Hitam Putih PlayStation 5 Balut Kegaharan Chipset AMD Hitam Putih PlayStation 5 Balut Kegaharan Chipset AMD ~ Teknogav.com

Hitam Putih PlayStation 5 Balut Kegaharan Chipset AMD

 


Teknogav.com – Selama tujuh tahun PlayStation 4 sudah menemani para gamer di kancah dunia game. Tentunya seluruh komunitas game telah menjalani penantian panjang untuk bisa menjajal kebolehan penerus perangkat tersebut. Pada 12 Juni 2020, akhirnya Sony menguak sosok PlayStation 5 (PS5) yang memiliki desain elegan berwarna hitam dan putih. Controller yang menyertainya pun mengusung perpaduan warna hitam putih yang sepadan.

PlayStation 5 dirancang untuk bisa diletakkan dalam posisi vertikal dan horisontal. Perangkat tersebut juga tersedia dalam dua varian, yaitu 4K Blu-ray drive dan Digital Edition. Sosok varian Digital Edition terlihat lebih ramping karena didak disertai dengan drive optik. Mudah-mudahan saja terdapat perbedaan harga karena absennya Blu-ray drive tersebut atau mungkin saja akan ditawarkan dengan paket penjualan yang berbeda.

Selain mengumumkan PS5, Sony juga memamerkan beberapa aksesori PS5. Beberapa aksesori tersebut mencakup “DualSense charging station”, kamera HD yang telah diperbarui, “Pulse 3D wireless headset”, dan remote media. Saat ini pihak Sony belum mengumumkan harga PS5 maupun aksesori-aksesorinya tersebut, demikian juga tanggal ketersediaan perangkat tersebut untuk dibeli.

Sebelum PS5 resmi dirilis, Sony telah memberi beberapa bocoran mengenai perangkat tersebut. Di antaranya adalah penggunaan CPU AMD dengan arsitektur Zen 2 yang memiliki delapan inti dan kecepatan clock 3,5 GHz. Dari sisi grafis, digunakan GPU yang menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 dengan kecepatan clock 2,23 GHz yang dikustomisasi khusus. GPU tersebut memiliki 36 unit komputasi, dan kecepatan kalkulasi GPU tersebut 10.28 teraflops.

Sony juga menggunakan SSD yang dikembangkan untuk mempercepat waktu loading game. SSD khusus ini akan menyediakan kapasitas 828 GB dan kecepatan 5.5 GB/s. Demi mengoptimalkan loading game ini, Sony mengharuskan seluruh game untuk di-install ke dalam SSD. PS5 juga akan mendukung grafis 8K, grafis 4K dengan refresh rate 120 Hz dan audio 3D.

Selain itu Sony juga membocorkan keberadaan controller PS5 yang diberi nama “DualSense Controller”. Fitur-fitur controller tersebut mencakup adaptive trigger dan haptic feedback. Sony masih mempertahankan ciri khas controller "DualShock” yang menempatkan tombol D-Pad di bagian kiri agak atas. Fitur lain yang masih sama adalah posisi dua analog stick di bagian agak bawah dan touchpad di bagian tengah atas. Sedikit perbedaan terletak pada light bar yang semua di bagian atas kini berpindah ke sisi touchpad. Selain itu tombol share juga digantikan tombol create yang berfungsi untuk membagikan konten permainan.

PS4 juga akan mendukung backward compatibility yang artinya bisa memainkan game-game dari PS4 walau tak semua. Kendati demikian ada lebih dari 4000 judul game PS4 yang bisa dimainkan dengan frame-rate lebih stabil dan resolusi lebih tinggi. Sony juga memamerkan beberapa judul game yang menarik perhatian. Judul-judul game tersebut adalah sebagai berikut:
  • Spider-Man Miles Morales” yang merupakan kelanjutan dari game “Spider-Man” versi PS4,
  • Gran Turismo 7
  • Horizon Forbidden West” yang merupakan kelanjutan dari seri “Horizon Zero Dawn” di PS4
  • NBA 2K21
  • Resident Evil Village
  • “Deathloop” produksi Bethesda yang merupakan pengembang seri game “Fallout
Nah, seberapa tertarik sih kalian memiliki PS5 ini, tentunya seru ya kalau bisa main game dengan perangkat canggih Sony ini.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email