Canon PIXMA TR150, Printer Portabel yang Praktis dan Aman Canon PIXMA TR150, Printer Portabel yang Praktis dan Aman ~ Teknogav.com

Canon PIXMA TR150, Printer Portabel yang Praktis dan Aman


Teknogav.com – Canon memperkenalkan printer portabel PIXMA TR150 yang merupakan generasi penerus dari printer Canon PIXMA iP110. Berbagai peningkatan dilakukan pada printer ini sehingga lebih praktis. Peningkatan tersebut mulai dari sekrup model knurled dan layar pada printer dan baterai, sampai slot Kensington untuk keamanan. Desain printer yang ringan dan portabel, serta bobot yang ringan memudahkannya untuk dibawa-bawa sehingga bisa mencetak di mana pun. Printer ini cocok digunakan oleh eksekutif dan pebinis dengan mobilitas yang tinggi.

“PIXMA TR150 mempunyai ukuran ringkas dan ramping sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas jinjing atau tas kerja. Tersedia juga baterai eksternal opsional untuk dipasang pada printer sehingga mudah mencetak di mana pun. Teknologi Canon FINE Cartridge menghasilkan kualitas cetak yang tajam untuk teks maupun gambar. Saat menyerahkan dokumen ke klien pun lebih percaya diri,” ucap Merry Harun, Canon Business Unit Director pt. Datascrip.

Desain Canon PIXMA TR150

panel atas Canon PIXMA TR150
Pada panel atas printer terdapat layar OLED 1,44 inci dengan kontras tinggi yang memudahkan pengaturan tanpa harus terhubung dengan komputer. Berbagai indikator ditampilkan pada layar, mencakup level baterai, tinda dan sinyal WiFi.  Di samping layar tersebut terdapat tombol panah navigasi untuk melakukan pengaturan printer dengan mudah.
tampilan layar Canon PIXMA TR150
Berbeda dengan PIXMA iP110 yang memiliki permukaan mulus, permukaan PIXMA TR150 memiliki tekstur pada permukaannya. Desain permukaan printer yang bertekstur ini dapat mencegah noda sidik jari dan mengurangi risiko tergores.
perbandingan desain Canon PIXMA TR150 dengan Canon PIXMA iP110

Perbedaan lain PIXMA TR150 dengan PIXMA iP110 terletak pada posisi port daya dan port USB. Seluruh port pada PIXMA TR150 terletak di satu sisi, termasuk slot pengunci anti pencurian. Sedangkan pada PIXMA iP110 port daya dan port USB terletak pada sisi yang berbeda dan tak menyediakan K slot. Kabel daya pada PIXMA TR150 lebih ergonomis dengan desain berbentuk L pada bagian ujung, sedangkan desain kabel daya iP110 lurus.

Daya Tampung Memori dan Kapasitas Cetak

Printer ini dilengkapi dengan memori yang memungkinkan untuk menyimpan sampai lima jenis format cetak. Fitur ini membuat kerja lebih efisien untuk mencetak ulang dokumen secara instan tanpa perlu menyambungkan ke laptop atau smartphone. Jadi bisa langsung mencetak formulir standar, kuesioner, atau brosur perusahaan langsung dari printer saat melakukan kunjungan ke klien.

kemampuan cetak ukuran A4 borderless dan memori untuk menyimpan template
Baki penyimpanan kertas pada printer memiliki kapasitas cukup banyak, sampai 50 lembar. Kecepatan mencetak dokumen pun cukup tinggi, yaitu 9 ipm (image per minutes/gambar per menit) untuk dokumen monokrom. Sedangkan untuk dokumen berwarna kecepatannya 5,5 ipm. Canggihnya lagi printer juga bisa mencetak foto ukuran A4 borderless atau tanpa pinggiran di kertas glossy. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk menuangkan kreativitas secara maksimal saat ingin membuat proposal yang menarik atau dokumen presentasi lainnya.
cartridge tinta Canon PIXMA TR150
Dua cartridge tinta melengkapi printer ini, yaitu tinta pigmen hitam dan tinta warna. Ketika mencetak teks dan dokumen bergaris, teknologi Canon Hybrid Ink menghasilkan kualitas cetak terbaik, presisi dan sangat tajam. Pencetakan foto berukuran 4x6 dapat dilakukan hanya dalam waktu 53 detik.

Konektivitas dan Aplikasi untuk Mencetak

Konektivitas printer secara nirkabel didukung teknologi WiFi dual-band pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,0 GHz. Pita frekuensi 2,4 GHz banyak digunakan perangkat, sehingga bisa timbul interferensi sinyal. Nah, dengan ketersediaan pita frekuensi 5 GHz yang lebih kuat menghadapi interferensi sinyal, koneksi bisa lebih stabil dan bebas stres.

