Solusi AMD FSR Hadirkan Pengalaman Gaming Resolusi Tinggi Solusi AMD FSR Hadirkan Pengalaman Gaming Resolusi Tinggi ~ Teknogav.com

Solusi AMD FSR Hadirkan Pengalaman Gaming Resolusi Tinggi

Teknogav.comAMD FidelityFX Super Resolution (FSR) adalah platform open-source untuk mendukung secara luas lebih dari 100 prosesor dan GPU AMD. Platform ini menggunakan teknologi lintas platform yang dirancang untuk memberikan pengalaman gaming resolusi tinggi dan peningkatan frame rate.

Jika dibandingkan dengan resolusi standar asal, kinerja rata-rata AMD FSR 2,4 kali lebih cepat dalam mode “Performance” pada resolusi 4K. Kinerja tersebut dapat diperoleh saat memainkan game judul-judul tertentu. Lebih dari 40 developer game mengumumkan dukungan untuk FSR di game dan atau mesin game mereka. Dukungan FSR terdapat pada game 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance dan The Riftbreaker. Beberapa judul game lain yang sudah didukung FSR mencakup Arcadegeddon,  Necromunda:  Hired Gun, Resident Evil Village dan  Edge of Eternity. Akhir tahun ini, dukungan FSR juga tersedia pada DOTA 2, dan Far Cry 6.

Algoritma konstruksi canggih digunakan untuk meningkatkan fitur teknologi dalam menganalisis fitur dalam gambar. Kemudian fitur tersebut diciptakan kembali pada resolusi yang disasar untuk menghasilkan frame rate lebih tinggi. Fitur tersebut disertai ketajaman visual untuk menayangkan visual gambar dengan peningkatan detail lebih sempurna. Jika dibandingkan dengan metode upscalling dasar, maka hasil gambar memiliki kualitas super tinggi dan detail piksel tajam.

Baca juga: AMD Ryzen 5000 dan Radeon RX 6000 Hadir di Indonesia

“Tujuan kami dengan FidelityFX Super Resolution adalah untuk mengembangkan solusi upscalling kelas dunia canggih berdasarkan standar industri. Solusi tersebut yang bisa diimplementasikan dengan cepat oleh pengembang game dan dirancang agar gamer benar-benar memainkan game. FSR adalah upscaler yang ideal di industri. Teknologi ini tidak membutuhkan perangkat keras proprietary dan khusus. Dukungannya juga lintas serangkaian platform dan ekosistem yang luas bagi seluruh gamer untuk mendapatkan pengalaman dan menikmatinya. Kami sangat bahagia dengan sambutan dan dukungan para mitra developer. Kami ingin agar gamer bisa segera mencoba FSR sendiri," ucap Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit, AMD. 


Gamer dapat menyesuaikan keseimbangan antara kualitas gambar dan kinerja berdasarkan pilihan berkat empat pengaturan kualitas pada AMD FSR. Keempat pengaturan kualitas tersebut mencakup Ultra Quality, Quality, Balanced dan Performance. Penyesuaian juga bisa memberikan kinerja tinggi, pengalaman gaming yang memukau secara visual, bahkan untuk fitur visual yang berat termasuk raytracing. Pada mode Ultra Quality, kualitas gambar FSR hampir tak bisa dibedakan dengan resolusi asli targetnya.

Baca juga: AMD Radeon RX 6000 Series Optimalkan Kinerja 4K

Solusi Upscaling Open-Source yang Memiliki Skalabilitas

AMD FSR dirancang untuk mudah diintegrasikan pada judul-judul game yang baru dan telah ada. Dukungan AMD FSR tersedia pada DirectX® 11, 12 dan Vulkan® API. FSR didukung serangkaian luas perangkat keras APU dan grafis. Pengoptimalan FSR dilakukan untuk kartu grafis AMD Radeon RX 5000 dan Radeon RX 6000, termasuk untuk kartu grafis perangkat bergerak. Dukungan juga diberikan pada kartu grafis AMD Radeon RX 500 Series, Radeon RX 480/470/460, dan Radeon RX Vega Series. Seluruh prosesor AMD Ryzen dengan prosesor grafis Radeon pun mendapat dukungan sebagaimana di serangkaian kartu grafis pesaing.

Pengunduhan AMD FSR dapat dilakukan secara gratis di AMD GPUOpen. Ini adalah komunitas open-source yang menyediakan kode, dokumentasi, dan sumber daya untuk membantu developer mendapatkan hasil maksimal pemrograman di GPU.

Dukungan Studio dan Game

Kolaborasi yang erat dengan studio dan pengembang game terdepan dilakukan dalam membangun AMD FSR. Lebih dari 40 developer berjani akan mendukung dan menngintegrasikan FRS pada judul game teratas, serta akan ada lebih banyak lagi yang menjalin kesepakatan di akhir tahun dan seterusnya.

Baca juga: AMD Radeon RX 5500 Series Tampilkan Visual Superior untuk Gaming

"Kami dapat menawarkan peningkatan kualitas gambar yang ditingkatkan dengan AMD Fidelity Super Resoluion. Peningkatan kualitas tersebut tersebut diperoleh dengan biaya kinerja lebih rendah dibandingkan rendering resolusi penuh. Hal ini biasanya menarik untuk pengguna dengan GPU kelas menengah yang ingin mendapatkan resolusi lebih tinggi. Kami sangat senang FSR dirancang untuk penggunaan dengan seluruh GPU dan dengan pendekatan open-source AMD dengan FSR," ucap Dan Ginsburg, Developer Grafis di Valve.

Hal senada disampaikan Pawel Lekki, COO di Exor Studios. Menurutnya penerapan AMD FSR dalam The Riftbreaker merupakan salah satu integrasi teknologi paling mulus yang pernah Exor Studios lakukan. Mereka dapat menerapkannya di PC dan konsol lalu menyesuaikannya untuk pengaturan khusus dari mesin game mereka.

Pada pertengahan Juli 2021, AMD telah membuat source code untuk meningkatkan teknologi dan fitur AMD FSR. Source code tersebut tersedia secara luas bagi para pengembang game dan dapat diakses melalui GPUOpen. Kini FSR tersedia untuk pengembang di dua game engine paling populer, yaitu sebagai berikut:

  • Unity: beta preview khusus dari Unity 2021.2 HDRP
  • Unreal Engine: patch yang dapat diterapkan ke v4.26 dari Unreal Engine

Informasi lebih lanjut mengenai FSR dapat mengunjungi GPUOpen dan blog AMD.

Share:

Artikel Terkini