Galang Semangat Edukasi, TikTok Gelar Kompetisi Berhadiah Rp150 Juta Galang Semangat Edukasi, TikTok Gelar Kompetisi Berhadiah Rp150 Juta ~ Teknogav.com

Galang Semangat Edukasi, TikTok Gelar Kompetisi Berhadiah Rp150 Juta


Teknogav.com - Selama pandemi Covid-19, banyak orang terpaksa mengisolasi diri di rumah demi mendukung kebijakan physical distancing untuk mencegah penularan virus. TikTok pun menjadi platform video singkat pilihan untuk mencari hiburan dan melepaskan kejenuhan. Platform ini pun bisa menjadi sarana untuk saling menyemangati dan saling berbagi.

Ketika Covid-19 menyerang, masyarakat tak hanya mengalami transisi bekerja dari rumah, tetapi juga anak-anak pun harus belajar dari rumah. Semangat untuk saling berbagi pengetahuan pun dituangkan dalam bentuk konten edukasi dan konten tips, contohnya adalah konten tips untuk menghitung secara cepat.

TikTok memang terus berkomitmen menyediakan akses untuk belajar dan mengajar setiap saat di segala tempat bagi penggunanya. Semangat untuk berbagi pengetahuan melalui video singkat terus dipupuk TikTok dengan menggelar kompetisi. Kali ini kompetisi yang digelar adalah #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta, sebagai lanjutan dari kompetisi #BerbagiIlmu yang digelar sebelumnya. Serunya, tersedia hadiah puluhan juta rupiah bagi pemenang. Kompetisi yang digelar TikTok merupakan bagian dari program edukasi #SamaSamaBelajar. Para pengguna, termasuk kalangan profesional ditantang untuk berbagi pengetahuan dan ilmu.
hasil riset dari berbagai sumber mengenai minat pada video singkat
Riset ‘What You Watch in a Day’ memaparkan dua alasan utama menonton video singkat. Kedua alasan tersebut adalah untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri. Tren konten di TikTok selaras dengan hasil riset tersebut, sejak akhir tahun konten edukasi menjadi salah satu konten paling populer.

Tren tersebut diperkuat dengan peluncuran program #SamaSamaBelajar di bulan Mei yang sampai saat ini sudah memperoleh 16,2 miliar view. Ketika TikTok menggelar kompetisi #BerbagiIlmu pun tampak antusiasme yang cukup besar. Berpijak pada antusiasme tersebut, TikTok kembali menggelar kompetisi, kali ini berjudul #BerbagiSkill sampai 31 Juli 2020. Setelah itu pada bulan Agustus, akan dilanjutkan dengan kompetisi #BerbagiFakta.

Pengalaman Pengguna TikTok dalam Berbagi

Salah seorang pengguna TikTok yang gemar berbagi informasi ringkas sambil berkreasi adalah Indra Azis yang merupakan pelatih vokal profesional. Pengalaman Indra mengajar vokal sudah puluhan tahun, menurutnya semakin muda generasi maka semakin tak ingin mendengar banyak teori. Para generasi muda ingin langsung terjun mencoba atau to-the-point.
Indra Azis, pelatih vokal profesional
“Video tutorial yang saya bagi di TikTok mendapatkan banyak respon duet dari pengguna lainnya. Hal ini menunjukan cara mereka langsung mempraktikkan tips yang saya berikan, seperti mengenai beatboxing dan pernapasan vokal,” ucap Indra.

Pengguna TikTok lain adalah Jason Iskandar, seorang sutradara film singkat dan pendiri Studio Antelope. Prestasinya sebagai sutradara terbukti dengan penghargaan yang diraihnya. Jason memandang bahwa video singkat berpotensi sebagai bentuk kreativitas baru di insustri film.
Jason Iskandar, sutradara film singkat dan pendiri Studio Antelope
“Cukup banyak generasi muda yang tertarik terjun ke dunia film sebagai orang di balik layar, tapi belum tahu memulainya. Ini bisa dilihat pada komentar yang saya terima di video TikTok saya. Tidak menutup kemungkinan format video singkat nantinya bisa menjadi format karya film baru. Mereka pun bisa membantu mengasah kemampuan mereka untuk memproduksi atau menyutradarai film berdurasi panjang ke depannya,” ucap Jason.

Kompetisi #BerbagiFakta dan #BerbagiSkill

Bagi yang ingin ikutan kompetisi #BerbagiSkill, maka kontennya bisa berupa panduan DIY, tips, life hack sehari-hari, ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini sudah dimulai sejak 21 Juli dan akan ditutup 31 Juli 2020. Durasi konten #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta ini sekitar 15 sampai 60 detik. Sebaiknya manfaatkan berbagai fitur yang tersedia di Tiktok, lalu tambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #BerbagiSkill atau #BerbagiFakta. Tersedia total hadiah senilai Rp150, masing-masing untuk pemenang kompetisi #Berbagi Skill dan #BerbagiFakta. Selain itu tersedia juga beberapa hadiah menarik lainnya.
cara ikutan kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta
Para pengguna TikTok dapat berbagi video mengenai pengetahuan umum seputar profesi mereka pada kompetisi #BerbagiFakta dan berkesempatan mendapat hadiah. Konten video bisa berupa motivasi, cara berbisnis, pengetahuan umum dan fakta menarik. Hal ini yang juga telah dilakukan oleh Indra Aziz dan Jason Iskandar. Kompetisi #BerbagiFakta baru akan dibuka 11 Agustus, dan akan ditutup pada 28 Agustus 2020.
Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia
“Semua orang berkesempatan berbagi kemampuan dan keahliannya di TikTok, serta menginspirasi pengguna lain untuk belajar dan bahkan ikut berbagi pengetahuan. Kedepannya, kami akan terus mendorong pengguna untuk memperkaya konten edukasi ini dengan berpartisipasi di berbagai program yang kami adakan,” ucap Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email