Indra Lesmana Paparkan Hasil Mixing/Mastering dengan Kabel Musician Buddy Indra Lesmana Paparkan Hasil Mixing/Mastering dengan Kabel Musician Buddy ~ Teknogav.com

Indra Lesmana Paparkan Hasil Mixing/Mastering dengan Kabel Musician Buddy

Teknogav.com – Kabel Musician Buddy No. 10 telah resmi diluncurkan pada 10 November 2023 bersama dengan varian No. 8 dan No. 9. Banyak musisi sudah menjajal kebolehan kabel tersebut, di antaranya adalah Indra Qadarsih, Pay Burman, Indro Hardjodikoro, dan masih banyak lagi. Musician Buddy juga telah mendukung beberapa ajang jamming musik dengan kabel andalannya ini. Nah, kali ini, Indra Lesmana sang maestro jazz Indonesia pun turut menjajal kebolehan kabel Musician Buddy untuk mixing dan mastering.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Musician Buddy Luncurkan Seri Kabel Instrumen Andalan

Kabel Musician Buddy No. 10 digunakan Indra Lesmana pada seluruh perangkat keras yang digunakannya untuk mixing/mastering OTB. OTB (Out the Box) adalah teknik mixing/mastering dengan menggunakan peralatan analog atau perangkat keras untuk mengolah dan menyempurnakan suara rekaman. Sebaliknya, ITB (In the Box) adalah teknik mixing/mastering menggunakan perangkat lunak untuk mengolah dan menyempurnakan suara rekaman. Masing-masing teknik tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung selera, anggaran dan tujuan si produser musik.

penggunaan kabel Musician Buddy No. 10 pada perangkat mixing/mastering Indra Lesmana

Baca juga: Indra Qadarsih dan Jikun /rif Ungkap Pengalaman Menggunakan Musician Buddy

Pengujian kabel Musician Cable No. 10 dilakukan Indra Lesmana menggunakan sine wave, white noise, pink noise dan stereo mix. Perbandingan hasil pengujian antara kabel Musician Buddy dan kabel yang digunakan sebelumnya dapat didengarkan langsung pada video berikut ini:

  • Sine wave adalah gelombang suara yang memiliki bentuk sinusoidal, yaitu melengkung dan simetris. Sine wave memiliki frekuensi dan amplitudo yang tetap, sehingga suaranya murni dan bersih. Sine wave sering digunakan untuk menguji peralatan audio, mengkalibrasi saluran stereo, atau membuat nada dasar
  • White noise adalah suara acak yang memiliki intensitas yang sama di seluruh spektrum frekuensi, dari 20 Hz hingga 20 kHz. White noise terdengar seperti desisan atau hembusan angin, karena frekuensi tingginya yang membutuhkan energi lebih sedikit. White noise sering digunakan untuk menutupi suara-suara yang mengganggu, membantu tidur, atau memberikan efek padat dan lebar pada mixing
  • Pink noise adalah suara acak yang memiliki intensitas yang berkurang seiring dengan meningkatnya frekuensi, sehingga memiliki energi yang sama per oktaf. Pink noise terdengar lebih seimbang dan nyaman daripada white noise, karena lebih sesuai dengan sistem pendengaran manusia. Pink noise sering digunakan untuk menguji akustik ruangan, mengatur level mixing, atau memberikan efek hangat dan alami pada mixing
  • Stereo mix adalah proses menggabungkan dua saluran audio, kiri dan kanan, menjadi satu file audio stereo. Stereo mix memungkinkan pengaturan posisi, kedalaman, dan lebar suara dalam ruang stereo, sehingga menciptakan kesan ruang dan dimensi. Stereo mix sering digunakan untuk membuat musik yang lebih menarik, dinamis, dan realistis.

Baca juga: Tips Dasar Tuning Audio dari Kelvin iCE Audioworks 

Ketika melakukan print, perangkat keras yang digunakan Indra Lesmana semuanya dalam posisi by pass atau tanpa pengolahan audio lagi. Print dalam industri musik ini adalah proses menyimpan hasil akhir mixing/mastering dalam bentuk file audio. Biasanya print dilakukan setelah semua pengaturan, efek dan pemrosesan selesai dilakukan pada track atau stem. Selain itu, print juga dapat berarti pengiriman sinyal audio dari perangkat lunak ke perangkat keras atau sebaliknya untuk tujuan mixing/mastering.

Berdasarkan hasil pengujian menggunakan beberapa sampel, terdapat perbedaan hasil print yang signifikan. Gain naik di atas 1 dB, suara terdengar lebih padat, dan stereo image lebih jelas. Nah, bagi yang penasaran dengan kualitas kabel Musician Buddy, bisa langsung membelinya dengan harga mulai dari Rp552 ribu. Pembelian bisa dilakukan melalui tautan Tokopedia ini.

klik untuk membeli kabel Musician Buddy No. 10 di Tokopedia

Share:

Artikel Terkini