Tips Amankan dan Lindungi Akun TikTok Tips Amankan dan Lindungi Akun TikTok ~ Teknogav.com

Tips Amankan dan Lindungi Akun TikTok


Teknogav.com - Kepopuleran platform video pendek asal Tiongkok, TikTok begitu mendunia dengan 1 miliar pengguna di 155 negara. Berdasarkan AppTrace, aplikasi ini sudah diunduh sampai 2 miliar kali. Sayangnya fenomena TikTok juga disertai sejumlah kekhawatiran, berdasarkan penelitian baru, keamanan aplikasi ini pun mencemaskan.

The Straits Times mengungkap bahwa jumlah pengguna TikTok di Asia Tenggara mencapai 190 juta. Indonesia mendominasi jumlah tersebut dengan persentase 42% atau 81  juta unduhan. Sebagian besar pengguna TikTok adalah anak-anak dan remaja yang merupakan kelompok rentan. Hal ini menjadi alasan utama beberapa otoritas berbeda untuk khawatir pada risiko pelanggaran keamanan dan privasi.

Bahaya TikTok ini pun tak hanya menimpa kaum muda. Sejak Desember 2019, anggota militer Amerika Serikat tidak lagi diizinkan menggunakan TikTok, karena aplikasi tersebut dianggap sebagai ancaman dunia maya. Kebijakan privasi TikTok pun dipelajari regulator privasi dari Uni Eropa, bahkan CEO Reddit mengkritik keras praktik TikTok. Ancaman yang dihadapi pengguna mencakup cyberbullies, scammer dan spammer, yang juga dihadapi oleh aplikasi-aplikasi media sosial.

“Seringkali kepopuleran aplikasi membuat para pengunduhnya lupa diri, mereka ingin segera mungkin menggunakannya. Tapi mereka tidak benar-benar memahami secara mendalam aplikasi yang digunakan, terutama tentang proteksi keamanan akun. Hal ini menempatkan mereka sebagai obyek yang mudah untuk dieksploitasi,” ucap Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT. Prosperita - ESET dalam menanggapi antusiasme penggunaan TikTok.

Nah, agar tetap bisa aman, berikut ini adalah tips panduan ESET untuk melakukan pengaturan privasi dan keamanan yang diberikan TikTok. Langkah-langkah ini dapat mengamankan dan melindungi akun TikTok pengguna.



Kelola Akun Saya

Pendaftaran TikTok dapat dilakukan menggunakan sistem masuk tunggal, yaitu memakai nomor telepon atau email. Pengelolaan akun mudah dilakukan dengan menempatkan pengaturan di bawah “Kelola Akun Saya”. Autentikasi akun bisa dilakukan dengan mengirim pesan teks verifikasi menggunakan nomor telepon atau email, gunakan saja kedua opsi agar aman. Jika ingin menambah kata sandi, maka autentikasi akan dilakukan menggunakan pesan teks.
Menu Kelola Akun Saya

Privasi dan Keamanan

Pada dasarnya opsi Privasi dan Keamanan berfungsi sebagai hub untuk mengelola semua akses dan izin yang berkaitan dengan akun. Awal akun TikTok dibuat maka pengaturan aslinya adalah publik. Opsi tersebut dapat diubah di bagian Discoverability atau “Kemampuan untuk Ditemukan”. Pilihan yang tersedia adalah "Akun Privat" atau "Sarankan akun Anda kepada orang lain".
Menu Privasi dan keamanan

TikTok juga melakukan pendekatan komprehensif pada keamanan dengan opsi untuk memungkinkan video yang diunggah bisa diunduh orang lain atau tidak. Sayangnya opsi ini masih dalam tahap uji coba karena belum ada di semua menu pengaturan TikTok.

Jika ingin bertukar pesan, maka baik pengguna maupun yang akan bertukar pesan harus saling mengikuti sehingga akun tersebut dianggap berteman. Hal ini akan mengurangi risiko mendapat pesan sampah berupa spam atau troll karana orang yang bisa mengirimi pesan dipilih sendiri. Jika pengguna mengikuti banyak pembuat konten, tentu akan sulit menghindari risiko menerima pesan yang meragukan. Nah, untuk mencegahnya, bisa dilakukan dengan menonaktifkan pesan langsung sepenuhnya. Solusi lain adalah memblokir pengguna berdasarkan kasus per kasus yang akan mucul di daftar pemblokiran.
Pengaturan Keamanan

Pengaturan juga bisa dilakukan untuk menentukan apakah pengguna lain bisa berduet pada video yang dibuat. Jika iya, maka pengguna lain bisa menggabungkan video yang sudah diunggah. Kemampuan penggabungan video ini bisa dinonaktifkan, mengizinkan semua orang berduet atau hanya terbatas bagi teman-teman.

Ketika sedang menelusuri TikTok, dapat terlihat video yang mungkin ingin dikunjungi kembali dengan memberi ‘like’. Konten tersebut akan dikumpulkan di bagian video yang disukai di profil. Daftar tersebut dapat diatur, apakah bisa dilihat semua orang atau membuatnya tetap pribadi dengan menekan tombol di setelah privasi.
Menu Filter Komentar

Opsi lain adalah moderasi komentar yang bisa diatur untuk di-non-aktifkan, dibatasi atau mengizinkan semua orang untuk berkomentar. Tersedia juga filter untuk memfilter spam dan komentar yang menyinggung ketika filter ini diaktifkan. Filter sebut dapat diperketat dengan menambah kata kunci tertentu yang jika dimasukkan akan otomatis menyembunyikan komentar. Beberapa opsi privasi di masing-masing video masih bisa diedit sebelum dan sesudah mengunggah video. Termasuk mengizinkan duet, komentar dan menjadikan video itu publik atau pribadi.

Keamanan

Pengaturan fitur keamanan dengan verifikasi 2 langkah
Opsi keamanan ini menawarkan verifikasi 2 langkah untuk melakukan verifikasi setiap kali melakukan login. Verifikasi tersebut dilakukan dengan mengirim kode melalui SMS atau email. Funugsi ini akan mencegah upaya peretasan atau pembajakan akun ketika ada upaya untuk login dari berbagai tempat.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email