Kiprah Dassault Systèmes Perangi COVID-19 dengan Solusi SIMULIA XFlow Kiprah Dassault Systèmes Perangi COVID-19 dengan Solusi SIMULIA XFlow ~ Teknogav.com

Kiprah Dassault Systèmes Perangi COVID-19 dengan Solusi SIMULIA XFlow

Teknogav.com - Pada 5 Mei lalu Dassault Systèmes resmi bekerja sama dengan Central-South Architectural Design Institute (CSADI) di Tiongkok. Kerja sama tersebut dilakukan untuk mendukung simulasi dan evaluasi penyebaran virus di lingkungan terbatas Rumah Sakit Leishenshan di Wuhan, Tiongkok. Ini adalah Rumah Sakit (RS) fenomenal yang dibangun hanya dalam 14 hari dengan konstruksi modular.

Desain RS Leishenshan tersebut dilakukan oleh CSADI yang berusaha mencegah kontaminasi dari lingkungan terdekat. Pertimbangan utama CSADI adalah mengurangi infeksi silang di rumah sakit dan berbagai dampak pada lingkungan internal, kerumunan dan sekitarnya. Berpijak pada pertimbangan tersebut, CSADI berkolaborasi dengan Dassault Systèmes membuat simulasi kontaminasi dan penyebaran virus dalam sistem ventilasi RS.  Simulasi tersebut dilakukan untuk mencegah efek negatif dari risiko ventilasi tak terduga.

“Teknologi Dassault Systèmes fokus pada kehidupan dan masa depan. CSADI menunjukkan 'China Speed’ selama pembangunan Rumah Sakit Leishenshan. Software canggih SIMULIA XFlow Dassault Systèmes digunakan untuk mensimulasikan skema distribusi udara dalam ruangan. Tersedia juga pengoptimalan saran mengenai pembuangan kontaminasi yang lebih baik di bangsal bertekanan negatif, demi melindungi tenaga medis. SIMULIA XFlow juga mensimulasikan dampak emisi gas buang luar ruangan terhadap lingkungan sekitarnya. Simulasi ini dapat membantu pemilihan desain dan lokasi rumah sakit modular,” ucap Zhang Shen, Direktur Pusat Teknologi Digital Teknik, CSADI.

Dassault Systèmes mendonasikan software SIMULIA XFlow ke CSADI.  Perangkat lunak SIMULIA XFlow ini didukung platform 3DEXPERIENCE yang bisa melakukan replika untuk membuat simulasi yang dibutuhkan. Simulasi yang dilakukan mencakup simulasi cairan di dalam dan di luar rungan, penyebaran virus di sistem ventilasi dan proyek-proyek lain di RS Leishenshan.

“Dassault Systèmes berkomitmen membantu perusahaan di Tiongkok melawan COVID-19 dengan bantuan teknologi. Fokusnya adalah pada restorasi dan pengembangan perusahaan setelah pandemi berakhir. Kami telah memperluas fokus kami dari benda ke kehidupan (From Things to Life). Ini adalah kepedulian Dassault Systemes terhadap kehidupan manusia yang mendorong kami untuk berkontribusi positif bagi lingkungan selama pandemi. Juga untuk rumah sakit di masa depan bersama CSADI,” ucap kata Ying Zhang, Managing Director Dassault Systèmes, Greater China.

Keunggulan platform 3DEXPERIENCE adalah untuk berkolaborasi jarak jauh dengan lancar dan mengeksploitasi nilai pengalaman 3D virtual twin. Platform ini bisa dimanfaatkan untuk mendesain, merekayasa dan memproduksi, sehingga pengguna dapat memahami, mengalami dan berkomunikasi. Selama pandemi ini, pendekatan kolaboratif berbasis 3D cloud dari Dassault Systèmes dapt menggantikan pendekatan lama yang masih berbasis dokumen.
Share:

Artikel Terkini