Yuk Buat Startup Digital! Program BEKUP 2020 Siap Mendukung Yuk Buat Startup Digital! Program BEKUP 2020 Siap Mendukung ~ Teknogav.com

Yuk Buat Startup Digital! Program BEKUP 2020 Siap Mendukung


Teknogav.com – Sambut periode tatanan baru atau new normal, pemerintah Indonesia menggelar program BEKUP demi mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia. Dukungan pemerintah ini dilakukan melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. BEKUP sendiri adalah kepanjangan dari Baparekraf for Startup (BEKUP) yang digelar setiap tahun sejak tahun 2016. Pada tahun 2020 ini, BEKUP menyoroti kebutuhan untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif  untuk mengatasi dampak COVID-19.

BEKUP sangat penting dilakukan guna memuluskan rencana jangka panjang pemerintah untuk transformasi digital dan meningkatkan jumlah pelaku wirausaha di Indonesia. Dua hal ini yang menjadi fokus untuk pembinaan ekonomi kreatif.

Program ini akan diselenggarakan di lima kota yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Makassar. Kota-kota ini dipilih berdasarkan fasilitas dan komunitas yang sudah terbentuk di daerah tersebut. Hal ini dilakukan agar para penggagas startup bisa mendapatkan dukungan yang lebih optimal. Kota ini juga diharapkan dapat menjadi hub kedepannya untuk pembentukan komunitas-komunitas startup lainnya. BEKUP diharapkan mampu menjaring sekitar 500 penggagas startup digital baru di kelima lokasi tersebut.

Startup digital yang berpartisipasi akan melalui proses pembinaan, pendampingan, pemberian bekal dari para ahli yang sangat berpengalaman di bidangnya. Selama periode tersebut, para penggagas startup akan menerima berbagai materi, workshop dan lainnya untuk perkembangan ide dan inovasi mereka. Semua kegiatan pembinaan dan mentoring akan dilakukan secara online. Kemudian para startup tersebut akan dikurasi menjadi 40 startup saja untuk mengikuti masa inkubasi bersama mentor yang berpengalaman.

“Sinergi pemerintah dengan para pelaku usaha termasuk startup merupakan hal yang sangat penting dalam masa pemulihan ekonomi negeri ini. Kami ingin membuka kesempatan lebar bagi para pelaku usaha melalui program BEKUP. Program ini ditujukan untuk mendukung terciptanya inovasi digital dan kemampuan adaptasi dalam meningkatkan kualitas wirausaha. Teknologi digital diharapkan dapat mengakselerasi bisnis yang memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan lebih cepat. Program ini diharapkan dapat membuat pelaku usaha fokus dan inovatif dalam menanggulangi dampak Covid-19,” ucap Josua Puji Mulia Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Berikut ini adalah jadwal pendaftaran BEKUP di setiap kota pada tahun 2020.
  • Batch 1 di Jakarta pada 20 Juli 2020
  • Batch 2 di Surabaya pada 29 Juli 2020
  • Batch 3 di Bali pada 7 Agustus 2020
  • Batch 4 di Medan pada 20 Agustus 2020
  • Batch 5 di Makassar pada 1 September 2020
Nah, yuk kumpulkan idemu, cari mitra bisnis idealmu, lalu kembangkan startup sendiri!
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email