Review XL HOME IZI, Koneksi Internet Lancar, Mudah Tambah Kuota Review XL HOME IZI, Koneksi Internet Lancar, Mudah Tambah Kuota ~ Teknogav.com

Review XL HOME IZI, Koneksi Internet Lancar, Mudah Tambah Kuota

Teknogav.comKebutuhan akan koneksi internet untuk residensial meningkat drastis karena efek pandemi Covid-19, baik untuk bekerja, belajar, maupun sekedar hiburan. Hal ini berimbas meningkatnya pemasangan internet dengan teknologi serat optik jika memang lokasi kediamannya dilalui jalur penyedia layanan tersebut. Jika jalur internet serat optik atau fiber tak melalui kediaman, maka tersedia solusi jaringan 4G dari operator telekomunikasi. Salah satu yang bisa digunakan adalah XL HOME IZI dari XL Axiata yang kali ini akan kami review.

Unboxing Paket XL HOME IZI

boks paket XL HOME IZI
bagian belakang boks XL HOME IZI
Paket XL HOME IZI ini merupakan paket bundling plug and play modem router 4G LTE. Kami membeli paket XL HOME IZI di portal penjualan resmi XL Axiata, yaitu beligadget.xl.co.id. Harga yang dibanderol pada paket XL HOME IZI ini adalah Rp949 ribu dan sudah termasuk PPN.

Ketika paket dibuka, tampak unit modem router Huawei B311A, adapter, kabel RJ45, dan tentunya kartu perdana XL GO IZI. Selain itu terdapat juga buku panduan penggunaan, leaflet cara registrasi kartu perdana, dan kartu garansi. Pada kartu perdana ini sudah termasuk kuota 30 GB dengan masa aktif paket 30 hari.
Isi paket penjualan XL HOME IZI
Modem router Huawei B311 menggunakan teknologi 4G LTE Cat4 dengan klaim kecepatan internet hingga 100 Mbps. Desain modem router Huawei B311 tampak sangat sederhana, sehingga menjadi paduan yang bagus dengan perabotan di rumah. Material plastik berwarna putih yang digunakan serupa dengan modem router Huawei lainnya.

Spesifikasi teknis Modem Router Huawei B311 

  • Chipset HiSilicon
  • Dimensi: panjang 181 mm, tinggi 126 mm, tebal 36 mm
  • Berat: < 500 gram
  • Slot Sim Card: Mini SIM
  • Frekuensi Jaringan:
     3G: Band 1/5/8
     4G: Band 1/3/5/8/26/28/34/38/39/40/41
  • Bisa terkoneksi dengan 32 perangkat (PC, laptop, tablet/smartphone/Smart TV)
  • WiFi 802.11/b/g/n 2.4 GHz, 2x2 MIMO
  • 1x RJ45 for data, GE (LAN/WAN Auto-negotiation)
  • 1x SMA external antenna slot
  • Power adapter AC/DC: AC: 100 V ~ 240 V; DC: 12 V, 1A
Jaringan XL Axiata yang luas memudahkan pemakaian modem router XL HOME IZI tanpa harus repot melakukan pengaturan jaringan yang digunakan. Canggihnya lagi, spesifikasi modem WiFi ini memungkinkan sampai 32 perangkat yang terkoneksi, sehingga seluruh anggota keluarga besar bisa ikut menikmati.
slot SIM Card saat penutupnya dibuka
Cara menyalakan modem router ini pertama kali cukup dengan menghubungkan adapter pada port power maka perangkat bisa langsung digunakan. XL memang sudah menyisipkan kartu perdana pada slot SIM card, sehingga tak perlu repot lagi memasukkan kartu. Pendaftaran nomor perdana pun sangat mudah, cukup ikuti panduan pada leaflet yang tersedia pada paket ini.
tombol daya dan WPS
Modem router ini juga memiliki tombol daya untuk mematikan dan menyalakan kembali modem tanpa harus mencabut kabel daya. Jika kabel daya dilepas, maka modem router ini akan mati karena perangkat ini memang tidak disertai baterai layaknya MiFi. Tentu akan lebih nyaman jika modem router ini dilengkapi baterai sebagai daya cadangan. Sayangnya, port yang digunakan juga belum menggunakan micro USB ataupun USB tipe-C. Jika port tersebut tersedia tentu bisa dengan mudah dihubungkan ke power bank saat kondisi mati listrik.
Adapter charger
port antena, port daya dan port RJ45
Ketika kuota data habis, maka bisa dengan mudah menambah kuota dan masa aktif dengan melakukan top up. Pilihan paket kuota ini mulai dari Rp50 ribu dengan masa aktif 30 hari. Pulsa yang diisi akan otomatis dikonversi menjadi pulsa. Pastikan untuk mengisi pulsa tidak kurang dari Rp50 ribu agar kuota langsung bisa digunakan.
pilihan paket XL HOME IZI
Berikut ini adalah perbandingan antara paket bundling XL HOME IZI (Huawei B311) dan XL HOME (Huawei B310) yang merupakan pendahulunya.

Kelebihan

  • Harga lebih murah dari XL HOME yang dibanderol Rp1.349.000
  • Pengisian kuota lebih mudah, cukup isi pulsa otomatis menjadi kuota
  • Frekuensi LTE lebih lengkap dibanding Huawei B310

Kekurangan

  • Tidak adanya port RJ11 untuk fungsi telepon karena memang paket yang tersedia otomatis mengkonversi pulsa menjadi kuota data
  • Port antena hanya satu, sebelumnya pada tipe Huawei B310 ada dua port
Informasi lebih lanjut mengenai paket XL HOME IZI ini dapat mengakses www.xl.co.id/id/xlhome/wireless/home-izi.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email