Huawei dan BSSN Berkolaborasi Gelar Pelatihan Online Keamanan Siber Huawei dan BSSN Berkolaborasi Gelar Pelatihan Online Keamanan Siber ~ Teknogav.com

Huawei dan BSSN Berkolaborasi Gelar Pelatihan Online Keamanan Siber


Teknogav.com – Di era digital yang serba terhubung ini teknologi memiliki peran penting, terutama teknologi 5G yang semakin dekat. Teknologi 5G tersebut diperkirakan akan menghadirkan perubahan signifikan, segala aspek kehidupan pun semakin terhubung. Data menunjukkan penetrasi Internet di Indonesia mencapai 64% dari jumlah penduduk, seiring dengan hal itu ancaman siber juga semakin meningkat. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama dengan Huawei menyelenggarakan serangkaian pelatihan online mengenai keamanan siber.

“Kolaborasi Huawei dan BSSN merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan kapasitas untuk membangun kesadaran bersama membangun keamanan siber yang kokoh. Hal ini juga merupakan bentuk upaya pencegahan bagi seluruh sektor dan unsur saat kehidupan semakin terhubung. Huawei terus fokus menghadirkan kebijakan yang customer centric,” ucap Yang Donghai, VP Delivery and Services Huawei Indonesia.

Indonesia adalah salah satu kekuatan ekonomi Internet terbesar dengan pertumbuhan tercepat di kawasan regional. Pertumbuhan tersebut diiringi juga dengan munculnya ancaman serangan siber dan upaya pembobolan data. Selama tahun 2018, Indonesia mendapat lebih dari 200 juta upaya serangan siber.

Kehadiran teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) akan hadir di setiap bidang dan berisiko signifikan di bidang keamanan komputasi. Kendati demiian AI juga berperan sebagai perangkat penting untuk membangun sistem pertahanan siber. Peran tersebut mulai dari pengembangan sistem deteksi dini malware sampai mengantisipasi setiap serangan pada jaringan komputasi. Hal tersebut dapat dilakukan karena AI dapat menganalisis, mengamati dan mendeteksi kejanggalan di jaringan secara pintar.

Pelatihan Online Keamanan Siber

Penyelenggaraan pelatihan online keamanan siber merupakan kelanjutan agenda yang tertuang di Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani Huawei dan BSSN. Yang menambahan bahwa keamanan siber dan perlindungan privasi merupakan prioritas pada komitmen Huawei. Huawei menjamin terselenggaranya operasional jaringan yang kokoh dan stabil, serta mendukung bisnis yang berkesinambungan di segala situasi.

Huawei dan BSSN mengadakan pelatihan sebagai bentuk kerja sama dalam membangun ruang siber yang cerdas dan aman. Pelatihan ini juga untuk memperkuat tingkat kepercayaan digital negara. Penyelenggaraan pelatihan selaras dengan misi BSSN untuk membangun keamanan siber nasional yang kokoh. Pemberdayaan, pengembangan dan konsolidasi seluruh unsur yang berkenaan dengan keamanan siber dilakukan secara efektif dan efisien.

“Kami mengapresiasi Huawei atas implementasi MoU antara BSSN dengan PT. Huawei Tech Investment, khususnya dalam hal pengembangan kapasitas SDM di bidang keamanan siber dalam bentuk online training. Terima kasih juga kepada pejabat struktural dan staf BSSN yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ucap Akhmad Toha, Deputi Bidang Proteksi, Badan Siber dan Sandi Negara.

Keikutsertaan para pegawai BSSN menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan kapasitas diri masing-masing dalam menghasilkan kinerja yang makin berkualitas. Pelatihan online keamanan siber ini akan diadakan tiga kali dengan jadwal sebagai berikut:
  • “Security Information and Security Overview” pada 15 Juni 2020
  • “Network Security Basis” pada 22 Juni 2020
  • “Web Security Protection” pada 29 Juni 2020
Demi mewujudkan ruang siber Indonesia yang semakin aman, BSSN telah memprakarsai sistem deteksi dini nasional dan inisiatif-inisiatif lain. Huawei dapat mendukung sistem dan inisiatif tersebut melalui pengembangan serangkaian produk dan teknologi canggih yang dimiliki.
Share:

Follow by Email