Adroady Manfaatkan Teknologi Cloud AWS untuk Hadirkan Inovasi Iklan OOH Adroady Manfaatkan Teknologi Cloud AWS untuk Hadirkan Inovasi Iklan OOH ~ Teknogav.com

Adroady Manfaatkan Teknologi Cloud AWS untuk Hadirkan Inovasi Iklan OOH

 
Teknogav.com - Pada diskusi yang digelar Amazon Web Services (AWS) tanggal 16 Oktober 2020 lalu, AWS menghadirkan Adroady yang merupakan klien mereka. Edward Halley, Co-Founder Adroady dan Samuel Utomo, Chief Tecnology Officer Adroady pun menceritakan pengalaman mereka dalam berinovasi menggunakan teknologi cloud. Adroady adalah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi periklanan out-of-home (OOH) dan luar ruang dengan memanfaatkan teknologi. Inovasi yang dihadirkan Adroady ini menyajikan solusi iklan yang lebih efisien dan efektif bagi dunia usaha di era digital.

Adroady menyediakan periklanan luar ruang atau OOH yang menghadriakn standar periklanan baru, dari media offline ke online. Layanan ini menggunakan media iklan yang bersifat statis seperti billboard, dan bergerak seperti mobil dan motor. Solusi iklan yang disajikan ini mengandalkan teknologi berbasis cloud seperti Internet of Things (IoT) dan teknologi lainnya. Penggunaan teknologi inilah yang menjadikan Adroady sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan iklan OOH.

Konsep yang diusung Adroady mirip dengan platform kreasi konten, bedanya layanan Adroady menyediakan tempat yang tak terbatas untuk memonetisasi aset. Klien bisa menggunakan bangunan, tanah, kendaraan dan lain-lain untuk penempatan iklan. Jadi pengguna layanan Adroady tak sebatas pengiklan, bisa juga pemilik media, pemilik lahan, agensi iklan sampai masyarakat sebagai audiensnya.

Solusi Adroady Mengatasi Tantangan dan Kebutuhan Market

Samuel mengungkapkan bahhwa lebih dari 80% penempatan iklan outdoor masih bersifat offline. Sementara itu 20% sisanya memang sudah menggunakan teknologi online, tetapi belum efisien sepenuhnya. Alasan penggunaan teknologi online tersebut belum efisien adalah berlum saling terhubungnya antar media pemasangan iklan dan efektivitasnya belum terukur. Agensi atau brand tak bisa mengelola langsung melalui satu dashboard yang terintegrasi karena belum tersedia kapabilitas tersebut.
Tampilan dashboard layanan Adroady

Kendala yang ada tersebut berusaha diatasi Adroady dengan membangun solusi yang menghubungkan antara komponen ekosistem periklanan. Komponen-komponen tersebut mencakup pemilik lahan, pemilik media penayangan iklan, brand atau agensi dan audiens atau masyarakat yang menyaksikan iklan tersebut.

Para pelanggan Adroady terdiri dari berbagai skala perusahaan di berbagai bidang, mencakup e-commerce, FMCG, perbankan, otomotif dan lain-lain. Saat ini layanan Adroady sudah tersedia di pulau Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Bali dan berencana terus memperluas layanannya.

Awal tahun 2020 ini, Adroady pun sudah menyediakan layanan di Singapura dan Vietnam. Sayangnya rencana ekspansi ke beberapa negara lain di Asia sementara dihentikan akibat merebaknya pandemi COVID-19. Kendati demikian bisnis Adroady yang sudah berjalan tak berdampak negatif selama pandemi. Ini karena pengiklan memilih model periklanan yang jelas, transparan dan terukur agar setiap pengeluaran bisa dipertanggungjawabkan dan strategi kampanye yang terarah. Skema pembayaran Adroady memang menerapkan pay-as-you-go, yang memungkinkan pelanggan mencoba menggunakan layanan dari anggaran terkecil. Hasil yang diterima tentunya sebanding dengan pengeluaran yang dilakukan.

Adroady memadukan teknologi dalam suatu ekosistem untuk mempelajari perilaku yang dihubungkan ke infrastruktur secara live. Layanan yang disediakan Adroady adalah berupa Platform as a Service (PaaS) dan penyediaan perangkat keras. Pemilik aset atau sarana pemasangan iklan bisa memanfaatkan aset mereka sebagai sarana pemasangan iklan bagi pemilik media melalui layanan PaaS. Para pemilik media ini mencakup pemilik billboard, panel elektronik berukuran besar dan lain-lain.

