Huawei Bahas Pentingnya Solusi TIK pada Industri Tenaga Listrik Huawei Bahas Pentingnya Solusi TIK pada Industri Tenaga Listrik ~ Teknogav.com

Huawei Bahas Pentingnya Solusi TIK pada Industri Tenaga Listrik


Teknogav.com - Seiring dengan digitalisasi operasional teknologi jaringan listik, terjadi perubahan yang sangat cepat pula pada industri tenaga listrik. Huawei bersama para mitranya membahas hal tersebut pada Global Power Summit ke-7 yang digelar 8 Juli 2020 lalu. Tema yang diangkat adalah “Bits Drive Watts, Building a Fully Connected Smart Grid”.

Peserta Summit online tersebut terdiri dari mitra, pelanggan global, pakar industri dan penggagas dalam industri tenaga listrik. Mereka membahas dampak dan respon terhadap Covid-19 yang melanda dunia dan ketidakpastian politik dan ekonomi yang diakibatkan.

Besarnya potensi pasar tenaga listrik mengharuskan industri membangun jaringan listrik andal, efisien, hemat biaya dan ramah lingkungan. Upaya meningkatkan kualitas dan efisiensi dilakukan perusahaan tenaga listrik di seluruh dunia dengan mengerahkan pusat data dan merekonstruksi platform pengelolaan. Keamanan jaringan dan layanan yang bernilai tambah pun harus ditawarkan untuk mendorong pembangunan sosial.

Model dan teknologi konvensional masih belum bisa mendukung transformasi tersebut. Cara beradaptasi dengan tren baru harus dipertimbangkan industri listrik global. Beberapa cara adaptasi tersebut adalah dengan memahami hal-hal berikut ini:
  • Cara jaringan listrik mendeteksi masalah keamanan secara real-time dan merespon dengan cepat.
  • Cara menggunakan energi bersih dengan lebih baik dan mengurangi emisi karbon
Tantangan-tantangan yang muncul dapat dikonversi menjadi peluang oleh agen perubahan. Solusi layanan pintar seperti inspeksi jaringan listrik dan distribusi IoT dengan dukungna AI telah diluncurkan Huawei bersama para mitra. Jaringan listrik tersebut mencakup pembangkit daya listrik, transmisi, transformasi, distribusi dan konsumsi. Huawei mengintegrasikan teknologi 5G, AI, big data, cloud, IoT dan IP pada sistem daya listrik. Penginderaan komprehensif, interkoneksi dan service intelligence pun dapat dilakukan dari berbagai terminal daya.

”Huawei membantu pelanggan mengatasi tantangan industri ini dan memanfaatkan peluang masa depan melalui transformasi digital. Kami berharap dapat berbagi pengalaman transformasi digital tenaga listrik Tiongkok dan industri lainnya dengan lebih banyak pelanggan. Peningkatan daya listrik dengan data. Pembangunan jaringan pintar untuk membantu perusahaan-perusahaan tenaga listrik global mempercepat pengembangan," ucap David Sun, Wakil Presiden Huawei Enterprise BG dan Presiden Unit Bisnis Energi Global.

Kini strategi transformasi digital menjadi prioritas industri perusahaan listrik. Pentingnya 5G, AI, big data dan komputasi awan diungkap oleh para pemimpin industri listrik pada ajang yang digelar Huawei.

China Southern Power Grid (CSG)

Junquan Yang, Deputy General Manager Power Dispatch and Control Center CSG mengungkap penggunaan teknologi 5G pada jaringan listrik pintar mereka. Pertumbuhan layanan yang begitu cepat, termasuk dalam hal akses energi terdistribusi membutuhkan peningkatan komunikasi dan pertukaran informasi yang sering. Hal ini menyajikan transformasi digital pada jaringan listrik. Jaringan distribusi daya memiliki beberapa situs dan jangkauan yang luas, sehingga dibutuhkan banyak perangkat untuk memantau dan mengendalikan secara real-time.
Junquan Yang, Deputy General Manager Power Dispatch and Control Center CSG
Perangkat pemantau dan pengendalian memungkinkan jaringan distribusi listrik dapat terlihat, diukur dan dikendalikan. Hal ini memungkinkan untuk mengetahui lokasi pemadaman, beban dan risikonya. Komunikasi jaringan listrik juga dapat memastikan distribusi dan pengukuran daya yang cerdas. Pengembangan rumah pintar dan internet kendaraan (IoV) pun dapat difasilitasi. Teknologi slicing 5G Huawei memungkinkan komunikasi end-to-end dari smart grid. Keandalan jaringan distribusi yang aman dan efisien pun terjamin.

