ANDA LPSU SR5A10, Pencatu Daya yang Cocok untuk Perangkat Audio ANDA LPSU SR5A10, Pencatu Daya yang Cocok untuk Perangkat Audio ~ Teknogav.com

ANDA LPSU SR5A10, Pencatu Daya yang Cocok untuk Perangkat Audio


Teknogav.com – Pencatu Daya atau Power Supply berfungsi untuk memasok daya perangkat elektronik. Tak hanya CPU Desktop yang membutuhkan Power Supply untuk memasok daya, tapi berbagai perangkat elektronik lain, termasuk sistem audio. Nah, ANDA Audio baru saja meluncurkan produk terkininya, yaitu ANDA LPSU SR5A10 yang merupakan Linier Power Supply Unit (LPSU). LPSU dapat diandalkan untuk mendukung sistem audio agar dapat menghasilkan suara lebih detail dan transparan, serta low yang lebih berbobot.

ANDA LPSU SR5A10 memiliki keluaran tegangan 5V dan arus maksium 1 A. LPSU ini menerapkan topologi shunt regulator sebagai pengatur tegangannya supaya tegangan keluaran stabil. Jalur main power (jala-jala) pada LPSU ini dilengkapi dengan pengamanan lonjakan (transient) arus dan fuse (sekring). Selain itu sekring juga terdapat pada bagian tegangan keluaran.

Baca juga: Tips Belajar Merancang Amplifier dari ANDA Audio (Bagian I)

Desain ANDA LPSU SR5A10 ini tampak ringkas dan simpel. Dimensinya adalah 116 x 209 x 50 mm dengan bobot sekitar 1,2 kg. Sasis perangkat ini berwana hitam dengan bagian depan dan belakang menggunakan stainless steel berwarna silver. Di bagian depan ini dapat terlihat adanya lampu indikator LED untuk menandakan alat menyala dan port USB sebagai jalur keluaran. Port tersebut menggunakan USB tipe-A yang bisa diandalkan untuk menyalurkan tegangan 5 volt dengan arus maksimum 1A ke beban. Sementara itu di panel belakang terdapat sakelar ON/OFF dan kabel main power.

bagian belakang ANDA LPSU SR5A10

Pada bagian atas dan bawah sasis digunakan aluminium anodize yang berperan sebagai heatsink untuk membuang panas. Komponen-komponen yang digunakan pada ANDA LPSU SR5A10 ini berkinerja baik, terutama di bagian yang kritikal. Pemilihan komponen juga mempertimbangkan pengaruh suhu terhadap kinerja dan lifetime perangkat.

Baca juga: ANDA Gandeng D’Audio Unjuk Kebolehan Amplifier Andalannya

Transformator pada ANDA LPSU SR5A10 ini menggunakan jenis toroidal encapsulated 15 VA. Selubung pada transformator ini mencegah cairan masuk ke dalam lilitan dan inti serta lebih tahan gangguan dari luar. Keandalan lain dari transformator jenis ini adalah kemampuan menghantarkan panas yang lebih baik. Rangkaian penyearah pada LPSU ini menggunakan dioda diskret tipe ultrafast 4A. Dioda jenis ultrafast digunakan untuk menekan overshoot ketika dioda beralih dari posisi on ke off atau sebaliknya.

Perpaduan transformator 15 VA dan dioda tersebut memang seakan-akan overkill dengan tegangan keluaran 5 V dan arus maksimum 1 A. Hal ini mempertimbangkan penggunaan topologi shunt regulator yang memiliki arus konstan cukup besar. Arus yang cukup besar sudah mengalir walaupun tanpa beban. Besarnya arus ini akan menyebabkan disipasi daya pada transformator, dioda dan kapasitor smoothing menjadi besar. Disipasi daya akan diubah menjadi panas yang dibuang melalui heatsink, di sinilah peran sasis bagian atas dan bawah.

bagian dalam ANDA LPSU SR5A10

Beralih ke kapasitor filter untuk smoothing arus, komponen yang digunakan adalah jenis elko yang memiliki parameter ripple current besar. Penggunaan elko dengan parameter ripple current besar bertujuan untuk mencegah panas akibat arus konstan LPSU shunt regulator yang besar. Sementara itu untuk menekan ripple besar digunakan jenis filter Capacitor Resistor Capacitor (CRC). Nilai kapasitor yang digunakan tersebut cukup besar yaitu 2 x 10.000 µF. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan proses smoothing dan menghasilkan riak yang kecil.

Baca juga: Amplifier Simfoni BL50 Anda Tampil Ringkas dengan Suara Ciamik

Resistor Vishay Dale digunakan pada rangkaian yang membutuhkan presisi dan tahan suhu tinggi. Hal ini demi menjamin akurasi nilai dan tak berubah akibat suhu. Sementara itu di bagian rangkaian tegangan referensi menggunakan transistor jenis low noise dengan dioda LED sebagai tegangan referensinya. Tujuan penggunaan komponen tersebut adalah agar tegangan referensi mempunyai riak (ripple) yang kecil. Hasilnya adalah tegangan keluaran akan lebih akurat dan riak yang kecil juga.

LPSU yang memiliki riak kecil dapat beroperasi secara stabil di suhu kerjanya. Hal ini membuat ANDA PSU SR5A10 cocok digunakan untuk memasok daya DAC, audio streamer dan DAP. Penggunaan LPSU ini dapat meningkatkan dari segi suara menjadi lebih detail, transparan dan suara frekuensi rendah yang lebih berbobot.

Share:

Artikel Terkini