Ericsson dan MediaTek Sukses Gelar Uji 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing Ericsson dan MediaTek Sukses Gelar Uji 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing ~ Teknogav.com

Ericsson dan MediaTek Sukses Gelar Uji 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing


Teknogav.com – Solusi Ericsson Spectrum Sharing yang dinamis menerapkan 5G pada pita frekuensi yang sudah ada dengan ekonomis. Ericsson menyediakan solusi Dynamic Spectrum Sharing untuk memperluas jangkauan 5G sehingga pemanfaatan spektrum lebih efisien dan menyajikan kinerja yang unggul. Nah, MediaTek bersama-sama dengan Ericsson telah berhasil menyelesaikan beberapa sesi uji 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing pada konfigurasi lab Non-Standalone.

Uji coba yang dilakukan Ericsson bersama dengan MediaTek ini menunjukkan kesiapan Dynamic Spectrum Sharing untuk pengimplementasian secara komersil. Pengujian tersebut melihat kesiapan pengintegrasian SoC dengan 5G dan jaringan. Kesiapan juga mencakup implementasi layanan-layanan 5G New Radio dan perluasan jangkauan 5G yang lancar tanpa harus menantikan re-farming frekuensi rendah.

Aspek-aspek kinerja end-to-end dari teknologi Dynamic Spectrum Sharing yang masuk dalam pengujian ini juga mencakup hal-hal berikut ini.
  • VoLTE pada Dynamic Spectrum Sharing, termasuk VoLTE dan Data Transfer secara bersamaan dalam frekuensi tersebut. Pengujian mencakup VoLTE on LTE dan Data on LTE+NR.
  • LTE dan transfer data pengguna NR Downlink dengan Split Bearer, transfer data pengguna Uplink dengan Split Bearer. Evaluasi kinerja dilakukan dengan pengujian bersamaan pengguna tunggal dan banyak pengguna di frekuensi atau sel yang sama.
  • Uji Packet Latency dengan Dynamic Spectrum Sharing
  • Pengoptimalan fitur-fitur untuk menghemat daya tingkat lanjut seperti Connected Mode Discontinuous Reception (C-DRX) dalam berbagai skenario Dynamic Spectrum Sharing
Penggunaan spektrum dapat dimaksimalkan dengan teknologi-teknologi yang siap untuk masa depan seperti Dynamic Spectrum Sharing. Teknologi tersebut juga menawarkan lapisan jangkauan yang lebih lengkap untuk 5G dalam penggunaan di frekuensi rendah. Pengujian bersama yang dilakukan MediaTek dan Ericsson yang sukses ini memastikan interoperabilitas lancar ketika perangkat-perangkat dan layanan 5G sudah tersedia. Ketersediaan tersebut contohnya adalah di pasar Eropa.

Layanan-layanan 4G LTE akan berlanjut seiring pertumbuhan penggunaan 5G. Teknologi Dynamic Spectrum Sharing menjadi bagian penting untuk memampukan transisi yang lancar antar jaringan tersebut. Dynamic Spectrum Sharing didefinisikan dalam standar 3GPP Release 15. Pada frekuensi rendah, fitur-fitur seperti Dynamic Spectrum Sharing akan menjadi landasan penerapan Voice over New Radio (VoNR) pada Standalone 5G.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email