Canon Hadirkan Empat Lensa RF dan Dua Teleconverter RF Terkini Canon Hadirkan Empat Lensa RF dan Dua Teleconverter RF Terkini ~ Teknogav.com

Canon Hadirkan Empat Lensa RF dan Dua Teleconverter RF Terkini

Teknogav.com – Canon siap memenuhi kebutuhan fotografi para pengguna kamera seri EOS R system yang merupakan kamera full-frame mirrorless. Kali ini, Canon menghadirkan empat lensa RF terkini ditambah dengan dua teleconverter atau extender RF untuk memaksimalkan bidikan fotografi jarak jauh. Lensa-lensa tersebut adalah RF100-500mm f/4.5-7.1L IS USM, RF600mm f/11 IS STM, RF800mm f/11 IS STM dan  RF85mm f/2 Macro IS STM. Sedangkan dua teleconverter baru terdiri dari RF1.4x dan RF2x. Yuk simak keunggulan masing-masing lensa dan teleconverter tersebut.

Canon RF100-500mm f/4.5-7.1L IS USM, Lensa Telefotografi Ringan

Fitur lensa RF100-500mm f/4.5-7.1L IS USM mirip lensa EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM. Sesuai namanya, tentu saja jangkauannya lebih panjang 100 mm, tapi bobotnya lebih ringan 15% lho. Rasio zoom lensa ini sampai 5 kali, cocok untuk memotret satwa liar atau kegiatan di lapangan besar, termasuk olahraga. Jangkauan lensa  bervariasi mulai dari telefoto sedang (100 mm) sampai rentang super telefoto (500 mm).

Demi menghadirkan kinerja fokus otomatis (AF) yang super cepat dan hening, lensa ini dilengkapi teknologi dual-motor nano ultrasonic motors (USM). Penguncian fokus pada subjek berkecepatan tinggi mudah dilakukan saat pemotretan. Pencarian dan perpindahan fokus berlangsung cepat dan halus saat dipasang pada kamera seri EOS R berteknologi Dual Pixel CMOS AF.

Fokus pada subjek close-up mudah dilakukan pada jarak sedekat 0,9 m berkat teknologi fokus elektronik yang unik pada lensa. Hal ini juga berkat pembesaran sampai 0,33x pada focal length 500 mm (jarak fokus 1,2 m). Kemampuan fokus jarak dekat dan pembesaran yang tinggi memberi banyak ruang untuk berkreasi dalam fotografi.

Guncangan dapat dikompensasi sampai 5 stop berkat dual sensing image stabilizer (IS). Tersedia tiga pilihan mode stabilizer, mulai untuk pemotretan gambar diam, sampai gambar yang bergerak cepat, seperti alam liar dan olahraga. Lensa ini juga dilengkapi lapisan untuk melindungi dari panas, debu dan percikan air. Bagian dalam ekstensi laras lensa pun dilapisi pelindung untuk mencegah debu masuk. Datascrip memasarkan lensa Canon RF100-500mm f/4.5-7.1L IS USM ini dengan harga Rp47.240.000.

Canon RF600mm f/11 IS STM dan Canon RF800mm f/11 IS STM, Lensa Super Telefotografi dengan Harga Terjangkau


Baik lensa RF600mm f/11 IS STM dan RF800mm f/11 IS STM dirancang dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobot yang ringan ini berkat teknologi Diffractive Optical Element (DO) dari Canon.  Teknologi Optical Image Stabilizer 5 stop dengan standar CIPA diterapkan pada lensa RF600mm f/11 IS STM. Sedangkan pada lensa RF800 mm f/11 IS STM memiliki 4 stop. Teknologi IS tersebut memungkinkan hasil gambar tetap tajam walau terjadi guncangan saat mengambil gambar, bahkan tanpa memakai tripod.

Fotografer pemula dapat berkreasi dalam pemotretan super telefoto dengan kualitas tetap optimal walau lensa ini dibanderol dengan harga terjangkau. Datascrip memasarkan lensa RF600 mm f/11 IS STM ini dengan harga hanya Rp12,56 juta. Sedangkan untuk lensa Canon RF800mm f/11 IS STM dibanderol dengan harga Rp15,99 juta.

Canon RF85mm f/2 Macro IS STM, Lensa Telefoto Medium dengan Fungsi Makro


Lensa EF 85mm f/1.8 telah menjadi salah satu lensa EF terlaris dari Canon selama bertahun-tahun. Datascrip akan menghadirkan lensa RF85mm f/2 Macro IS STM ini pada September 2020. Lensa ini akan meneruskan tradisi dengan bukaan lensa sampai f/2. Bukaan lensa yang besar tersebut mampu menghasilkan efek bokeh yang halus dan indah, serta memudahkan pemotretan walau minim cahaya.

Kinerja tambahannya didukung fungsi IS dan makro yang dapat memotret dengan jarak minimum 0,35 m dan pembesaran gambar sampai 0,5x. Teknologi ini cocok bagi fotografer pernikahan yang membutuhkan lensa berfungsi ganda. Fungsi ini bisa untuk memotret detail seperti cincin pernikahan dan potret para tamu pernikahan. Sementara itu genre fotografi portrait didukung oleh focal length 85 mm.

Canon Teleconverter RF1.4x dan RF2x

Keempat lensa yang sudah dibahas tersebut kompatibel dengan dua teleconverter khusus lensa RF terkini, yaitu RF1.4x dan RF2x. Pemotretan super telefoto dengan fokus yang diperpanjang sampai 1,4x atau 2x mudah dilakukan perpaduan lensa RF dan teleconverter ini. Jangkauan focal length bisa sampai 1000 mm pada lensa RF 100-500mm dan 1600 mm pada lensa RF 800mm. Kualitas gambar pun tetap maksimal.

Mikroprosesor bawaan canggih membekali kedua teleconverter tersebut, sehingga mencapai autofokus dengan presisi tinggi dengan mengkoordinasi lensa dan kamera lebih baik. Kedua teleconverter dapat diandalkan di berbagai kondisi ekstrem berkat struktur tahan benturan dan konstruksi tahan debu dan percikan air. Harga yang dibanderol pada teleconverter Canon RF1.4x adalah Rp8,86 juta. Sedangkan harga yang dibanderol pada teleconverter Canon RF2x adalah Rp10,58 juta.

"Perkembangan kebutuhan para fotografer tanah air makin dinamis, Canon secara konsisten mengembangkan dan menghadirkan lensa-lensa RF berkualitas tinggi. Empat lensa dan dua extender yang diluncurkan ini menjadi alternatif untuk kebutuhan telefotografi. Ini termasuk lensa telefoto ber-aperture besar dengan fungsi makro mengagumkan,” ucap Merry Harun, Canon Business Unit Director, pt. Datascrip.
Share:

Artikel Terkini