10 Mahasiswa Wakili Indonesia dalam Seeds for the Future 2022 10 Mahasiswa Wakili Indonesia dalam Seeds for the Future 2022 ~ Teknogav.com

10 Mahasiswa Wakili Indonesia dalam Seeds for the Future 2022


Teknogav.com – Huawei pilih 10 mahasiswa terbaik untuk mewakili Indonesia dalam program Seeds for the Future 2022. Ini adalah program pengembangan talenta digital yang digelar selama 10 hari di Thailand. Para perwakilan dari Indonesia tersebut akan bergabung dengan mahasiswa-mahasiswi terbaik lain dari 12 negara di Asia Pasifik.

Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia mengatakan bahwa Huawei sangat peduli pada berbagai inisiasi pendidikan teknologi bagi seluruh talenta sejak dini. Huawei memahami pentingnya kompetensi talenta digital yang mumpuni bagi kemajuan bisnis dan kemajuan bangsa. Berpijak pada hal ini, Huawei terus menyelenggarakan program-program berkelanjutan seperti program Seeds for the Future. Program tersebut merupakan salah satu program andalan Huawei yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008.

Baca juga: Siapkan Talenta Digital, Huawei Gelar Seeds for the Future 2021

“Sepuluh mahasiswa Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Seeds for the Future 2022 yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, adalah talenta-talenta digital berkompetensi yang kami percayai memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin teknologi di masa depan. Untuk makin menyiapkan mereka sebagai aset bangsa, kami menyediakan beragam kesempatan bagi mereka untuk belajar secara komprehensif, dari teknologi terkini dan masa depan, hingga pengetahuan tentang pentingnya memahami budaya antarbangsa serta jejaring internasional,” ucap Jacky.

Hal senada pun disampaikan oleh Jeffrey Wang, VP Management Transformation, Huawei Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa Seeds for the Future merupakan bagian dari komitmen global dan juga bagian dari komitmn berkelanjutan untuk Indonesia. Komitmen bertajuk I Do melandasi tekad untuk mempersiapkan setidaknya 100.000 talenta sampai tahun 2025. Saat ini Huawei telah berhasil mempersiapkan 64 ribu talenta, atau lebih dari setengah target mereka.

Dukungan Pemerintah Indonesia

Sepuluh partisipan Seeds for the Future 2022 diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk mendorong perwujudan perekonomian digital yang inklusif. Harapan ini disampaikan oleh Abetnego Tarigan, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden.  Dukungan dan solusi dari para talenta digital dibutuhkan koperasi dan UMKM untuk menjadi bagian dari ekosistem digital. Hal tersebut juga dibutuhkan agar koperasi dan UMKM dapat berperan menumbuhkan perekonomian digital di Indonesia.

“Kantor Staf Presiden sangat berharap program-program yang dikembangkan Huawei dapat membuka kesempatan kepada generasi berikutnya untuk menjadi talenta-talenta digital yang andal dan mampu menjawab kebutuhan serta tantangan zaman,” ucap Abetnego Tarigan.

Baca juga: Sebagian Besar Upaya Phishing di Indonesia Targetkan Sektor Keuangan

Apresiasi terhadap kontribusi Huawei disampaikan Ir. Suharti, MA, Ph.D., Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas nama lembaga. Kontribusi Huawei tersebut mencakup pengembangan SDM Digital di Indonesia, dukungan melalui riset teknologi, dan meningkatkan kualitas layanan digital. Kini kehadiran layanan digital makin baik di semua kalangan, termasuk pribadi, rumahan dan organisasi. Ucapan apresiasi terhadap Huawei tersebut disampaikan di hadapan partisipan Seeds for the Future 2022.

“Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan Huawei yang diwujudkan ke dalam empat pilar komitmen Huawei, yakni ‘Huawei I Do’ dalam terwujudnya inklusivitas dan penguatan digital di Indonesia dan perhatian Huawei dalam memegang prinsip kesetaraan gender di bidang teknologi digital maupun dalam menggelar program-programnya mencetak talenta-talenta digital baru yang unggul di Indonesia,” ucap Ir. Suharti.