CSG telah merangkum 53 skenario layanan khas yang mencakup pembangkit listrik, transmisi, distribusi, transformasi, konsumsi dan layanan terintegrasi. Dalam waktu dekat diperkirakan akan lebih banyak lagi penerapan 5G di industri listrik. Penyimpanan data massal dan kemampuan komputasi dilakukan menggunakan Huawei Cloud. Aset data dari berbagai sistem perusahaan jaringan listrik diintegrasikan dalam satu platform untuk memproses dan berbagi data.

China Energy Engineering Group

Xueying Lu, Senior Design Engineer in Electric Power Information, CEEG
China Energy Engineering Group (CEEG) merupakan salah satu industri listrik mitra Huawei yang juga mengungkapkan strategi digital mereka. Xueying Lu, Senior Design Engineer in Electric Power Information, CEEG mengungkap metodologi dalam perencanaan solusi transformasi digital di perusahaannya.

InfraX

Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) memiliki empat pilar Digital DEWA, yaitu energi surya, penyimpanan energi, AI dan layanan-layanan digital. Information Communication and Technology (InfraX) merupakan bagian dari Digital DEWA yang fokus untuk menghubungkan Digital DEWA. Hal ini dilakukan melalui layanan bernilai tambah dari data center dan layanan-layanan cloud ke pelanggannya. DEWA merupakan pemasok air dan listrik yang dapat diandalkan di Dubai selama lebih dari 50 tahun. Infrastruktur komunikasi telah dibangun untuk mendukung jaringan air dan listrik DEWA dengan standar keandalan paling tinggi demi menyajikan pengalaman terbaik bagi pelanggannya.
InfraX
InfraX menggunakan jaringan serat optik super cepat yang andal dan independen sehingga memenuhi penerapan masa depan Industri 4.0. Huawei merupakan mitra yang menyediakan teknologi untuk mendukung proyek InfraX. Hal ini dilakukan dengan membangun jaringan, organisasi, proses, TI dan antarmuka. Dukungan operasi pun dilakukan pada NOC, pengelolaan kinerja, pengoperasikan di lapangan dan pengelolaan suku cadang. Huawei juga mendukung transfer pengetahuan dan pelatihan. Inovasi DEWA yang didukung InfraX mencakup inspeksi dengan AI, pengisian daya listrik kendaraan pintar dan layanan hunian pintar.

MS-OTN Generasi Baru

Yunbo Gu, Vice President Transmission & Access Enterprise Domain, Huawei Technologies Co, Ltd pun memaparkan mengenai jaringan listrik yang terkoneksi sepenuhnya. Tantangan jaringan komunikasi transmisi listrik pintar adalah sebagai berikut:
  • Keandalan dan latensi yang rendah
  • Antarmuka yang berbagai macam
  • Bandwidth besar
  • Ultra Long Haul, bentangan kabel listrik tegangan tinggi tunggal lebih dari 300 km
Yunbo Gu, Vice President Transmission & Access Enterprise Domain, Huawei Technologies Co, Ltd
Huawei pun memperkenalkan MS-OTN generasi baru dengan fitur-fitur  latensi rendah, transmisi panjang, hemat 70% ruang penyimpanan dan konsumsi listrik 50%. MS-OTN Tech merupakan penopang dasar digitalisasi jaringan listrik yang kuat, efisien dan aman. Teknologi ini memungkinkan transmisi yang sangat panjang, biaya yang lebih rendah dan perawatan yang mudah.

Informasi lebih lanjut mengenai Huawei Global Power Summit dapat dilihat di https://e.huawei.com/topic/global-power-summit-2020/en/.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email