Sambut Tahun 2023, Niagahoster Beri Tips bagi Pelaku Usaha Online Sambut Tahun 2023, Niagahoster Beri Tips bagi Pelaku Usaha Online ~ Teknogav.com

Sambut Tahun 2023, Niagahoster Beri Tips bagi Pelaku Usaha Online

Teknogav.com – Seiring dengan mulai redanya pandemi COVID-19 di dunia, resesi justru mulai mengancam. Sektor bisnis kemungkinkan akan sulit menghindari imbas resesi ini, termasuk bisnis online. Padahal laju digitalisasi bisnis dan UMKM sangat pesat sejak pandemi COVID-19 melanda. Dalam mengantisipasi dampak resesi di tahun 2023, Niagahoster menggelar diskusi yang membahas tren dan strategi digital markteing di tahun 2023.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan total nilai transaksi e-commerce mencapai Rp227,8 triliun di semester pertama tahun 2022. Jumlah tersebut meningkat 22,1% dibandingkan semester pertama tahun 2021. IMF pun mempredikasi ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh sampai 5,3% di akhir tahun 2022. Namun pada tahun 2023 akan terjadi sedikit penurunan menjadi 5%. Dalam menyikapi hal tersebut, pelaku usaha online sebaiknya menyiapkan strategi praktis agar dapat menghadapi tantangan di tahun 2023.

“Kegiatan ekonomi yang melemah secara psikologis dapat mempengaruhi daya beli konsumen. Hal ini berdampak masif bagi pebisnis, baik yang berskala besar maupun kecil. Pebisnis harus pandai melihat peluang bisnis online tahun 2023,” ucap Cemara Disa Winanda yang biasa dipanggil Disa, Head of Creative Team Niagahoster.

Menurut Disa, sebaiknya pelaku bisnis menekankan modal rendah dengan peluang untung besar. Contoh bisnis tersebut mencakup dropshipping, reseller, bisnis kerajinan tangan sampai mengikuti program afiliasi. Diperkirakan digital experience dan content marketing yang sedang jadi tren saat ini akan terus berlanjut di tahun depan.

Baca juga: Pemerintah Dukung UMKM Terjun ke Pasar Digital Melalui PEN

Digital experience perlu diterapkan pada konsumen yang sudah mengubah perilaku berbelanja menjadi secara online. Contohnya dengan menerapkan Live Shopping yang interaktif, dan menyediakan one-stop shopping platform. Langkah ini dapat dilakukan menggunakan website yang lengkap dengan informasi produk dan katalog untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Disa mengatakan bahwa kiasan ‘pembeli adalah raja’ sudah tak relevan, karena saat ini lebih pas untuk menerapkan ‘pembeli adalah teman’. Prinsip tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan secara otomatis.

Berikut ini adalah konten-konten yang dapat digunakan untuk pemasaran:

  • copywriting yang ringkas atau jenaka
  • video pendek dengan informasi urut disertai pengalaman nyata dalam waktu singkat agar dapat meningkatkan keingintahuan audience
  • infografis berisi wawasan dengan wakta tetapi mudah dipahami
  • konten kolaborasi dengan influencer agar lebih luas dan tetap sasaran
  • User-generated content untuk mendekatkan brand dengan pelanggan secara relevan

Jurus menempatkan calon pembeli sebagai ‘teman’ perlu teknik promosi yang menarik dan tidak terkesan ambisius. Teknik ini dapat dilakukan dengan membuat content marketing yang bersifat soft-selling dengan copywriting yang ringkas dan jenaka. Pembuatan konten ini dapat dilakukan sendiri atau dengan influencer. Video pendek yang menarik perhatian dapat meningkatkan keingintahuan audience pada brand atau produk yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang dipaparkan oleh Disa:

  • Dropshipping: tanpa modal, risiko rendah
  • Reseller produk: modal rendah, keuntungan berasal dari selisih harga penjualan
  • Bisnis kerajinan tangan atau Do It Yourself (DIY): berpeluang besar, tetapi perlu riset pasar dan promosi luas
  • Jualan makanan beku: biaya perawatan dan operasional rendah, cocok untuk bisnis rumahan
  • Afiliasi: berpotensi  mendapat komisi sampai 70% dari penjualan jasa atau produk

Niagahoster mendukung pelaku bisnis untuk mempertahankan bisnis dengan meluncurkan berbagai inisiatif. Upaya tersebut dilakukan untuk membantu bisnis menghadapi tantangan-tantangan di tahun 2023. Niagahoster menawarkan berbagai pilihan hosting untuk memfasilitasi kebutuhan semua pelaku usaha yang membutuhkan website untuk mengembangkan bisnisnya. Fitur dan kualitas produk hosting Niagahoster mampu lebih mendukung pengembangan bisnis atau produk mereka. Niagahoster menawarkan pelatihan gratis dengan pemateri yang menguasai bidangnya agar pelaku bisnis dapat memahami algoritma-algoritma di internet.

Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster

“Di tahun 2023, Niagahoster akan memberi perhatian lebih pada Micro Millenials yang saat ini memimpin perekonomian digital Indonesia yang terus bertumbuh. Mereka sudah memiliki pengetahuan dan skill digital marketing di media sosial. Namun membutuhkan skill lebih dalam mengenai pengembangan website dan kesuksesan online. Di situ kami memberikan support,” ucap Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster.

Baca juga: Niagahoster Ungkap Pentingnya Branding Bagi UMKM dalam Hadapi Produk Impor

Niagahoster fokus untuk menyasar pada ekonomi digital yang berkembang di Indonesia dengan Micro Millenials yang memilki perilaku sebagai berikut:

  • Lebih enggan mengeksplorasi kekuatan situs web daripada bisnis yang lebih besar
  • Mereka  memiliki digital marketing skills dan pengetahuan, terutama dalam hal media sosial. Namun mereka perlu mengasah pengetahuan dan kecakapan dalam pengembangan situs
  • Mereka membutuhkan platform pembuatan situs web yang lebih mudah dan banyak panduan untuk berhasil

Penyelenggaraan workshop dan pelatihan telah dilakukan Niagahoster selama ini untuk mengedukasi pengguna internet dalam mengembangkan kecakapan digital mereka. Niagahoster aakn terus menyelenggarakn acara secara online atau offline. Pelatihan akan menggandeng komunitas maupun pihak-pihak terkait untuk memberikan akses pengetahuan dan teknologi bagi UMKM di seluruh Indonesia tahun 2023.

Baca juga: Website Instan Niagahoster Persingkat Langkah Membuat Website Bagi UMKM

Event dan pelatihan yang selama ini sudah dilakukan oleh Niagahoster untuk memberikan edukasi bagi pengguna internet dalam mengembangkan skill digital mereka, akan terus dilaksanakan secara online maupun secara langsung. Kami juga akan berkolaborasi dengan komunitas maupun pihak-pihak terkait untuk memberikan akses berupa pengetahuan dan teknologi bagi UMKM di seluruh Indonesia di tahun 2023,” ucap Ayunda.

Share:

Artikel Terkini