Baca juga: Huawei Kembangkan SDM TIK dengan ‘Seeds for the Future 2019’

Hal senada pun disampaikan oleh Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Beliau mengapresiasi Huawei Indonesia atas kontribusi mendukung pengembangan kompetensi SDM digital Indonesia. Kontribusi tersebut dilakukan melalui program beasiswa kompetisi teknologi dan pelatihan keterampilan digital. 

Harapannya bangsa Indonesia memiliki kecakapan dan literai digital yang memadai, menjadi generasi inisiator, inventor dan inovator. Bangsa Indonesia pun diharapkan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk kebaikan bersama dan dapat memberi nilai tambah pada teknologi digital tersebut. Pengembangan literasi dan kecakapan digital di era yang serba digital sama pentingnya dengan pembangunan infrastruktur digital. Hal ini bahkan sama pentingnya dengan penguatan pemerintahan dan perekonomian digital. Mira juga mengutip ucapan Ren Zhengfei, Huawei founder and CEO. Kutipan tersebut adalah ‘we are migrating from physical world to digital, and digital assets know no boundaries.’ 

“Sekali lagi, selamat kepada sepuluh mahasiswa terbaik yang terpilih mewakili Indonesia di berbagai program pengembangan talenta digital melalui Huawei Seeds for the Future 2022. Saya berharap melalui program ini bersama-sama kita tidak hanya memahami bagaimana inovasi teknologi terbaru, namun juga mengembangkannya sesuai kebutuhan masyarakat serta memaknainya sebagai peluang untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia, guna pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” ucap Mira.

Manfaat Seeds for the Future 2022

Para peserta Seeds for the Future 2022 berkesempatan mendalami budaya negara-negara lain dan melihat sekilas kecanggihan TIK mutakhir. Mereka juga mendapat kesempatan untuk belajar ilmu langsung dari para pakarnya melaui praktik-praktik secara langsung. Para peserta  berkesempatan menerapkan pengetahuannya dalam kompetisi dengan peserta dari negara-negara lain.

Seeds for the Future 2022 membuka peluang para talenta muda Indonesia untuk membangun jejaring dengan talenta-talenta digital dari negara lain. Tentunya para talenta digital potensial dari berbagai negara ini memiliki budaya dan latar belakang berbeda. Perkembangan teknologi terkini, prospek karir pun dapat dieksplorasi di program ini dan juga tersedia sertifikasi dari perusahaan Global Fortune.

Sepuluh mahasiswa perwakilan dari Indonesia dipilih setelah melalui proses seleksi yang diselenggarakan Huawei Indonesia. Seleksi dilakukan Huawei dengan landasan beberapa program, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • pemenang Huawei ICT Competition
  • mahasiswa terbaik dari program Huawei Digital Talent Scholarship bersama Kemenkominfo
  • mahasiswa terbaik dari program Magang Studi Huawei (Magang Studi Independen Bersertifikat, MSIB) mahasiswa terbaik dari Huawei AI Digital Intelligence bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Berikut ini adalah daftar para mahasiswa-mahasiswi yang terpilih mengikuti Seeds for the Future 2022:

  1. Anak Agung Krisna Ananda Kusuma, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Indonesia
  2. Aisha Salsabilla, mahasiswi Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada
  3. Faishal Zharfan, mahasiswa Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung
  4. Fauzi Frahma Taliningsih, mahasiswi Teknik Telekomunikasi Telkom University Bandung
  5. Jesika Laprina Manurung, mahasiswi Teknologi Komputer Institut Teknologi Del Sumatera Utara
  6. Joseph Kristiano, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Surabaya
  7. Sigit Bayu Cahyanto, mahasiswa Teknologi Rekayasa Internet Universitas Gadjah Mada
  8. Talcha Krusbeek Orrilia Audre Agatha Putri Setyabudi, mahasiswi Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang
  9. Zahra Salsabila Hernanda, mahasiswi Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  10. Zulfan Jauhar Maknuny, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Padjadjaran Bandung
Demikianlah 10 mahasiswa-mahasiswa yang akan mewakili Indonesia mengikuti program Seeds for the Future 2022.
Share:

Artikel Terkini