Canon PIXMA TR150 mendukung koneksi nirkabel dengan komputer, smartphone, tablet dan bahkan kamera yang kompatibel dengan wireless PictBridge. Jadi sangat ideal untuk penggunaan di kalangan profesional bisnis yang ingin mencetak saat di perjalanan, bahkan dari kamera langsung!
dukungan konektivitas dan aplikasi cetak pada Canon PIXMA TR150
Pencetakan langsung dari smartphone dapat dilakukan tanpa melalui router atau jaringan infrastruktur dengan teknologi Wireless Direct. Salah satu aplikasi yang mendukung teknologi ini adalah Canon Print inkjet/Selphy yang kompatibel dengan sistem operasi Android atau iOS. PIXMA TR150 memang tak disertai fitur untuk memindai dokumen, tetapi pemindaian dapat didukung menggunakan aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY pada smartphone. Aplikasi bahkan bisa menampilkan status printer dari jarak jauh, termasuk level sisa tinta atau panduan pemakaian secara online.
memindai dan mencetak dokumen dari smartphone atau tablet dengan Canon Print Inkjet/SELPHY
Selain itu tersedia aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy untuk menyambungkan langsung ke akun Facebook dan Instagram. Tersedia juga aplikasi Canon PIXMA Cloud Link yang dapat mengakses foto di Dropbox dan Google. Aplikasi tersebut memungkinkan untuk mencetak dokumen dan foto langsung dari cloud atau akun jejaring sosial lain. Dukungan lain pada PIXMA TR150 mencakup Apple AirPrint, Canon Print Service dan Mopria.

Kemudahan berkreasi dalam mencetak pun didukung oleh aplikasi Easy-PhotoPrint Editor yang bisa digunakan di platform Android, iOS, Mac dan Windows. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencetak pasfoto atau foto dalam format lain seperti kalender atau kartu pos. Jika ingin menggunaan template dan clip art untuk membuat flyer, kartu ucapan atau poster bisa memakai aplikasi PosterArtist Lite. Ada lebih dari 1.300 template yang tersedia di aplikasi tersebut.
fitur Wireless Connect Button pada Canon PIXMA TR150
Kerennya lagi, tersedia juga Wireless Connect Button, yaitu tombol yang dapat memulihkan koneksi WiFi dengan cepat ketika terputus. Canon PIXMA TR150 juga memiliki nomor seri USB yang generik. Jadi ketika ada beberapa printer TR150 yang terhubung muncul satu ikon printer, tak perlu repot memilih printer yang akan digunakan.

Baterai Eksternal

Seperti telah disinggung sebelumnya, Canon PIXMA TR150 memiliki opsi untuk menggunakan baterai yang dayanya bisa diisi ulang. Pengisian daya baterai bisa dilakukan dengan adaptor AC atau power bank dengan kabel USB tipe-C.  Ketika kabel daya dihubungkan, baterai pada printer juga otomatis akan mengisi. Sementara saat kabel daya tak dipasang, tetapi printer terhubung ke laptop atau sumber daya melalui port USB, maka otomatis pengisian daya pun dilakukan.

Ketika baterai dalam kondisi terisi penuh, Canon PIXMA TR150 mampu mencetak sampai 330 halaman. Pada kondisi baterai kehabisan daya, cukup melakukan pengisian daya 10 menit dengan adapter AC untuk mencetak 36 halaman berwarna. Sedangkan untuk pengisian dengan kabel USB 1,5 A selama 5 menit saja bisa mencetak 4 halaman berwarna. Pengisian baterai dari kondisi kosong sampai penuh membutuhkan waktu 140 menit dengan kabel daya AC dan 5 jam dengan USB.
perbedaan baterai Canon PIXMA TR150 dengan Canon PIXMA iP110
Baterai pada Canon PIXMA TR150 dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dengan tangan tanpa harus menggunakan alat tambahan. Hal ini dapat dilakukan berkat keberadaan desain Knurled Screws. Berbeda dengan penggunaan sekrup biasa pada PIXMA iP110 yang membutuhkan obeng untuk mengencangkan atau melonggarkan baterai pada printer.
Baterai seri LK-72 dengan indikator daya baterai
Printer juga lebih hemat listrik dengan fitur auto power ON/OFF. Fitur tersebut akan mematikan printer otomatis jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Kerennya lagi level daya pada baterai dapat dilihat langsung pada baterai dengan menekan tombol Battery Status. Selain itu level daya ini juga bisa dilihat pada layar panel OLED di printer dan menu tampilan Battery Information.


Keamanan

Di awal sempat disebut bahwa printer ini didukung dengan slot Kensington atau K slot, letaknya di bagian samping bodi printer. Ini adalah fitur keamanan yang mencegah printer dibawa orang saat berada di lingkungan kerja ramai atau luar ruangan. Bodi printer yang ringkas membuat printer ini dengan mudah dibawa orang, sehingga fitur keamanan ini dapat mencegah risiko pencurian. Kabel penguncian ini dijual secara terpisah.

Harga dan Ketersediaan

Pt. Datascrip merupakan authorized distributor Canon di Indonesia akan memasarkan PIXMA TR150 ini sekitar akhir Juni atau awal Juli 2020. Harga yang dibanderol pada printer ini tanpa baterai eksternal adalah Rp4.774.000. Sedangkan jika ingin membeli Canon PIXMA TR150 lengkap dengan baterainya, harga yang dibanderol adalah Rp6.138.000. Baterai eksternal dengan model LK-72 ini juga dijual terpisah, harganya adalah Rp2.013.000.

Nah, tentu saja mencetak harus menggunakan tinta, harga tinta printer ini pun sangat terjangkau. Tinta pigmen hitam PGI-35 harganya hanya Rp165 ribu, sedangkan tinta warna CL-36 dibanderol Rp264 ribu.

Spesifikasi Canon PIXMA TR150

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email