Platform as a Service

Fitur pada PaaS tersebut mencakup Programmatic Based Approach yang memudahkan pengelolaan iklan bagi brand atau agensi iklan. Pengelolaan tersebut mencakup pemindahan lokasi, mengunggah dan mengganti konten secara realtime setelah mendapat insight dari analisis data yang disajikan dashboard. Agensi iklan atau brand tak perlu lagi berkomunikasi secara manual seperti menggunakan telpon, email atau sarana komunikasi lain ke pihak Media Manager.

Ketersediaan fitur analisis data tersebut tentunya memberikan transparansi pengukuran efektivitas iklan yang ditayangkan. Analisis data dilakukan dengan mengolah data-data dari kamera yang dipasang di media-media yang digunakan untuk beriklan. Kamera berfungsi mendeteksi jumlah orang yang melihat penayangan iklan.

Data-data yang diperoleh dari kamera tersebut diolah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan pembelajaran mesin atau machine learning (ML). Pengolahan dan analisis data pun dilakukan dengan menggunakan teknologi Analitik Big Data sebagai dasar pengambilan keputusan yang jitu. Antar media pun dihubungkan Adroady menggunakan teknologi Internet of Things (IoT).

tampilan dashboard Adroady

Salah satu contoh layanan yang disediakan Adroady adalah Ana yang memberikan wawasan mengenai jumlah kendaraan atau orang yang melihat iklan. Para pengiklan bisa melihat kondisi lapangan melalui kamera yang dipasang pada kendaraan atau billboard, total jam tayang dan laju kendaraan. Layanan ini didukung teknologi penglihatan komputer yang canggih dan pengelolaan oleh tim data science. Data-data yang disajikan tersebut disajikan melalui dashboard berbasis web yang dibuat khusus bagi pelanggan.

Penyediaan Perangkat Keras

Model layanan kedua yang disediakan Adroady adalah TV Box dan kamera. TV Box berfungsi untuk menayangkan konten ikaln, sedangkan kamera yang dipasang pada media pemasangan iklan berfungsi sebagai perangkat pengukuran.

Teknologi AWS yang Digunakan Adroady

Samuel Utomo mengungkapkan bahwa sebelum melakukan migrasi ke AWS, Adroady sudah mencoba beberapa provider cloud lain, termasuk pesaing AWS. Migrasi ke AWS dilakukan sejak pertengahan tahun 2019, diawali dengan pemindahan beban kerja terkait penelitian dan pengembangan. Infrastruktur cloud AWS yang bisa diandalkan dirasakan paling cocok dengan kebutuhan Adroady. Teknologi cloud tersebut memungkinkan Adroady untuk lebih fokus pada penelitian dan pengembangan produk yang bermanfaat bagi pengiklan.

Kecocokan tersebut membuat Adroady pun terus mengalihkan beban kerjanya ke AWS. Pada Desember 2019 pun sudah lebih dari 50% beban kerja di jalankan di AWS. Keunggulan lain dari layanan AWS adalah kecepatan. Lama waktu yang dibutuhkan Adroady untuk mengembangkan produk sampai diluncurkan ke pasar hanya 2,5 sampai 3 bulan.

Adroady bisa menangani masalah skalablitas seperti lonjakan trafik mendadak akibat volume kendaraan di jalan raya dengan Amazon E2. Layanan ini memungkinkan Adroady melakukan pemeliharaan server atau peningkatan kapasitas infrastruktur. Sementara itu untuk melatih dan menerapkan model-model machine learning dengan cepat bisa menggunakan Amazon SageMaker. Rencananya Adroady juga akan memindahkan semua IoT ke AWS IoT Care. Layanan tersebut memudahkan untuk menghubungkan perangkat IoT ke aplikasi cloud dan perangkat lain dengan aman. 

Seluruh solusi AWS yang digunakan tersebut memungkinkan Adroady tak perlu banyak mengerahkan banyak usaha untuk mendapatkan hasil yang sama. Jadi selain Adroady merasakan betul efektivitas biaya dari layanan AWS. Kendati demikian sistem penagihan di cloud yang sesuai penggunaan juga memberikan dampak penghematan biaya.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email