berbeda-beda tetap bisa menggunakan Aruba ESP, tersedia juga opsi pembiayaan fleksibel melalui HPE Financial Services. Contoh opsi ini adalah dengan pembayaran 1% dari total nilai kontrak setiap bulan selama 8 bulan pertama. Opsi tersebut menangguhkan 90% biaya sampai tahun 2021.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email